Comscore Tracker

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Kalau bukan kamu yang menjaga, siapa lagi?

Infeksi saluran kemih atau yang biasa disingkat ISK merupakan gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada siapa saja, terutama kaum hawa. Hal ini tidak lain disebabkan oleh uretra yang lebih pendek sehingga memungkinkan transfer bakteri jadi lebih mudah.

Secara umum ISK memang tidak terlalu mengkhawatirkan walau bila sudah berada di tahap yang lebih lanjut dapat menyebabkan komplikasi yang serius.

Selain itu, gejala yang ditimbulkan pun juga cenderung membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman, seperti sensasi panas dan terbakar saat buang air kecil, bau urin yang menyengat dan tidak sedap.

Frekuensi buang air kecil meningkat (sering disebut anyang-anyangan), demam, mual, muntah, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, dokter biasanya memberikan antibiotik. Namun selain itu, ada banyak pula cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus pencegahan ISK.

Berikut IDN Times rangkum ulasan beberapa tips atau cara mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih yang harus kamu ketahui. Simak lebih lengkapnya dibawah ini ya!

1. Minum teh hijau

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemihacneeinstein.com

Studi menunjukkan bahwa teh hijau mempunyai kandungan antimikroba yang dapat melawan bakteri E.coli penyebab ISK.

Selain itu, riset lain juga menunjukkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi inflamasi pada kandung kemih.

Untuk hasil terbaik dalam mengobati infeksi saluran kemih, kamu bisa mengonsumsi dua hingga tiga cangkir teh hijau setiap hari.

2. Mengonsumsi vitamin C

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemihaptaclub.co.uk

Bila terjangkit ISK, kamu perlu konsumsi vitamin C yang lebih banyak, baik dalam bentuk suplemen maupun minuman.

Vitamin C akan membuat urin bersifat asam sehingga pertumbuhan bakteri berlebihan pun dapat ditekan dan dicegah.

Beberapa sumber menyebutkan kamu butuh asupan vitamin C 75 sampai 100 mg setiap harinya, tetapi untuk menyesuaikan dengan kondisimu, konsultasilah ke dokter.

3. Buang air kecil setelah berhubungan seks

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemihthemarysue.com

Setiap selesai bercinta, jangan pernah malas untuk buang air kecil. Aktivitas sederhana ini merupakan hal yang paling penting untuk mencegah infeksi saluran kemih sebab buang air kecil dapat mendorong bakteri yang mungkin masuk ke dalam uretra.

Kamu tidak harus segera melakukannya persis setiap selesai bercinta, tetapi setidaknya kamu tidak menundanya lebih dari 3 sampai 4 jam.

4. Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemihelitethrive.com

Minum air mineral dapat membantu mendorong bakteri keluar, sehingga penting untuk kamu senantiasa menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, air juga sangat dibutuhkan oleh ginjal dan kandung kemih. Meski rerata kebutuhan harian minum seseorang adalah 8 gelas per hari, boleh jadi kebutuhan tubuhmu bisa lebih maupun kurang dari standar tersebut.

Baca Juga: Girls, Ini Informasi Soal Infeksi Saluran Kencing yang Harus Kamu Tahu

5. Hindari kafein dan alkohol

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemihmontcalmroyallondoncity.co.uk

Kafein dan alkohol mungkin membuatmu merasa relaks untuk beberapa saat, tetapi keduanya sama-sama dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemihmu.

Tentu saja, bila kamu sudah terjangkit infeksi saluran kemih, sebisa mungkin hindari dan hentikan konsumsi dua kandungan zat ini.

Tidak hanya dari kopi, perhatikan pula bahwa kafein juga masih bisa kamu temui di soda, minuman berenergi, dan sebagainya.

6. Segera mengganti pakaian yang basah

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemihobserver.com

Lingkungan yang lembap dan hangat adalah lingkungan terbaik bagi bakteri jahat untuk berkembang.

Oleh karena itu, segera ganti pakaianmu yang basah karena keringat, hujan, air, dan sebagainya untuk sekaligus mengurangi risiko terjangkit vaginitis maupun infeksi ragi.

Bila kamu cukup sering mengalami ISK, hindari pula menggunakan pakaian yang ketat dan pilih bahan-bahan yang memiliki sirkulasi udara baik.

7. Hindari penggunaan produk invasif yang tidak perlu

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemihwomensenews.org

Kalau kamu adalah wanita yang sangat rentang terjangkit ISK, hindari penggunaan produk seprerti diva cup, vaginal sponge, sex toys, dan sebagainya.

Produk-produk asing ini dapat mengganggu keseimbangan pH di dalam vagina. Akibatnya, bakteri yang tidak diinginkan pun akan berkembang.

8. Menjaga aktivitas seks yang bersih dan sehat

8 Cara Mencegah dan Mengobati Infeksi Saluran Kemihbrunet.ca

Tidak hanya menyenangkan, seks juga seharusnya menjadi aktvitias yang menyehatkan. Sebisa mungkin, hindari penggunaan pelumas, spermisida, maupun saliva secara berlebihan.

Pastikan pula apa pun yang berhubungan dengan area genital selama berhubungan intim terjaga bersih.

Demikianlah informasi kesehatan tentang cara mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih atau ISK, jenis penyakit ini bukanlah yang dapat hilang selamanya begitu diobati.

Infeksi ini bisa menyerang berkali-kali selagi kebersihan di area saluran kencing terganggu. Karena itu, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan dan kesehatan area ini baik dari luar maupun dalam tubuh, ya.

Baca Juga: 9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing, Ketahui dan Waspadai Sedari Dini

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You