Comscore Tracker

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Biar tubuh tetap fit!

Memasuki musim penghujan, tubuh perlu meningkatkan daya tahannya agar bisa menahan serangan berbagai penyakit. Untuk itu, beberapa makanan dan minuman ini bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Berikut ulasannya.

1. Jeruk

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujanunsplash.com/@erol

Buah berwarna kuning ini sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Kandungan vitamin C yang banyak terdapat pada jeruk bisa menjaga daya tahan tubuh.

Untuk mengonsumsinya bisa dengan langsung dimakan ataupun dijus. Namun, jika dijus usahakan dengan takaran gula yang serendah mungkin ya.

2. Bayam

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujanwell-beingsecrets.com

Selanjutnya berasal dari sayur-sayuran nih. Bayam mudah dijumpai di warung-warung atau pasar. Kalian juga bisa menanamnya sendiri kok. Selain mengandung zat besi yang baik untuk peredaran darah dan juga anemia, sayuran ini pun memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan.

3. Kacang Almond

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujanunsplash.com/juanantia

Kacang yang berasal dari pohon badam ini dikenal dengan rasa yang enak. Selain enak, almond juga punya berbagai khasiat dalam kesehatan. Salah satunya manfaat almond adalah menjaga daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C dan E.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalam almond juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penuaan dan kerusakan sel. Antioksidan tersebut terkandung pada lapisan kulit yang berwarna cokelat.

4. Brokoli

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujandrweil.com

Tanaman yang identik dengan rambut kribo ini sering kita temukan pada sup ataupun tumis-tumisan. Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica sp atau brokoli ini pun punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan vitamin C dan E bisa menjaga tubuh agar tetap fit. Antioksidan yang terdapat pada brokoli juga bisa membantu melawan kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari.

Baca Juga: 12 Bukti Pisang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan, Ayo Makan Tiap Hari

5. Jamur

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujansimplyrecipes.com

Selain rasanya yang enak, jamur juga punya manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi bisa menangkal radikal bebas, mengurangi risiko penyakit jantung, dan juga alzheimer. Vitamin B riboflavin dan niacin juga berperan dalam menjaga kekebalan tubuh.

6. Tiram

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujansooperboy.com

Makanan laut ini memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui. Kandungan nutrisi seperti seng, zinc, zat besi, kalsium, dan kalium dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, zat besi yang terdapat dalam tiram juga bisa mempercepat penyembuhan luka.

7. Teh hijau

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujanpexels/pixabay

Teh hijau memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Jika biasanya minuman ini digunakan untuk diet, ternyata teh hijau juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho.

Teh hijau memiliki kandungan flavonoid yang merupakan zat antioksidan. Zat tersebut bisa membantu mencegah flu dan batuk yang rawan menyerang di musim hujan seperti ini.

8. Yoghurt

8 Makanan & Minuman Ini Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujanunsplash.com/wildandinlove

Camilan dan hidangan penutup ini pun bisa membantu tubuh memperkuat sistem imun. Kandungan mineral dan gizi dalam yoghurt dapat meningkatkan produksi sel T yang merupakan salah satu sel darah putih. Sel tersebut berperan dalam melawan penyakit yang masuk ke tubuh.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tetap fit di musim hujan ini. Tetap imbangi dengan mengonsumsi vitamin tambahan supaya semakin terasa efeknya.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya