Comscore Tracker

Suka Cabut Bulu Hidung? Kenali Risiko Kesehatan dari Kebiasaan Ini

Bulu hidung tercipta untuk tujuan mulia

Satu pagi, kamu bercermin untuk melihat penampilan wajahmu. Namun, ada masalah! Kamu melihat bulu yang menyembul dari rongga hidung. Karena tak tahan dan gemas, kamu buru-buru menarik bulu hidung tersebut dengan jari atau pinset sampai ke akarnya. Duh!

Apakah kamu salah satu orang yang punya kebiasaan mencabut bulu hidung? Jika iya, sebaiknya segera hentikan. Kenapa? Berikut ini penjelasannya.

Apa fungsi bulu hidung?

Suka Cabut Bulu Hidung? Kenali Risiko Kesehatan dari Kebiasaan Iniilustrasi rongga hidung (grunge.com)

Perlu diketahui kalau pembuluh darah di sekitar wajah kita sangat tebal. Oleh karena itu, pembuluh darah yang ada pada hidung kita senantiasa mendukung pertumbuhan bulu hidung. Mau dicabut berkali-kali pun, bulu hidung akan tetap ada atau tumbuh kembali.

Fungsi utama dari bulu hidung adalah sebagai filter atau penyaring. Bulu hidung bekerja untuk menyaring partikel buruk yang jika masuk bisa membahayakan tubuhmu. Misalnya debu, kotoran, dan kuman penyakit. Partikel-partikel itulah yang kemudian berubah menjadi kotoran hidung.

Suka Cabut Bulu Hidung? Kenali Risiko Kesehatan dari Kebiasaan Iniilustrasi mencabut bulu hidung (health.clevelandclinic.org)

Terdapat dua jenis bulu hidung:

  • Vibrissae: bulu hidung besar
  • Silia: bulu hidung kecil

Kedua jenis bulu hidung merupakan benteng pertahanan hidungmu dari penyakit. Jika vibrissae, yang sering ingin kamu cabut, menyaring partikel besar masuk ke saluran pernapasan, silia bertugas untuk menyaring partikel mikroskopik pada lendir sebelum tertelan ke perut.

Hasilnya? Kamu dapat bernapas lega tanpa harus takut menghirup debu. Namun, demi penampilan, kamu merelakan bulu hidung tersayang.

Berikut adalah metode-metode membasmi bulu hidung beserta risiko kesehatannya. Be wise!

1. Cukur dengan trimmer atau gunting kecil

Suka Cabut Bulu Hidung? Kenali Risiko Kesehatan dari Kebiasaan Iniilustrasi menggunting bulu hidung dengan trimmer (menshealth.com)

Metode ini adalah metode merapikan bulu hidung paling aman. Dengan menggunakan trimmer atau gunting kecil, kamu dapat mencukur bulu hidung agar tidak "balapan". Takut rongga hidungmu tersayat gunting? Tenang, trimmer untuk bulu hidung biasanya memiliki ujung yang tumpul.

Berikut ini langkah-langkah tepat menggunting bulu hidung dengan trimmer:

  • Lakukan di tempat yang terang
  • Bersihkan hidung dari upil yang menempel
  • Perlahan, gunting bulu hingga cukup rapi
  • Bersihkan hidung lagi agar tidak ada sisa bulu yang tersangkut, tetapi jangan membersihkannya dengan air
  • Jangan coba-coba menggunting habis bulu di rongga hidung. Fokus pada bulu yang mengganggu saja

2. Cabut atauwaxing bulu hidung

Suka Cabut Bulu Hidung? Kenali Risiko Kesehatan dari Kebiasaan Iniilustrasi mencabut bulu hidung dengan waxing (eyelashogden.com)

Metode lainnya yang cukup populer untuk menghilangkan bulu hidung adalah dengan metode waxing. Padahal, cara ini bisa amat menyakitkan, lo!

Faktanya, bila mencabut bulu hidung dengan paksa, itu malah bisa menyebabkan bulu hidung tumbuh ke dalam, sehingga ini meningkatkan risiko peradangan hingga infeksi.

Untungnya, sekarang alat dan/atau metode waxing bulu hidung sudah dikembangkan sedemikan rupa, dengan bahan yang aman untuk hidung karena hanya mencabut bulu dari batangnya saja, tidak sampai ke akar-akarnya.

Bila setelah melakukan waxing kamu merasakan nyut-nyutan pada area yang bulunya dicabut, segera kompres dengan handuk bersih hangat untuk meredakan nyeri.

Meski banyak orang yang melakukan waxing bulu hidung dan peralatannya sendiri bisa dibeli dengan mudah, cara mencabut bulu hidung secara paksa seperti ini tidak dianjurkan.

Baca Juga: Mau Cukur Bulu Kemaluan? Pertimbangkan Dulu 7 Dampak Negatif ini

3. Laser removal

Suka Cabut Bulu Hidung? Kenali Risiko Kesehatan dari Kebiasaan Iniilustrasi metode laser removal untuk menghilangkan bulu hidung (laserallclinic.com)

Ini adalah opsi terakhir untuk menghilangkan bulu hidung secara permanen. Selain sering digunakan untuk menghilangkan rambut di tumbuh, misalnya di ketiak dan di kemaluan, metode penghilangan bulu dengan laser ini juga bisa menargetkan bulu hidung.

Cara kerjanya adalah dengan menyasar folikel bulu hidung yang menyembul keluar. Akan tetapi, metode ini butuh waktu, setidaknya enam sesi untuk menghilangkan bulu hidung yang tidak rapi tersebut secara permanen.

Apakah menghilangkan bulu hidung dengan laser aman dilakukan? Ternyata perawatan ini bisa melukai membran selaput lendir pada rongga hidung. Selain itu, harga prosedurnya pun tergolong mahal dan harus dilakukan beberapa kali.

Bila tetap penasaran ingin mencobanya, carilah klinik dengan dermatolog yang memiliki izin untuk melakukan perawatan laser dan konsultasikan dulu sebelum memulainya.

Tanyakan juga beberapa hal ini:

  • Berapa harganya?
  • Apa hasil yang akan didapat?
  • Efek samping perawatan laser?
  • Persiapan yang diperlukan sebelum melakukan perawatan?
  • Berapa kali sesi yang dibutuhkan?

Kesimpulan

Suka Cabut Bulu Hidung? Kenali Risiko Kesehatan dari Kebiasaan Iniilustrasi mencabut bulu hidung (zact.id)

Walaupun tampak sepele, tetapi kita tidak boleh sembarangan mencabut bulu hidung. Tanpanya, partikel-partikel jahat akan langsung masuk ke saluran pernapasanmu.

Bagi yang memiliki alergi musiman, kebiasaan mencabuti bulu hidung bisa berpotensi bahaya, lo! Berdasarkan buku Hair Growth and Disorders tahun 2008, bulu hidung terbukti dapat mencegah radang selaput lendir hidung (rinitis) musiman. Ini karena bulu hidung dapat menyaring serbuk sari dan partikel alergen lainnya yang bisa memicu reaksi alergi.

Dalam majalahnya Dr. Oz The Good Life, Dr. Mehmet Oz menyatakan hal yang sama. Jika kamu mencabut paksa bulu hidungmu, yang terjadi malah inflamasi dan perdarahan kecil. Perdarahan tersebutlah yang bisa menjadi habitat bagi kuman penyakit untuk masuk ke peredaran darah yang tidak memiliki pelindung.

Ia juga mengatakan kalau mencukur atau menggunting bulu hidung lebih baik daripada mencabutnya hingga ke akarnya.

Dari ketiga opsi yang dijelaskan di atas tadi, mencukur atau menggunting bulu hidung dengan trimmer atau gunting kecil adalah pilihan yang paling aman. Selain memastikan bulu hidung tetap tumbuh, risikonya pun minimal. Jadi, buat kamu yang punya kebiasaan mencabuti bulu hidung, segera berhenti, deh!

Baca Juga: 7 Kesalahan Mencukur Rambut Kemaluan Paling Umum yang Kamu Lakukan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya