Comscore Tracker

Enovid, Nose Sanitizer yang Bisa Bunuh Virus Corona dalam 2 Menit 

Menjaga kebersihan hidung penting di tengah pandemik

Pandemik COVID-19 masih belum berakhir. Kendati vaksin sudah masif didistribusikan, virus corona tetap menemukan caranya untuk bermutasi, sehingga varian SARS-CoV-2 yang lebih menular dan mematikan terus bermunculan.

Lihat saja pada kemunculan varian Delta dan Omicron, yang keduanya memicu gelombang pandemik saat tren penularan mulai melandai.

Untuk menjaga diri agar tidak tertular corona, setiap individu harus mematuhi protokol kesehatan, mulai dari rajin mencuci tangan, mengenakan masker, dan perlu juga menjaga saluran pernapasan. Para pakar kesehatan mengusulkan penggunaan nose sanitizer sebagai cara untuk menjaga saluran pernapasan.

1. Nose sanitizer bisa membersihkan hidung dari virus

Enovid, Nose Sanitizer yang Bisa Bunuh Virus Corona dalam 2 Menit ilustrasi bilas hidung (shutterstock.com/ivan_kislitsin)

Penggunaan nose sanitizer penting karena virus atau partikel lain terhirup melalui hidung. Kemudian, virusnya akan menyebar ke seluruh tubuh bersamaan dengan oksigen yang tersalurkan melalui pembuluh darah.

Nose sanitizer adalah alat kesehatan yang digunakan untuk mensterilkan hidung dari berbagai virus atau partikel yang bercampur dengan udara yang kita hirup.

“Virus dapat lolos dari masker. Sebagai penguat dari prokes, nose sanitizer memiliki peran untuk mencegah virus masuk menuju paru-paru,” kata mantan Menteri Kesehatan Indonesia, Achmad Sujudi, pada diskusi melalui zoom meeting di Jakarta.

Baca Juga: Mengenal Rip It: Hand Sanitizer Bikinan Lokal dengan Cara Pakai Unik

2. Nose sanitizer bisa mengurangi risiko seseorang terpapar COVID-19

Enovid, Nose Sanitizer yang Bisa Bunuh Virus Corona dalam 2 Menit Ilustrasi Virus Corona. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sujudi menambahkan, penggunaan nose sanitizer merupakan cara supaya kita tidak tertular dan tidak menularkan virus. Menjaga saluran pernapasan terbukti penting karena virus corona bersarang dan menular dari saluran pernapasan.

“Upaya membersihkan rongga hidung, mematikan virus yang akan masuk ke saluran pernapasan harus dilakukan dengan benar. Banyak yang melakukannya tidak sesuai ketentuan Kesehatan,” ujar Sujudi.

“Pemakaian uap air yang dihisap, dengan suhu uap air sekitar 60- 80 derajat Celcius, dapat berpengaruh terhadap paru-paru yang menyebabkan oedema paru. Selain itu, ada produk farmasi, yang berbentuk nose sanitizer yang dalam penelitiannya dapat mengurangi viral load bagi penderita COVID dengan gejala ringan dan bisa memberikan efek pencegahan,” sambung dia.

3. Ada nose sanitizer yang terbukti membunuh 99 persen virus corona

Enovid, Nose Sanitizer yang Bisa Bunuh Virus Corona dalam 2 Menit Ilustrasi Hidung (IDN Times/Sukma Shakti)

Salah satu nose sanitizer yang diketahui bisa membunuh virus dalam hitungan menit adalah Enovid, yang dikembangkan oleh SaNotize Canada. Alat itu terbukti efektif membunuh virus COVID-19 hingga 99,9 persen.

"Nose sanitizer yang dikembangkan ini sudah terbukti tidak hanya sebagai pencegah virus penyebab COVID-19, tetapi juga membunuh virus COVID-19 ini dengan cepat," ucap Gilly Regev selaku CEO dan pendiri SaNotize.

Pemakaian nose sanitizer sangat penting dalam membantu masyarakat melewati pandemik saat ini, karena bisa mencegah terpapar dari berbagai varian COVID-19.

Baca Juga: Mahasiswa IAIN Kendari Buat Hand Sanitizer dari Jeruk Etno Tolaki

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya