TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Studi: Kunyit Mungkin Sekuat Omeprazole untuk Gangguan Pencernaan

Berkat kurkumin, senyawa alami dalam kunyit

ilustrasi suplemen kunyit, suplemen kurkumin (vecteezy.com/Bigc Studio)

Menurut temuan sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam BMJ Evidence-Based Medicine tahun 2023, kunyit mungkin sama efektifnya dengan beberapa obat untuk mengobati gejala gangguan pencernaan.

Kurkumin, senyawa alami dalam kunyit, mungkin sama efektifnya dengan omeprazole (obat yang digunakan untuk mengekang kelebihan asam lambung) dalam meredakan gangguan pencernaan pada orang yang didiagnosis dispepsia fungsional.

Dispepsia fungsional adalah suatu kondisi pencernaan kronis yang mencakup perasaan gangguan pencernaan berkepanjangan tanpa penyebab struktural yang jelas.

Baca Juga: 7 Efek Samping Omeprazole, Penggunanya Harus Tahu

Detail studi

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Chulalongkorn, Thailand, secara acak menugaskan 151 pasien berusia 18–70 tahun dengan sakit perut berulang ke salah satu dari tiga kelompok pengobatan selama 28 hari.

  • Kelompok pertama mengonsumsi dua kapsul kurkumin besar 250 mg empat kali sehari dan satu kapsul plasebo kecil.
  • Kelompok kedua mengonsumsi satu kapsul omeprazole 20 mg setiap hari dan dua kapsul plasebo besar empat kali sehari.
  • Kelompok ketiga diberi kunyit plus omeprazole.

Pada awal penelitian, peserta di ketiga kelompok memiliki karakteristik klinis dan skor gangguan pencernaan yang serupa, sebagaimana dinilai dengan skor Severity of Dyspepsia Assessment (SODA).

Pada akhir penelitian, skor SODA menunjukkan penurunan yang signifikan dalam keparahan gejala pada hari ke-28 untuk nyeri dan gejala lain dalam kelompok gabungan, kurkumin saja, dan omeprazole saja.

Peningkatan ini makin kuat setelah 56 hari.

Meskipun para peneliti mengakui ukuran penelitian yang kecil dan periode intervensi yang singkat, tetapi mereka mengatakan, “temuan baru dari penelitian kami mungkin membenarkan pertimbangan kurkumin dalam praktik klinis," dilansir Healthline.

Baca Juga: Apakah Obat Omeprazole Menyebabkan Masalah Ginjal?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya