TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Gejala Tifus, Penyakit yang Menyerang saat Kamu Makan Sembarangan

Gejalanya mirip dengan penyakit normal

pbs.org

Ketika badan tidak enak saat musim hujan, sering kali dokter yang memeriksamu memberikan diagnosis gejala tifus. Tifus sendiri dideskripsikan oleh Medline Plus sebagai penyakit bakteri.

Ada pun bakteri yang menyebabkannya adalah Salmonella yang bisa menular lewat makanan dan air. Berikut ini adalah beberapa gejala tifus yang perlu kamu waspadai.

1. Demam

nytimes.com

Di dalam bahasa Inggris, tifus dikenal sebagai thypoid fever yang mana fever sendiri berarti demam. Tidak salah gejala utama dari tifus sendiri adalah demam. NHS.uk menuliskan demam ini bisa mencapai 39 hingga 40 derajat Celcius dan muncul tiga sampai lima hari setelah terinfeksi bakteri.

2. Perut sakit

netdoctor.co.uk

Gejala ini cukup sering dialami penderita tifus mengingat Salmonella bersemayam di lambung pasien. Dalam laporan International Journal of Advanced Medical and Health Research, kondisi infeksi yang parah bisa membuat dokter melakukan operasi untuk menghilangkan rasa sakit perut berlebihan.

3. Kepala sakit

contemporaryobgyn.net

Satu gejala yang paling sering diderita pasien tifus selain demam adalah sakit kepala. Tak hanya menginfeksi saluran pencernaan, efek Salmonella cukup kuat untuk mempengaruhi neurologimu hingga menciptakan sensasi sakit kepala.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Tipes

4. Otot sakit

liverdoctor.com

Otot sakit biasanya menjadi gejala yang dialami bebarengan dengan demam. Penderita akan merasa pegal di seluruh bagian tubuh dan bahkan di persendian. Gejala ini bisa menjadi hasil infeksi atau karena istirahat yang cukup berkepanjangan.

5. Diare

freepik.com

Sudah dituliskan di poin atas, infeksi Salmonella yang menyerang sistem pencernaan akan membuat perut sakit. Sensasi sakit itu juga menjadi pertanda terjadinya diare bagi penderita. Diare penderita ini wajib diwaspadai karena bisa menjadi perantara penularan.

6. Batuk kering

webmd.com

Jurnal dari Tropical Infectious Diseases pada 2011 mengatakan penderita tifus bisa memiliki gejala batuk kering pada awal tahap penyakit. Masalah kesehatan ini biasa terjadi pada dua hari awal saat terinfeksi.

7. Mual-mual

buoyhealth.com

Hasil dari perut sakit bisa berujung pada rasa mual dan muntah-muntah. Permasalahan ini cukup sering dialami oleh penderita tifus dan bisa menjadi pertanda penyakit ini mulai berkembang di tubuhmu.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penyakit Tipes, Jangan Disepelekan ya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya