Comscore Tracker

7 Area Tubuh yang Mudah Menghitam dan Cara Perawatannya

Biar tampil percaya diri

Memiliki tubuh yang sehat dan cerah menjadi impian setiap orang. Namun beberapa area tubuh mudah menghitam dikarenakan berbagai faktor. Baik dikarenakan sering terkena gesekan antar kulit maupun pengaruh lingkungan. Area tersebut biasanya membuat beberapa orang kurang percaya diri.

Butuh perhatian khusus untuk menjaga area tubuh yang sensitif agar tak menghitam. Berikut delapan area tubuh yang mudah menghitam sekaligus cara perawatannya. 

1. Area bawah mata

7 Area Tubuh yang Mudah Menghitam dan Cara Perawatannyastylecaster.com

Pola hidup yang tidak sehat seperti kurang tidur, begadang hingga pengaruh stres bisa menyebabkan lingkar mata menghitam. Selain itu, proses penuaan dini bisa menjadi penyebab utamanya. Untuk mengatasi lingkar mata yang menghitam, pastikan tidur cukup dengan durasi 7 hingga 8 jam da konsumsi makanan yang kaya nutrisi. Dukung dengan penggunaan eye cream sebagai perawatan dari luar. 

2. Bibir

7 Area Tubuh yang Mudah Menghitam dan Cara PerawatannyaUnsplash.com/taniamed28

Bibir menjadi area yang paling rentan menghitam karena pengaruh kosmetik. Tidak membersihkan sisa lipstik dengan benar mengakibatkan kandungan lipstik tertinggal di bibir. Hal yang paling disepelekan ialah kerap membasahi bbir atau bibir. Cara perawatannya ialah dengan melakukan scrub gula maupun scrub dari berbagai produk. Untuk menjaga kelembapannya, kamu bisa menggunakan madu yang dipoleskan pada bibir sebelum tidur. 

3. Leher bagian belakang

7 Area Tubuh yang Mudah Menghitam dan Cara PerawatannyaUnsplash.com/ravi_roshan_inc

Seringkali kita tidak percaya diri dengan area leher bagian belakang yang menghitam. Penyebabnya bisa berasal dari paparan sinar matahari maupun dari segi kebersihannya yang kurang terjaga. Agar kulit leher area belakang cerah, bersihkan dengan saksama ketika sedang mandi. Penggunaan kentang sebagai masker juga bisa menunjang lehermu agar tetap cerah. 

Baca Juga: 5 Polutan Udara Berbahaya yang Mengancam Kesehatan Tubuh, Hati-hati! 

4. Ketiak

7 Area Tubuh yang Mudah Menghitam dan Cara Perawatannyaskincare.com/article/what-causes-dark-underarms

Bukan hal yang baru jika ketiak menjadi area yang paling rentan mengnhitam. Proses mencukur hingga mencabut bisa menyebabkan iritasi yang berakibat ketiak menghitam. Penggunaan dedoran yang tidak cocok bisa memperparah warna ketiak juga. Cara paling ampuh untuk membuat ketiakmu bersih dan bebas hitam dengan cara melakukan permanenet hair removal. Harganya memang tergolong mahal, namun mencerahkan kulit ketiak dalam jangka waktu yang lama.

5. Siku dan lutut

7 Area Tubuh yang Mudah Menghitam dan Cara Perawatannyaassociatedderm.com

Sering terkena pergesekan, siku dan lutut mudah menghitam. Selain karena area tersebut cenderung kering, faktor genetik juga berpengaruh. Meski cenderung lama dan sulit untuk mencerahkan area tersebut, jika dilakukan perawatan rutin maka hasilnya akan siginfikan. Gunakan srub yang terbuat dari bubuk soda kue. Balurkan pada siku dan lutut dan gosok hingga sel kulit matinya terangkat.

6. Area sekitar daerah intim

7 Area Tubuh yang Mudah Menghitam dan Cara Perawatannyathehealthsite.com

Gesekan antar kulit sekitar paha dan area intim secara perlahan bisa menyebabkan areatersebut menghitam. Pengaruh ketidakseimbangan hormon seperti kehamilan dan menstruasi juga menjadi faktor penyebabnya. Kamu bisa memakai produk pencerah yang mengandung Arbutin dan Asam kojic. Jika alergi terhadap produk tertentu, perbanyaklah konsumsi kedelai. 

7. Area pantat

7 Area Tubuh yang Mudah Menghitam dan Cara Perawatannyapartnersinexcellenceblog.com

Area yang satu ini selalu tertutup namun bisa menghitam. Penyebabnya, tidak lain karena sirkulasi udara yang kurang normal dan gesekan ketika duduk pada area yang keras. Lakukan scrub setiap dua minggu sekali dan gunakan celana dalam dari bahan katun untuk menyerap keringat. Dua hal tersebut bisa meminimalisir area hitam di area pantat.

Itu dia tujuh area tubuh yang mudah menghitam. Konsisten dalam melakukan perawatan bisa membuat tujuh area tersebut cerah dan membuat tampilanmu makin percaya diri. 

Baca Juga: Hati-hati, Ini 7 Dampak Minum Susu Berlebihan pada Kesehatan Tubuhmu

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya