TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminya

Walaupun langka, tetap waspada ya!

internapcdn.net

Otak berperan penting untuk mengatur organ-organ tubuh lainnya. Ini karena otak tersambung dengan sistem saraf yang bisa menyalurkan perintah ke seluruh tubuh. Karena perannya yang vital, ia harus dilindungi dari segala kemungkinan yang bisa menurunkan fungsinya.

Terdapat sederet penyakit yang bisa menyerang otak. Sebagian di antaranya sangat jarang diidap oleh manusia. Berikut ini 10 penyakit langka yang dapat menyerang otak manusia!

1. Infeksi naegleria

newatlas.com

Infeksi yang menyerang otak ini disebabkan oleh amoeba bernama Naegleria fowleri. Infeksi bisa didapatkan akibat kontak dengan amoeba tersebut di danau, sungai, dan sumber air panas.

Penderitanya akan mengalami peradangan dan kerusakan serius pada otak. Biasanya dalam waktu seminggu, mereka akan meninggal walaupun telah melakukan pengobatan.

2. Sindrom Alice in Wonderland (AiWS)

scienceabc.com

Pernah membaca dongeng atau menonton film Alice in Wonderland? Diceritakan bahwa tubuh Alice sempat mengecil sehingga ia melihat benda di sekitarnya menjadi lebih besar.

Kurang lebih itulah yang dialami oleh orang dengan sindrom ini (AiWS). Mereka akan melihat tubuh orang di sekitarnya seperti melalui kaca mata cembung. Ini membuat pasien merasa bahwa tubuh mereka berubah. Biasanya sindrom ini diidap oleh anak kecil.

Baca Juga: Kurang Istirahat, 7 Penyakit Akut Ini Sering Mengancam Para Workaholic

3. Creutzfeldt-Jakob Disease (CJD)

liberaldictionary.com

Penyakit ini adalah kelainan otak degeneratif yang mengarah ke demensia hingga kematian. Gejalanya juga mirip dengan demensia, tetapi dengan progres yang lebih cepat. Penderitanya akan mengalami depresi, kehilangan ingatan, insomnia, hingga kebutaan.

Creutzfeldt-Jakob Disease (CJD) disebabkan oleh penyakit menular dari manusia dan hewan yang dikenal sebagai transmissible spongiform escephalopathies (TSEs). Selain itu, penyebab lainnya adalah perubahan protein yang menyebabkan infeksi pada jaringan otak.

4. Paraneoplastic Neurologic Syndromes (PNS)

verywellmind.com

PNS adalah kelainan yang menyerang sistem saraf, yaitu otak, sumsum tulang belakang, saraf dan otot. Ini adalah sindrom saraf yang disebabkan oleh reaksi sistem imun tubuh yang dapat menghasilkan tumor. Gejalanya adalah sering kehilangan keseimbangan, kesulitan mengontrol napas dan peradangan otak.

5. Penyakit fahr

newatlas.com

Fahr adalah gangguan saraf degeneratif yang langka terjadi. Penyakit ini ditandai dengan hilangnya sel tertentu dari otak, seperti ganglia basal yang berfungsi untuk mengontrol gerakan sadar pada tubuh. Penyakit fahr dapat menyebabkan demensia, kekakuan otot, kelumpuhan, hingga kebutaan.

6. Ataksia

stemcellcareindia.com

Penyakit ini menyebabkan gangguan gerakan tubuh yang disebabkan oleh masalah pada otak. Akan terjadi ketidakselarasan antara keinginan dan tindakan yang dilakukan. Ada beberapa hal yang menyebabkannya, seperti infeksi bakteri pada otak, infeksi virus, kurangnya hormon tiroid dalam darah, genetis, hingga mutasi gen.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya