Comscore Tracker

4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Tubuh Akibat Asap Kebakaran Hutan

Mengganggu sistem pernapasan!

Kebakaran hutan menjadi kejadian yang kerap bergulir setiap tahunnya, khususnya di Indonesia. Pembakaran hutan secara massal untuk kebutuhan industri membuat hutan perlahan-lahan kehilangan marwahnya sehingga tak ayal hutan pun menjadi gundul. Bencana ini pun sedang melanda Indonesia saat ini dan membuat banyak korban mulai dari flora dan fauna yang ada di hutan, hingga manusia sendiri.

kabut asap akibat kebakaran hutan dapat mendatangkan penyakit bagi orang-orang yang terpapar langsung oleh bencana ini. Berikut ini setidaknya empat macam penyakit yang bisa mengancam kesehatan tubuh akibat kabut asap kebakaran hutan.

1. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Tubuh Akibat Asap Kebakaran HutanUnsplash.com /Artem Sapegin

ISPA merupakan infeksi yang mengganggu saluran pernapasan seeorang. Penyakit ini dapat membuat tubuh kekurangan oksigen, dan jika tidak ditangani lebih lanjut juga dapat mengancam nyawa seseorang.

Seseorang yang menghirup asap dari kebakaran hutan rentan untuk terkena penyakit ISPA. Ini karena asap dari hasil kebakaran hutan mengandung sejumlah zat-zat berbahaya di mana terdapat bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Diantara gejala ISPA ialah sering bersin, merasa lelah dan timbul demam, serta hidung tersumbat serta berair.

2. Penyakit jantung

4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Tubuh Akibat Asap Kebakaran HutanUnsplash.com/Markos Mant

Selain ISPA, seseorang yang terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan juga dapat terkena risiko penyakit jantung. Ini karena kabut asap membawa partikel seperti PM2.5, yakni partikel yang berukuran sangat mini yang bisa menembus masker penutup hidung dan mulut yang dipakai seseorang. Partikel ini masuk melalui saluran pernapasan. Alhasil, jika seseorang terpapar kabut asap dalam jangka panjang maka dapat terkena risiko penyakit jantung. Hal ini berdasarkan studi dari California Environmental Protection Agency pada tahun 2014 lalu.

Baca Juga: Ini 7 Instruksi Anies Tangani Polusi Udara Jakarta, Gimana Menurutmu?

3. Menyebabkan iritasi

4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Tubuh Akibat Asap Kebakaran HutanUnsplash.com / Jakub Kriz

Ada beberapa macam iritasi yang bisa disebabkan akibat terpapar kabut asap dari kebakaran hutan. Diantaranya iritasi pada mata, hidung, tenggorokan. Tidak hanya itu terpapar kabut asap dari kebakaran hutan juga dapat menyebabkan sakit kepala dan juga alergi. Untuk itu masker menjadi salah satu benda yang perlu dipakai setiap orang sebagai pelindung dari kabut asap yang pekat.

4. Penyakit asma

4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Tubuh Akibat Asap Kebakaran HutanUnsplash.com / Rory Björkman

kabut asap juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit asma. Ini krena buruknya kualitas udara yang didapatkan seseorang. Seperti asap rokok yang berbahaya, kabut asap juga demikian karena membawa partikel yang tidak baik bagi pernapasan. Alhasil kualitas udara yang semakin buruk akan ikut memperburuk kondisi kesehatan seeorang. Asma membuat seseorang sulit bernapas dan ujungnya menjadi sesak. Adapun gejala seseorang menderita asma yakni batuk-batu dan juga nyeri dada.

Demikianlah 4 jenis penyakit yang bisa timbul akibat kabut asap dari kebakaran hutan. Saat ini Indonesia tengah mengalami darurat kebakaran hutan, terutama di daerah Sumatera dan di Kalimantan dengan banyak titik api.

Baca Juga: Parah, Ini 7 Kota dengan Polusi Udara Terburuk Dunia per Juli 2019

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya