TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Hepatitis Akut Menyerang Orang Dewasa? Begini Penjelasannya

Orang dewasa juga perlu hati-hati

ilustrasi hepatitis akut. (commons.wikimedia.org/Scientific Animations)

Hepatitis akut misterius yang sedang merebak di berbagai negara kini menjadi trending topic . Per tanggal 1 Mei, WHO mencatat 228 kasus hepatitis akut yang menyerang anak di 20 negara.

Di Indonesia dilaporkan 7 orang meninggal dari total 18 kasus per 12 Mei 2022. Menurut laporan pasien meninggal dunia seluruhnya berusia kurang dari 16 tahun. Banyak menginfeksi anak-anak, apakah hepatitis akut menyerang orang dewasa?

Sebelum mengetahui jawaban tersebut, baiknya ketahui dulu apa itu hepatitis akut. Selanjutnya, ketahui pula mengapa hepatitis akut bisa disebut sebagai penyakit misterius. Simak penjelasannya, ya!

Baca Juga: Kiat Ampuh Cegah Hepatitis Akut ala Orang Tua Bandar Lampung

Apa itu hepatitis akut?

Ilustrasi hepatitis akut (healtheuropa.eu)

Dilaporkan National Center for Biotechnology Information, istilah hepatitis digunakan untuk menggambarkan adanya peradangan atau sel dengan fungsi tertentu pada organ hati. Hal ini juga diketahui sebagai kondisi cedera pada hepatosit yang mengakibatkan peningkatan indeks fungsi hati.

Penyakit ini juga terbagi menjadi dua kategori yakni kronis dan akut. Menurut laman Clevelandclinic.org, penyakit dikatakan kronis apabila nyeri yang dirasa berlangsung perlahan dan dapat terjadi lebih dari enam bulan. Sebaliknya, disebut akut jika nyeri dirasakan secara tiba-tiba, dalam waktu singkat, dan indikasi sebagai penyakit serius. 

Sebagai catatan, sebutan 'akut' tidak selalu disematkan pada penyakit baru, meskipun banyak penyakit yang baru diidentifikasi memiliki gejala akut. Merujuk laman Very Well Health, akut juga tidak berarti penyakit tersebut memiliki gejala parah. Ini hanya pengelompokan sesuai durasi perkembangan penyakit yang mungkin sebaiknya segera mendapat tindakan medis.

Pada kasus dengan etiologi diketahui bahwa hepatitis umumnya disebabkan oleh virus hepatitis A, B, C, D, atau E. Pengelompokan kategori kronis dan akut tergantung pada jenis hepatitis yang menginfeksi.

Dilaporkan laman resmi Centers for Disease Control and Prevention, virus hepatitis A merupakan jenis paling umum kategori akut. Selanjutnya, virus hepatitis B dan C dapat dimulai sebagai jangka pendek infeksi, tetapi ada kemungkinan virus tetap berada dalam tubuh dan menyebabkan infeksi kronis. Dua jenis hepatitis lain bisa menjadi kronis atau penyesuaian menyesuaikan keadaan pasien. 

Adapun kondisi hepatitis misterius yang sedang mewabah, juga dikategorikan sebagai hepatitis akut. Dengan penyebab yang belum diketahui secara pasti, gejala yang muncul secara tiba-tiba, serta potensi adanya penyakit serius menjadi alasan mengapa hepatitis misterius masuk kategori tersebut. 

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Hepatitis Berdasarkan Jenisnya, Tak Bisa Sembarangan!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya