TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Menonton Film Horor, Sudah Tahu?

Ini yang bikin nonton film horor terasa seru

unsplash/Victoria Heath

Selama menghabiskan waktu #DiRumahAja akibat COVID-19, menonton film menjadi media hiburan yang banyak dilakukan orang-orang. Ngomong-ngomong soal film, salah satu genre yang paling diminati adalah horor.

Selama menonton film horor, seseorang bisa turut merasakan emosi yang ditunjukkan pemain film, seperti ketakutan, kaget, dan penasaran yang membuat film horor terasa seru untuk ditonton.

Namun, buat kamu yang sering menonton film horor, apa kamu tahu efek dari menonton film horor bagi tubuh? Buat gak makin penasaran, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Pikiran-pikiran negatif menjadi berkurang

unsplash.com/luxdamore

Saat kamu sedang stres dan banyak pikiran, menonton film-film menyeramkan seperti film horor justru dapat menenangkan pikiran selama dan sesudah menonton film tersebut.

Menurut penelitian dari University of Pittsburgh Medical School, individu dapat menonaktifkan pikiran-pikiran dalam otak mereka dan fokus pada keadaan saat ini ketika menonton film yang menakutkan.

Dengan kata lain, orang-orang jadi bisa melupakan pikiran-pikiran dan kecemasan saat menonton film yang menyeramkan. Yang mana efek ini hampir sama seperti yang didapat ketika meditasi.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Manfaat Nonton Film Komedi yang Pasti Belum Kamu Tahu

2. Tubuh akan melepaskan kortisol

unsplash.com/Glenn Caaterns-Peters

Stres kronis dapat memicu pelepasan kortisol sepanjang hari. Hal ini tidak baik bagi tubuh.

Namun, dalam dosis kecil, mengalami ketakutan akibat menonton film horor justru dapat merangsang otak untuk mengakses banyak proses emosional dan memberikan aliran adrenalin yang kemudian membuat tubuh berkeringat, jantung berdebar, dan meningkatkan energi.

3. Kecemasan berkurang

unsplash.com/Jeshoots.com

Beberapa gangguan yang terkait dengan psikologis, seperti kecemasan, fobia sosial, dan trauma ternyata juga dapat diatasi dengan menonton film horor.

Dilansir laman The Healthy, menonton film menyeramkan justru dapat membuat individu merasa bahwa mereka berada di tempat yang aman dan menjadi lebih tenang secara emosional. Itu sebabnya orang tersebut dapat melupakan kecemasan yang sebelumnya ia rasakan.

4. Otot mengalami kontraksi

unsplash.com/Daniel Jensen

Selama menyaksikan film horor, otak primitif akan mendeteksi semacam ancaman kemudian memberikan alarm atau sinyal untuk siap menghadapi apa pun yang ada di sekitarmu. Akhirnya, kamu jadi sangat awas dengan keadaan sekitar, misalnya barang jatuh, suara-suara, seseorang yang lewat, dan sebagainya.

Kamu juga jadi sangat sigap bergerak ketika merasa ada yang aneh dan harus bergerak. Hal ini pula yang menyebabkan tanganmu jadi mengepal erat selama menonton film horor.

Baca Juga: Jangan Baper, Ternyata Nonton Bioskop Sendirian Memiliki 5 Manfaat Ini

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya