Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Anak Harus Mendapat MPASI yang Tepat

Karena ini menyangkut tumbuh kembangnya agar bisa optimal

Makanan pendamping ASI atau MPASI adalah makanan yang perlu diberikan dengan tepat setelah usianya 6 bulan. Bukan cuma pilihan makanannya, tetapi tekstur MPASI juga harus sesuai.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa anak harus mendapatkan MPASI yang tepat. Simak penjelasannya sampai habis, ya!

1. Menambah energi

5 Alasan Kenapa Anak Harus Mendapat MPASI yang Tepatilustrasi bayi usia di atas 6 bulan (pexels.com/Tatiana Syrikova

Semakin bayi bertambah usia tentunya kebutuhan energinya semakin bertambah. Oleh karena itu, ASI saja tidak cukup. MPASI yang diberikan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan. Apa yang terjadi jika energi tidak terpenuhi? Anak bisa berisiko mengalami penurunan berat badan dan memiliki status gizi yang tidak normal. 

Orang tua harus rutin membawa anak ke posyandu setiap bulan untuk mengetahui apakah berat badan anak bertambah. Jika tidak bertambah atau malah turun, ini perlu diwaspadai. Bisa jadi MPASI yang diberikan belum memenuhi kebutuhan anak.

Berapa kebutuhan MPASi anak usia 6 bulan? Menurut Susilowati & Kuspriyanto dalam buku Gizi dalam Daur Kehidupan, setidaknya berikan MPASI enam sendok makan dengan makanan lumat seperti bubur susu dua kali sehari.

2. Mendukung pertumbuhan

5 Alasan Kenapa Anak Harus Mendapat MPASI yang Tepatilustrasi ibu bermain dengan anaknya (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Tidak hanya pengaruh terhadap berat badan, pertumbuhan atau tinggi badan juga dipengaruhi asupan zat gizi, khususnya protein. Anak perlu dikenalkan dengan MPASI yang memiliki sumber protein dari lauk hewani, seperti daging, ikan, atau telur.

Ibu bisa menggiling lauk hewani dan campurkan dengan bubur bayi. Jika usia anak bertambah, maka tekstur dan frekuensinya berubah. Pada usia 9-12 bulan, berikan makanan lunak tiga kali sehari sebanyak 9-11 sendok makan.

Baca Juga: Trik agar Sukses MPASI, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

3. Pengenalan pada makanan 

5 Alasan Kenapa Anak Harus Mendapat MPASI yang Tepatilustrasi anak sedang makan (pixabay.com/Pexels)

Kenapa, sih, anak perlu berkenalan dengan makanan? Anak perlu mengenal berbagai jenis dan rasa makanan. Sebelum mulai memberikan penyedap atau rasa-rasa, biarkan bayi mengenal rasa asli dari makanan.

Pengenalan makanan juga membantu mengetahui apakah anak memiliki alergi tertentu. Oleh karena itu, pemberian makanan yang mengandung alergen perlu diwaspadai. Misalnya telur, coba dulu kuning telur. Apabila ada gejala alergi tunda pemberiannya sampai anak berusia 1 tahun.

4. Stimulasi perkembangan 

5 Alasan Kenapa Anak Harus Mendapat MPASI yang Tepatilustrasi anak makan (pixabay.com/Avitalchn)

Perkembangan anak perlu distimulasi. Dengan MPASI pertumbuhan gigi bayi dapat dirangsang, melatih indra perasa, penciuman, serta kemampuan mengunyah makanan dan menelan.

Anak yang sudah bisa duduk dan memegang mungkin bisa diberikan finger food, sehingga itu bisa menstimulasi kemampuan motorik koordinasi mata dan tangan.

5. Melengkapi zat gizi yang dibutuhkan

5 Alasan Kenapa Anak Harus Mendapat MPASI yang Tepatilustrasi ibu menggendong anak (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Bahkan sebelum lahir, sejak anak dalam kandungan ia sudah membutuhkan macam-macam zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Ketika usia 0-6 bulan, anak diberikan ASI saja, karena ASI merupakan makanan terbaik dan sudah mencukupi kebutuhan zat gizi anak.

Namun, ketika memasuki usia 6 bulan, anak butuh MPASI agar zat gizi terpenuhi. Anak bisa diberikan makanan seimbang sehingga zat gizinya terpenuhi, khususnya vitamin dan mineral yang bisa didapat dari buah dan sayur. Semakin bervariasi MPASI yang diberikan, maka zat gizi yang masuk ke tubuh pun makin lengkap.

Untuk membuat MPASI, kamu bisa mencoba pisang, biskuit, bubur susu, sayur, ikan cincang, jeruk, pepaya, melon, alpukat, kacang hijau, sari buah, dan lain sebagainya.

Kamu bisa kreasikan MPASI yang aman dan menarik, sehingga anak tidak menolak makanan dan memakannya dengan lahap. Pastikan MPASI diberikan sesuai kebutuhan agar bayi sehat dan tumbuh kembangnya optimal.

Itulah lima alasan kenapa anak harus mendapatkan MPASI yang tepat. Faktanya, di lingkungan masyarakat kadang anak diberikan MPASI tidak sesuai dengan umurnya, kadang bisa lebih cepat dari 6 bulan atau lebih dari itu. Kadang anak juga diberi makanan yang tidak sesuai, seperti kopi atau makanan yang mengandung pengawet.

Karena pentingnya MPASI sebagai investasi kesehatan dan tumbuh kembang anak, pemberiannya jangan disepelekan, ya. Bila perlu, konsultasikan ke dokter anak agar pemberiannya tepat dan sesuai dengan kondisi buah hati.

Baca Juga: Bayi Muntah setelah Minum ASI, Ini 7 Kemungkinan Penyebabnya

Putri Yulianingtyas Photo Writer Putri Yulianingtyas

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya