Comscore Tracker

Skincare Habis? 5 Bahan Alami Ini Juga Mampu Merawat Kulitmu, Lho!

Mungkin hasilnya lebih mujarab!

Semakin ke sini, baik perempuan maupun laki-laki makin sadar akan perawatan kulit, salah satunya dengan penggunaan produk skincare. Mulai dari pelembap, tabir surya, serum, sabun cuci muka, dan masih banyak lagi.

Nah, kamu kehabisan suatu produk skincare dan belum sempat beli? Tak perlu panik! Ada, lho, bahan-bahan alami yang bisa kamu pakai untuk merawat kulitmu. Bahkan, bukan tak mungkin hasilnya sama-sama atau malah lebih memuaskan!

Yuk, intip apa saja bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk kulitmu!

1. Aloe vera bisa menghaluskan wajah

Skincare Habis? 5 Bahan Alami Ini Juga Mampu Merawat Kulitmu, Lho!pixabay.com/Rosina-Sch

Aloe vera alias lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Inilah kenapa banyak produk yang menjadikannya sebagai bahan dasar berbagai produk perawatan kulit.

Dilansir Medical News Today, bagian daging (gel) aloe vera kaya akan vitamin A, C, E, dan B12. Manfaat yang bisa kamu dapat banyak sekali, yaitu:

  • Khasiat antiinflamasinya dapat mengurangi nyeri, bengkak, dan rasa sakit pada luka atau cedera.
  • Mendukung produksi dan pelepasan kolagen.
  • Mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terbentuknya jaringan parut.
  • Mempercepat pemulihan luka bakar tingkat satu dan tingkat dua.
  • Efektif dalam mengobati infeksi jamur dan bakteri.
  • Memiliki efek antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat penuaan kulit.
  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat terapi radiasi.
  • Mengandung 98 persen air, sehingga membantu melembapkan, menenangkan, dan menghidrasi kulit.
  • Membantu kulit tetap kenyal dan elastis.
  • Punya efek mendinginkan pada ruam kulit atau sunburn.

Cara menggunakannya cukup mudah. Ambil bagian daging lidah buaya dan oleskan ke wajah secara merata. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai pelembap maupun masker alami.

2. Minyak zaitun dapat membantu menutrisi dan melembapkan wajah

Skincare Habis? 5 Bahan Alami Ini Juga Mampu Merawat Kulitmu, Lho!unsplash.com/Roberta Sorge

Menurut International Olive Coucil, minyak zaitun mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin A, D, K, dan E. Manfaatnya untuk kulit antara lain:

  • Punya properti antioksidan yang mungkin bisa mencegah kerusakan dari radiasi ultraviolet yang bisa menyebabkan kanker. Ini berkat kandungan squalene.
  • Melembapkan kulit serta memerangi bakteri penyebab jerawat.

Minyak zaitun tergolong aman untuk pemilik wajah berpori besar karena tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Cara pakainya mudah, tinggal oleskan ke wajah sambil lakukan pijat lembut. Pemakaian secara teratur akan membuat kulitmu sehat dan lebih kenyal.

Baca Juga: Gak perlu Biaya Mahal, Ini 6 Bahan Alami Bisa Samarkan Kulit Belang

3. Yoghurt dipercaya dapat melembapkan wajah dan mencegah penuaan dini

Skincare Habis? 5 Bahan Alami Ini Juga Mampu Merawat Kulitmu, Lho!pexels.com/cottonbro

Kehabisan masker, coba cek stok yoghurt di kulkas. Namun, sebelum buru-buru mengaplikasikannya ke muka, pastikan yang kamu pakai adalah plain atau greek yoghurt ya!

Kandungan natural alpha hydroxy acid dan lactic acid dapat membantu melembapkan kulit. Selain itu, yoghurt juga bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kekenyalan kulit, keseimbangan kolagen, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

Menurut studi dalam "Journal of Cosmetic Science" tahun 2011, tekstur yoghurt dapat membantu mengunci kelembapan wajah. Selain itu, yoghurt juga dapat mendukung peningkatan elastisitas kulit. Ingat, seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagennya secara alami. Jadi, yoghurt bisa kamu andalkan sebagai masker alami.

Peningkatan elastisitas kulit juga penting untuk mencegah dan mengurangi garis halus dan keriput wajah. Studi dalam "International Journal of Women's Dermatology" tahun 2015, kandungan probiotik dalam yoghurt mungkin dapat membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

Cara pakainya nggak ribet, tinggal oleskan di wajah selama merata. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air. Lakukan dua kali seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal. Kamu juga bisa mencampurkan yoghurt dengan bahan alami lainnya seperti madu, kunyit bubuk, atau aloe vera.

4. Madu bisa mengatasi jerawat

Skincare Habis? 5 Bahan Alami Ini Juga Mampu Merawat Kulitmu, Lho!unsplash.com/Heather Barnes

Jangan hanya dikonsumsi, tapi biarkan wajah kamu juga merasakan manfaat madu! Sifat antiseptik dan antioksidannya mampu meminimalkan peradangan pada jerawat dan memperbaiki kulit yang rusak.

Pastikan madu yang dipakai adalah madu yang tidak dipasteurisasi, contohnya adalah madu manuka.

Oleskan madu ke bagian yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit dan segera bilas dengan air. Kamu bisa melakukan sesering mungkin sampai jerawat mulai membaik.

5. Air mawar mampu menyegarkan wajah dan menjadi toner alami

Skincare Habis? 5 Bahan Alami Ini Juga Mampu Merawat Kulitmu, Lho!pixabay.com/Saponifier

Air mawar mengandung vitamin A, C, E, serta kaya akan antioksidan. Air mawar sering digunakan untuk toner alami karena mampu menyegarkan kulit wajah.

Selain itu, menurut sebuah studi dalam "Journal of Inflammation" tahun 2011, air mawar dapat membantu meredakan kemerahan dan iritasi di kulit pada rosasea. Air mawar juga dikatakan dapat mengobati jerawat ringan, eksem, psoriasis, serta kulit kering.

Karena mengandung vitamin A dan C, air mawar bisa jadi tameng penuaan dini, mencegah kerusakan oksidatif dan membantu kulit memproduksi kolagen.

Tuangkan beberapa tetes air mawar ke kapas dan tepuk ringan pada wajah. Gunakan pada pagi dan malam hari agar kulit wajahmu selalu segar. 

Sebetulnya tak perlu menunggu sampai produk skincare habis, kamu bisa, lho, memanfaatkan bahan-bahan alami di atas untuk memaksimalkan perawatan kulit. Namun, sebelum menggunakannya, lakukan tes dulu di kulit. Bila terjadi kemerahan atau gatal-gatal, segera hentikan pemakaian. Dapatkan skincare yang mengandung bahan alami di diskon The Body Shop untuk harga skincare yang lebih hemat.

Baca Juga: 8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasi

Paskalita Iunike Irawan Photo Writer Paskalita Iunike Irawan

Mencurahkan ide dan pikiran melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya