TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!

Jangan abaikan kondisi ini, segera periksakan diri

walesonline.co.uk

Lidah mempunyai banyak fungsi, dari mendukung proses pencernaan, lidah juga membantu kita bisa mengucapkan kata-kata dengan benar saat berbicara.

Sayangnya belum banyak yang tahu, kondisi lidah pun bisa memperlihatkan kesehatan seseorang. Jadi ketika lidah kamu membengkak, cari tahu apa penyebabnya supaya kita bisa menangani masalah itu secepatnya.

Berdasarkan penjelasan Clare Morrison, MD, dokter umum dan penasihat medis di MedExpress, inilah beberapa penyebab lidah membengkak.

1. Lidah kamu baru sembuh dari cedera

acaciadentalgroup.com.au

Lidah sangat mudah terkena trauma dari gigi, bisa karena gigitan yang tak disengaja, tepi gigi yang tajam karena patah, dan cedera karena pemakaian kawat gigi, tambalan gigi yang kasar, atau gigi palsu.

Untuk mengatasi hal ini, kamu sebaiknya mengompres lidahmu dengan es batu, minum ibuprofen, dan berkumur dengan obat kumur yang lembut untuk mencegah infeksi.

2. Pasta gigi dan obat kumur yang tidak cocok untukmu

medicalnewstoday.com

Beberapa bahan pasta gigi dan obat kumur yang tidak cocok dengan tubuh akan menyebabkan lidah membengkak. Biasanya bahan tersebut adalah alkohol (pencuci mulut), hidrogen peroksida (pemutih gigi), kayu manis (permen karet), dan soda kue (pasta gigi).

Supaya mengetahui alergi pada bahan yang mana, lebih baik kamu lakukan tes alergi di rumah sakit ya guys.

3. Reaksi alergi

buoyhealth.com

Reaksi alergi terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan pada sesuatu seperti kerang, susu, kacang-kacangan, buah, atau gigitan serangga.

Respons alergi itu melibatkan penyempitan pembuluh darah kecil, pelepasan histamin, dan akumulasi cairan di dalam jaringan. Alhasil bentuk alergi itu bisa menyebabkan pembengkakan bibir, lidah, dan wajah yang dikenal dengan angioederma.

Jika kamu mengalami hal ini akan lebih baik mengobatinya dengan steroid oral atau antihistamin.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Medis, Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara

4. Kekurangan vitamin

pexels/ fauxels

Kekurangan folat dan vitamin B12 bisa membuat lidah merah dan bengkak. Sedangkan kekurangan zat besi membuat lidah jadi halus, pucat, dan sakit. Untuk mengatasi hal ini, perbanyaklah sayuran hijau, daging, ikan, telur, lentil, kacang-kacangan.

5. Sirkulasi tiroid yang lemah

pexels/Helmi Lutvyandi

Di saat sirkulasi hormon tiroid sangat lemah hingga menyebabkan kelelahan, sembelit, kenaikan berat badan tanpa sebab, rambut menipis, intolerasi terhadap dingin, dan lidah bengkak, maka kamu mengidap hipotiroidisme.

Untungnya kondisi ini bisa didiagnosis melalui tes darah. Jika terbukti, dokter akan memberikan obat yang menggantikan hormon tiroid.

6. Asam lambung

inquirer.com/ISTOCKPHOTO

Asam lambung yang pindah ke tenggorokan akan mengiritasi lidah dan menyebabkan pembengkakan. Hindarilah makanan yang terlalu asam atau pedas untuk mencegah hal ini terjadi. Di samping itu, kamu juga sebaiknya mengonsumsi makanan dengan potongan kecil tapi sering.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Medis, Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara

Verified Writer

IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya