Comscore Tracker

Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkan

Tidur nyenyak biar cepat sembuh...

Semua orang berisiko terserang diare. Mungkin kamu pernah mengalami, saat diare perutmu akan terasa mulas dan sakit. Gak jarang kamu akan mengeluh susah tidur karena bolak-balik ke toilet. Lantas, gimana sih cara jitu biar kamu bisa tidur nyenyak saat diare? Dilansir dari Everyday Health, berikut cara-cara ampuhnya!

1. Tarik napas dan tenangkan pikiran

Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkanverywell.com

Terlihat sederhana, namun menenangkan pikiran saat diare penting agar kamu bisa tidur dengan tenang. Itu karena rasa stres akibat aktivitas seharian bisa membuat jantung berdebar, otot menegang bahkan kontraksi usus. Untuk itu, coba pejamkan mata sembari tarik napas dalam-dalam. Tarik dari hidung kemudian keluarkan perlahan melalui mulut. Cara sederhana tersebut bisa membuatmu lebih tenang.

2. Perbanyak minum air putih

Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkanpexels.com/dariashevtsova

Saat diare, kamu akan banyak kehilangan cairan tubuh dan elektrolit. Hal ini bisa menyebabkan rasa haus, mual, sakit kepala dan susah tidur. Untuk itu perbanyaklah minum air putih. Gak masalah lebih banyak dari biasanya, itu karena kamu membutuhkannya. Kalau perlu minumlah dengan larutan gula garam atau oralit.

3. Makanlah makanan yang lunak

Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkanklik.gr

Makanan lunak, seperti pisang, nasi dan roti bakar baik untuk kamu konsumsi saat diare. Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), kamu pun bisa mengonsumsi kentang rebus, cracker atau wortel yang dimasak. Sebaliknya, hindari makanan berserat karena akan memperparah diaremu.

Baca Juga: Kamu Terlalu Mudah Tidur di Mana Saja, Apakah Itu Sehat?

4. Perbanyak makanan dengan kandungan prebiotik

Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkaneatthis.com

Makanan probiotik baik untuk kesehatan pencernaanmu. Adapun, bakteri baik yang terkandung efektif melawan kuman dalam saluran pencernaanmu. Diaremu pun bisa lekas sembuh. Adapun makanan dengan prebiotik bisa kamu dapatkan dari konsumsi keju dan yogurt.

5. Makanlah saat kamu lapar

Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkanjonbarron.org

Makanlah hanya saat kelaparan. Jangan memaksakan diri untuk tetap makan. Itu hanya akan memperburuk gejala diaremu.

6. Minumlah teh dengan chamomile

Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkanfeelgoodorg.com

Dilansir dari jurnal Molecular Medicine Reports, kombinasi herbal tertentu, termasuk chamomile dapat membantu sakit perut dan mengobati diare. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi teh dengan chamomile.

7. Jangan lupa minum obat diare sebelum tidur

Ini 7 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Terserang Diare yang Menyakitkanhealthytravelblog.com

Obat diare bekerja dengan cara memperlambat gerak usus dan memadatkan feses. Selain itu, rasa mulas dan sakit akibat diare pun berangsur-angsur membaik. Itu sebabnya kamu bisa tidur lebih nyenyak.

Itu tadi cara ampuh untuk membuat tidurmu lebih baik dan berkualitas saat diare. Tidur yang berkualitas penting untuk membuat tubuhmu bugar keesokan harinya lho. Itu pun penting agar diaremu cepat sembuh.

Baca Juga: 7 Tanaman Tersehat dalam Kamar, Selain Indah Bisa Buat Tidurmu Nyenyak

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You