Comscore Tracker

5 Makanan untuk Anti Aging Alami, Ada Paprika yang Bikin Kulit Kencang

Yuk, rawat kulitmu dengan makanan bernutrisi! 

Penuaan dini adalah masalah kulit yang menjadi perhatian kebanyakan orang. Dilansir dari Medanta, ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai anti aging alami. Makanan ini memberikan efek perawatan alami untuk mencegah penuaan kulit. 

Kandungan asam lemak, vitamin C, hingga vitamin E yang terdapat pada makanan ini dibutuhkan kulitmu. Untuk kamu yang memiliki masalah kulit keriput, kering dan berjerawat, perlu mengonsumsi makanan ini. Berikut beberapa makanan yang atasi penuaan dini. 

1. Ikan salmon dan makarel

5 Makanan untuk Anti Aging Alami, Ada Paprika yang Bikin Kulit Kencangmomjunction.com

Ikan salmon dan makarel tinggi akan kadar asam lemak omega-3 yang menjaga kesehatan kulitmu. Zat ini membuat kulit tetap kenyal, lembap, dan mencegah jerawat yang bersarang di kulit. Ikan ini pun kaya akan vitamin E yang menutrisi kulit tetap sehat dan anti peradangan. Protein dan seng pada ikan salmon dan mackarel menguatkan kulit serta meningkatkan produksi sel-sel kulit baru. 

2. Kenari

5 Makanan untuk Anti Aging Alami, Ada Paprika yang Bikin Kulit Kencanghealth.clevelandclinic.org

Kacang kenari bisa kamu konsumsi sebagai cemilan sehat, lho. Kacang ini memiliki kadar asam lemak yang cukup tinggi. Sebagai makanan anti penuaan dini, kacang kenari mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang secara alami tidak bisa dihasilkan oleh tubuh.

Kedua zat ini berperan dalam menyembuhkan luka dan memerangi bakteri. Kacang kenari dapat menutrisi kulit dengan kandungan seng, vitamin E, selenium, dan protein yang dibutuhkan kulit agar tetap awet muda. 

3. Oat

5 Makanan untuk Anti Aging Alami, Ada Paprika yang Bikin Kulit Kencangforeverfitscience.com

Oat bisa dikonsumsi untuk kamu yang menginginkan kulit bebas keriput dan jerawat. Oat memiliki kadar glisemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan kulit mudah keriput dan berjerawat. Selain itu, oat bersifat menyejukkan kulit dan dapat menghambat kerusakan sel-sel kulit. 

Menurut Dermatocare, oat yang terbuat dari gandum mengandung antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, polusi dan zat kimia berbahaya. Oat juga bisa digunakan sebagai pencuci muka alami. 

Baca Juga: Mau Tahu Cara Konsumsi Makanan Sehat dan Lebih Hemat? Ikuti Tips Ini

4. Paprika merah

5 Makanan untuk Anti Aging Alami, Ada Paprika yang Bikin Kulit Kencangispo.com

Paprika merah perlu kamu konsumsi untuk meningkatkan produksi kolagen. Warna merah pada paprika mengandung karotenoid yang kaya akan antioksidan. Mengonsumsi paprika dapat memperlambat penuaan dini, sehingga kulitmu tidak mudah keriput. 

Menurut Mydomaine, beta karoten pada paprika dapat meratakan kulit dan membatasi produksi melanin. Untuk melindungi kulit dari polusi dan paparan berbahaya, zat anti-inflamasi yang dikandung oleh paprika membuat kulitmu tetap sehat.  

5. Delima

5 Makanan untuk Anti Aging Alami, Ada Paprika yang Bikin Kulit Kencangwomenfitness.net

Selain paprika, delima memiliki manfaat untuk mempertahankan kolagen yang dibutuhkan tubuh. Masalah kulit kering dan penuaan dini bisa kamu cegah dengan mengonsumsi buah delima.

Menurut The Health Site, vitamin C berperan penting dalam memproduksi kolagen. Anti penuaan pada buah delima membuat kulitmu tetap sehat dan lembap. Peradangan kulit seperti jerawat dapat dicegah oleh vitamin C yang terkandung dalam buah delima.  

Nah, itulah makanan yang perlu kamu konsumsi agar kulit terhindar dari penuaan dini. Mulai sekarang, jaga kesehatan kulitmu, ya! 

Baca Juga: Walaupun Masih Umur 20an, Ini 6 Tanda Kamu Perlu Memakai Anti Aging

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya