Comscore Tracker

Mulai Merasakan 5 Gejala Ini? Harus Segera Tingkatkan Imun Nih! 

Nomor 5 paling mudah diperhatikan nih!

Jakarta, IDN Times - Sering kali kamu merasa sehat-sehat saja seakan gak ada yang salah dengan tubuhmu. Tapi hati-hati, guys. Seringkali kita tertipu nih dengan kondisi tubuh. Hal ini mungkin terjadi karena otak yang terus memberikan sugesti bahwa kamu baik-baik saja, walau badan kamu sebenarnya menunjukkan tanda-tanda sebaliknya.

Yap, badan kita sebenarnya bisa memberikan sinyal-sinyal yang menunjukan bahwa sebenarnya kita sedang dalam kondisi yang tidak sehat lho, baik itu secara fisik bahkan hingga masalah yang awalnya berasal dari kondisi kesehatan mental. Nah, biar kita bisa lebih peka, coba deh perhatikan beberapa tanda-tanda berikut ini.

1. Kamu jadi susah tidur

Mulai Merasakan 5 Gejala Ini? Harus Segera Tingkatkan Imun Nih! Shutterstock/aslysun

Normalnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 7 jam setiap malam. Jangan sepelekan waktu tidur ya, karena walau kelihatannya kita sedang tidak melakukan apa-apa, seluruh sel tubuh tetap bekerja menjalankan metabolisme tubuh dengan mengeluarkan racun-racun yang ada di tubuh hingga memproduksi hormon-hormon yang mampu meningkatkan imunitas.

Nah, penting banget ‘kan? Sekarang bayangkan kalau waktu tidurmu berkurang, tentu hal-hal ini gak bisa dilakukan dengan optimal. Selain punya efek yang signifikan, kamu juga bisa melihat ‘susah tidur’ sebagai gejala dari adanya gangguan baik secara fisik maupun mental yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu hingga munculnya rasa cemas saat menjelang tidur. Apakah kamu pernah merasakan momen ‘susah tidur’?

Baca Juga: 7 Bahaya Kesehatan Jika Kamu Suka Begadang, Awas Imun Jadi Turun

2. Mendengkur bukan berarti tidurmu nyenyak lho

Mulai Merasakan 5 Gejala Ini? Harus Segera Tingkatkan Imun Nih! Shutterstock/Treetree2016

Seringkali orang menganggap bahwa dengkuran adalah tanda seseorang tidur dengan nyenyak. Eits, kalau kamu masih berpikir seperti ini, kamu perlu simak bagian ini nih mendengkur rupanya bukan  tanda tidur seseorang sangat nyenyak, melainkan sebuah pertanda ada masalah lain dalam tubuh.

Seseorang bisa mendengkur karena saluran pernafasan terhalang sehingga menimbulkan getaran saat bernafas. Saat pernafasan seseorang semakin menyempit, biasanya suara dengkurannya pun akan jadi semakin besar. Ada beberapa penyakit yang dapat menimbulkan dengkuran saat tidur misalnya seperti gangguan pernafasan, GERD, hingga penyakit gondok. Coba deh, perhatikan lagi orang-orang di sekitarmu ada yang mendengkur gak? 

3. Pegal-pegal hingga nyeri sendi

Mulai Merasakan 5 Gejala Ini? Harus Segera Tingkatkan Imun Nih! Shutterstock/TORWAISTUDIO

Coba deh lebih peka dengan diri sendiri, mulai dengan mengamati bagaimana respon tubuhmu saat kamu melakukan aktivitas normal, apakah biasa saja atau justru lebih lelah dari biasanya? Kalau jawabannya iya, ini bisa jadi pertanda kondisi badanmu sedang dalam kondisi yang tidak fit.

Gejala yang paling mudah diidentifikasi adalah bagaimana kamu seringkali merasakan pegal di bagian tubuh tertentu, bahkan hingga mengalami nyeri sendi. Untuk memulihkannya kamu bisa beristirahat secara berkualitas dan setelah keadaan tubuhmu membaik coba deh mulai berolahraga dan benahi pola makan. Sedikit demi sedikit kondisi imun tubuh pasti akan kembali.

4. Susah buang air besar

Mulai Merasakan 5 Gejala Ini? Harus Segera Tingkatkan Imun Nih! Shutterstock/Punnawit Suwattananun

Normalnya, saat kamu memasukkan makanan atau minuman ke dalam tubuh, saluran pencernaan akan memprosesnya agar tubuh dapat menyerap nutrisi dari sumber makanan yang kamu konsumsi dan membuang racun yang ada. Namun, jika kamu ternyata tidak bisa buang air besar bahkan hingga beberapa hari, ini bisa jadi salah satu tanda ada yang gak beres nih pada pencernaan kamu.

Hal ini juga dikenal dengan konstipasi atau kondisi di mana kamu gak bisa buang air besar setidaknya 3 kali dalam satu minggu. Jika ini terus terjadi, bahayanya adalah racun-racun yang mengendap pada saluran pencernaan gak bisa terbuang namun justru merembes lewat selaput usus. Racun akan menyerap ke sel darah dan beredar di tubuh sehingga akan menyebabkan masalah baru. Duh, bahaya banget! Gak mau ini terjadi ‘kan?

5. Awalnya sih bersin-bersin lalu berujung pilek

Mulai Merasakan 5 Gejala Ini? Harus Segera Tingkatkan Imun Nih! Shutterstock/aslysun

Gak bisa dipungkiri virus dan bakteri yang ada di sekitar kita sudah muncul gak hanya dari awal tahun ini saja. Namun, kondisi tubuh dengan imunitas yang kuatlah yang dapat melawan virus-virus jahat sehingga kita tetap bisa sehat dalam menjalani hari-hari. 

Salah satu tanda kalau sistem kekebalan tubuh sedang menurun adalah kamu jadi mudah pilek yang diawali dengan gejala bersin-bersin. Gejala ini memang bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu tiga atau empat hari. Dalam jangka waktu itu, tubuh sedang berlomba dengan waktu untuk mengembalikan imunitas tubuhmu. Tapi bayangkan saja jika ini sering terjadi, tubuhmu bisa lama-lama “drop” lho. Makanya, sebelum ini terjadi, pastikan kamu perkuat imun dengan aktivitas fisik maupun asupan yang bernutrisi.

Ngomong-ngomong soal asupan bernutrisi, IDN Times mau kasih tau asupan yang recommendeded nih buat menjaga daya tahan tubuh kamu biar gak gampang sakit dan terserang virus-virus jahat. Coba deh minum Segar Dingin dari Wingsfood, minuman serbuk kesehatan ini gak hanya bisa mengembalikan imun aja lho, tetapi juga bisa menjaga tubuhmu agar tetap fit dan daya tahan tubuh bisa cepat pulih jadi penyakit gak sampai meradang deh. 

Mulai Merasakan 5 Gejala Ini? Harus Segera Tingkatkan Imun Nih! IDN Times/Segar Dingin

Ini karena Segar Dingin mengandung vitamin C 500mg yang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Gak hanya sampai di situ, Segar Dingin juga punya kandungan lainnya yang berkhasiat buat tubuh seperti jeruk nipis untuk meredakan radang tenggorokan, madu sebagai sumber energi yang cepat diserap tubuh, alang-alang yang ampuh untuk meredakan panas dalam, serta ditambah ekstrak daun mint yang dapat melegakan tenggorokan kita. Gak heran kalau Segar Dingin juga dikenal dapat meredakan dan mencegah gejala panas dalam seperti tenggorokan gatal, bibir pecah-pecah atau sariawan. Formulanya paket lengkap banget sih!

Selain itu, Segar Dingin juga pas banget buat kita yang harus tetap aktif di tengah masa pandemik seperti sekarang. Apalagi bikinnya juga praktis, gak perlu repot harus meracik ini itu, dan bisa diminum kapan saja dan di mana saja. Gak heran kalau Segar Dingin jadi andalan apalagi di saat-saat pandemi seperti sekarang ini.

Jadi kalau kamu sudah mulai merasakan gejala di atas, cepat-cepat deh tangkis dengan Segar Dingin, agar badan kamu bisa kembali fit lagi sesegera mungkin. Kamu bisa langsung mendapatkan kesegaran dan khasiat Segar Dingin dengan cara klik di sini. Yuk lebih peka lagi sama diri sendiri, jangan sampai tunggu sakit baru kebingungan ya, guys!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya