TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Penyebab Penyakit Mata Ikan yang Tak Terlihat tapi Menyakitkan

Sakitnya bisa menyiksa saat pakai sepatu dan berjalan

ilustrasi penyakit mata ikan (practo.com)

Di kakimu tiba-tiba muncul benjolan yang terasa sakit? Bisa jadi itu adalah penyakit mata ikan. Sering disebut juga sebagai clavus atau corn, penyakit ini menyebabkan penebalan sel kulit mati hingga meradang. Mata ikan sering muncul di bagian kaki, tetapi bisa juga muncul di tangan.

Bentuknya mirip kapalan, tetapi mata ikan memiliki bagian tengah yang keras dan terlihat seperti ada titik di dalamnya. Clavus ditularkan oleh human papillomavirus (HPV). Ini adalah virus yang sama dengan penyebab kanker serviks.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit mata ikan yang penting untuk dikenali dan dicegah. Simak ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

1. Memakai sepatu yang tidak nyaman

ilustrasi memakai sepatu yang kekecilan (pexels.com/Pixabay)

Menggunakan sepatu yang terlalu kecil dan sepatu hak tinggi bisa menekan kaki pemakainya, apalagi bila pemakaiannya terlalu lama. Di sisi lain, penggunaan sepatu yang terlalu longgar juga bisa menyebabkan kaki bergesekan dengan bagian dalam sepatu, yang selanjutnya bisa memicu timbulnya mata ikan.

Baca Juga: Ini 7 Cara Efektif Hilangkan Mata Ikan dengan Alami, Gak Perlu Operasi

2. Tidak memakai kaos kaki

ilustrasi pakai sepatu tidak pakai kaus kaki (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Tekanan dan gesekan yang berlebihan adalah faktor utama munculnya mata ikan. Memakai sepatu tanpa kaos kaki juga bisa meningkatkan gesekan antara kaki dengan jahitan sepatu. 

3. Memainkan alat musik dengan tangan

ilustrasi main gitar (picdn.net)

Pernahkah kamu melihat jari tangan pemain gitar? Penebalan kulit pada jari tangan juga bisa disebabkan karena memainkan alat musik dan peralatan lain secara berulang. Ini bisa meningkatkan risiko mata ikan.

4. Cara berjalan yang salah

ilustrasi berjalan (pexels.com/Pille Kirsi)

Ada sebagian orang yang terbiasa menumpukan berat ke satu sisi kakinya saat berjalan. Kebiasaan ini bisa menimbulkan tekanan berlebihan di sebagian area.

5. Sering berjalan tanpa alas kaki

ilustrasi berjalan tanpa alas kaki (unsplash.com/Nick Page)

Jika kamu terbiasa berjalan tanpa alas kaki, kulit akan menebal dengan sendirinya untuk melindungi diri. Selain itu, kaki akan sering kotor dan menyebabkan munculnya mata ikan.

6. Kamu mengalami bunion

ilustrasi bunion (webmd.com)

Orang yang memiliki kelainan ini berisiko terkena mata ikan. Bunion adalah kondisi di mana terdapat benjolan di sendi ibu jari kaki. Kelainan ini membuat kaki terlihat seperti bengkok dan menonjol. Kondisi ini bisa meningkatkan gesekan antara jari kaki dan sepatu.

7. Atau bisa juga karena hammer toe

ilustrasi hammer toe (healthgrades.com)

Hammer toe adalah kelainan tulang yang membuat jari kak melengkung dan berbentuk seperti cakar. Sama seperti bunion, kelainan ini bisa mengakibatkan ketidaknormalan seseorang saat berjalan kaki. Ini bisa menyebabkan tekanan dan gesekan yang berlebihan.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengatasi Kuku Jari Kaki yang Tumbuh ke Dalam

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya