Comscore Tracker

6 Tempat di Mal yang Merupakan Sumber Kuman Penyakit, Waspadalah

Jangan sampai sepulang dari mal malah sakit

Para orangtua sering mengajak anak-anaknya ke mal untuk menikmati liburan. Di mal tersedia berbagai fasilitas agar memberikan kemudahan bagi para pengunjungnya. Patut diwaspadai enam tempat di mal yang merupakan sarang kuman penyakit. Sehingga dapat sebagai pencetus penyakit menular bagi orang dewasa dan anak. Tempat tersebut adalah:

1. Meja makan dan daftar menu di food court

6 Tempat di Mal yang Merupakan Sumber Kuman Penyakit, WaspadalahPexels.com/ Bruce Mars

Pusat makanan di mal atau food court sering didatangi para pengunjung untuk mengisi perut. Meja di food court tersebut walaupun selalu dilap bukan berarti bebas dari kuman. Kuman tersebut dapat menularkan penyakit. Demikian juga dengan daftar menu. Daftar menu banyak dipegang sehingga menjadi tempat kuman menempel. Maka jangan lupa membawa tisu basah atau kering untuk mengelap meja dan tangan.

2. Pegangan eskalator

6 Tempat di Mal yang Merupakan Sumber Kuman Penyakit, WaspadalahPexels.com/ Victoria Borodinova

Pada pegangan eskalator terdapat berbagai kuman penyebab penyakit misal, bakteri E Coli, virus flu, dan lain-lain. Untuk menghindari anak terkena kuman penyebab penyakit jangan biarkan anak-anak berpegangan pada eskalator.

3. Toko mainan

6 Tempat di Mal yang Merupakan Sumber Kuman Penyakit, WaspadalahPexels.com/ Skitterphoto

Anak-anak paling senang diajak ke toko mainan. Mainan yang terpampang di etalase sudah dipegang oleh orang banyak. Saat melihat mainan anak-anak akan memegang bahkan memasukkan ke dalam mulutnya. Kuman yang menempel pada  anak dapat menularkan penyakit. Untuk mencegah kuman masuk dalam tubuh anak, lap terlebih dahulu mainan yang akan dibeli dengan tisu basah atau antiseptik.

Baca Juga: 5 Khasiat Akar Angin, Tanaman Herbal Pembunuh Bakteri dan Kuman

4. Toko gadget

6 Tempat di Mal yang Merupakan Sumber Kuman Penyakit, WaspadalahPexels.com/ Rene Asmussen

Toko gadget ternyata merupakan salah satu tempat kuman penyebar penyakit. Ponsel di toko tersebut banyak dipegang orang. Dengan demikian banyak kuman yang menempel pada ponsel. Kuman tersebut dapat masuk melalui mata, hidung, mulut, dan telinga pemakai ponsel.

5. Toilet dan wastafel

6 Tempat di Mal yang Merupakan Sumber Kuman Penyakit, WaspadalahPecel.com/Ato de

Toilet dan wastafel di mal merupakan tempat yang subur bagi kuman penyakit. Area yang lembap di wastafel menyebabkan bakteri bertahan hidup di situ. Bakteri E Coli banyak menumpuk di bagian keram wastafel karena banyak orang menyentuhnya setelah dari toilet.

6. Area bermain anak

6 Tempat di Mal yang Merupakan Sumber Kuman Penyakit, WaspadalahPexels.com/ Markus Sooko Temporausch.com

Area bermain anak di mal merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi. Bukan saja anak-anak orang dewasa juga senang mengunjungi. Mainan yang tersedia sering dijamah orang sehingga banyak kuman penyakit yang menempel. Maka untuk terhindar dari kuman tersebut cuci tangan anak dengan menggunakan sabun atau memakai tisu basah setelah bermain.

Demikian tempat-tempat di mal yang merupakan sumber kuman penyakit menular. Maka hendaknya waspada pada tempat tersebut. Sertakan tisu basah atau antiseptik pada saat bepergian. Agar terhindar dari kuman penyakit yang menempel di mana-mana. Alih-alih ingin bersenang-senang, malah sakit setelah pulang dari mal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Ternyata Bisa Disembuhkan dengan Rajin Olahraga, Tahu?

A Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya