TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Riset: Orang yang Pernah Terkena COVID-19 Bisa Terjangkit Lagi

Temuan ini berdasarkan hasil penelitian terbaru

unric.org

Ternyata, orang yang pernah terkena COVID-19 bisa terjangkit lagi untuk kedua kalinya! Temuan ini mengacu pada temuan penelitian pendahuluan yang baru dirilis pada hari Senin (24/8).

Bagaimana ini bisa terjadi? Apakah ini tanda kalau sistem kekebalan tubuh kita tidak bekerja dengan baik? Atau justru sebaliknya? Daripada berasumsi yang tidak-tidak, baca hasil studi lengkapnya di bawah ini!

Penelitian ini membahas kasus pria asal Hong Kong yang terinfeksi dua kali

lanacion.cl

Berdasarkan penelitian pendahuluan yang baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal "Clinical Infectious Diseases", ada kemungkinan untuk tertular COVID-19 sebanyak dua kali.

Penelitian ini membahas kasus seorang laki-laki berusia 33 tahun yang tinggal di Hong Kong. Ia pertama kali dinyatakan positif COVID-19 pada akhir Maret dan melaporkan gejala demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan batuk.

Laki-laki ini sempat pulih sepenuhnya, tetapi dinyatakan positif COVID-19 lagi saat dalam perjalanan pulang dari Eropa pada pertengahan Agustus. Saat terjangkit untuk yang kedua kalinya, dia tidak menunjukkan gejala apa pun (asimtomatik).

Menurut peneliti, kasus ini adalah contoh infeksi ulang pertama

witf.org

Menurut para peneliti yang berbasis di Hong Kong, kasus laki-laki ini adalah contoh infeksi berulang pertama virus corona strain baru penyebab COVID-19, SARS-CoV-2.

Dilansir Time, sebenarnya ada kasus lain dari pasien yang dites positif COVID-19 beberapa kali. Namun, belum bisa dipastikan apakah mereka benar-benar terinfeksi kembali atau itu merupakan akibat materi genetik virus yang masih ada di tubuh, sehingga memicu hasil tes positif yang berulang.

Baca Juga: WHO: Penyebaran COVID-19 Didominasi oleh Orang Berusia Muda

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya