Comscore Tracker

7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterol

Miliki banyak manfaat, lho!

Teh sencha adalah ryokucha Jepang (teh hijau) yang diseduh dengan daun tanaman Camellia sinensis. Teh berwarna kuning yang diproduksi dari tunas atas dan daun tanaman teh memiliki aroma yang ringan dan rasanya pahit-manis. Teh hijau mengacu pada jenis teh yang tidak diproses dengan cara apa pun. Sencha menjadi teh hijau mempertahankan nutrisi dan bahan aktifnya.

Oleh karena itu, teh sencha memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Mencegah kanker

7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterolverywellhealth.com

Seperti kebanyakan jenis teh hijau, teh sencha kaya akan antioksidan yang mencari radikal bebas dan membantu mencegah stres oksidatif dalam tubuh. Sebuah studi oleh Kazue Imai Litt. D., et al. menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat antikanker. Keberadaan polifenol seperti epigallocatechin gallate (EGCG) membantu menginduksi kematian sel atau apoptosis pada sel kanker.

2. Meningkatkan metabolisme

7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterolfatclinics.com

Minuman berkafein sangat baik untuk merangsang metabolisme yang dapat meningkatkan pembakaran lemak pasif dalam tubuh. Teh sencha tidak memiliki kafein sebanyak secangkir kopi, tetapi teh ini memiliki lebih banyak kafein daripada mayoritas varietas teh di luar sana.

3. Meningkatkan energi

7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterolbustle.com

Campuran kaya vitamin, mineral, kafein, dan antioksidan yang ditemukan dalam varietas teh hijau ini, bersama dengan jumlah kafein yang banyak, menjadikannya sangat efektif sebagai penambah energi. Jika seseorang ingin meningkatkan produktivitas dengan pikiran jernih dan risiko lebih rendah terkena kafein dari kopi, teh sencha adalah pilihan yang sangat baik.

Baca Juga: Gak Cuma Matcha, Ini Lho 8 Jenis Teh Hijau Khas Jepang

4. Menurunkan tekanan darah

7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterolmedicalnewstoday.com

Penelitian telah menunjukkan bahwa, meskipun memiliki jumlah kafein yang signifikan, teh sencha mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah tekanan berlebih pada jantung. Hal ini bermanfaat bagi mereka yang berisiko tinggi mengalami aterosklerosis, serangan jantung, stroke, atau penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Merangsang kognisi

7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterolfastcompany.com

Teh sencha telah lama dianggap sebagai stimulan otak, dan antioksidan yang ditemukan dalam teh ini mampu merangsang jalur saraf dan mencegah stres oksidatif di otak yang menghasilkan pengendapan plak. Teh ini bermanfaat untuk menjaga agar pikiran tetap tajam dan fokus, bahkan seiring bertambahnya usia, dan menurunkan risiko terkena gangguan kognitif.

6. Mengurangi tingkat kolesterol

7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterolndtv.com

Selain menurunkan tekanan darah, teh sencha juga mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Bahkan teh sencha dapat meningkatkan metabolisme, merangsang penurunan berat badan, dan melindungi dari sejumlah komplikasi kardiovaskular.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterolverywellheath.com

Tingginya kadar vitamin C dan sejumlah antioksidan membuat teh ini menjadi pendukung sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Teh sencha dapat merangsang produksi sel darah putih dan mencegah infeksi, sementara juga mempercepat penyembuhan jika seseorang menderita pilek atau flu biasa.

Itulah beberapa manfaat dari teh sencha bagi kesehatan tubuh. Berminat mencoba mengonsumsinya secara rutin?

Baca Juga: Selain Teh Hijau, Ini 6 Teh yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya