Comscore Tracker

5 Penyebab Kaki Sering Kejang di Malam Hari, Kamu Mesti Tahu Nih!

Apakah kamu sering mengalaminya?

Kaki kram atau kejang pada malam hari mungkin dialami oleh sebagian orang. Sensasi kejang ini diakibatkan karena satu atau lebih serat otot berkontraksi yang mana menimbulkan rasa nyeri mulai dari ringan hingga parah. Tak jarang kaki kejang di malam hari dapat mengganggu kualitas tidur seseorang.

Nah, daripada kamu penasaran, artikel di bawah ini akan membahas penyebab dari kaki kejang di malam hari. Yuk, simak!

1. Kelelahan otot

5 Penyebab Kaki Sering Kejang di Malam Hari, Kamu Mesti Tahu Nih!Unsplash.com/Vicktor Freitas

Kelelahan otot khususnya di otot kaki dapat menyebabkan kram atau kejang. Latihan yang berat atau berdiri dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi penyebabnya. Kelelahan otot ini membuat terganggunya impuls saraf yang mengontrol pergerakan otot, kemudian menyebabkan kram atau kejang.

2. Hipokalemia

5 Penyebab Kaki Sering Kejang di Malam Hari, Kamu Mesti Tahu Nih!cdc.gov

Hipokalemia merupakan kondisi di mana seseorang memiliki kadar kalium yang rendah, seperti dilansir dari jurnal National Institutes of Health.

Kalium merupakan nutrisi penting yang mendukung berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga membran sel, meningkatkan fungsi ginjal, dan mengatur kontraksi otot. Jaringan otot melepas kalium selama latihan, yang mana berfungsi melebarkan pembuluh darah dan aliran darah ke otot. Kekurangan kadar kalium ini dapat menyebabkan kram atau kejang. Oleh karena itu dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan berkalium.

Baca Juga: 5 Nutrisi Penting Atasi Kram pada Tubuh, Wajib Dikonsumsi

3. Kekurangan magnesium

5 Penyebab Kaki Sering Kejang di Malam Hari, Kamu Mesti Tahu Nih!healthifyme.com

Kejang otot bisa juga disebabkan karena kurangnya kadar magnesium dalam tubuh. Hal ini karena selain berfungsi dalam pengaturan tekanan darah dan sintesis DNA, magnesium juga mendukung kesehatan otot. Kekurangan magnesium akan berpengaruh ke otot yakni bisa menimbulkan kejang atau kram.

Beberapa ciri yang bisa menandakan kamu kekurangan magnesium antara lain kurang nafsu makan, pusing, muntah, dan mengalami kelelahan otot.

4. Efek samping obat

5 Penyebab Kaki Sering Kejang di Malam Hari, Kamu Mesti Tahu Nih!Pexels.com/Pixabay

Obat-obatan tertentu seperti beta-agonis, statin, dan diuretik dapat menyebabkan efek samping berupa kejang atau kram otot kaki. Selain itu orang yang menerima dialisis juga memiliki risiko tinggi mengalami kejang lho.

5. Alas kaki

5 Penyebab Kaki Sering Kejang di Malam Hari, Kamu Mesti Tahu Nih!Pexels.com/The Lazy Artist Gallery

Ya, alas kaki yang kita pakai juga bisa menyebabkan kram. Menggunakan sepatu yang ketat dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada kaki sehingga membatasi aliran darah ke kaki. Hasilnya, kaki bisa kejang atau kram.

Oleh karena itu, pakai alas kaki yang memberi rasa nyaman ya.

Itulah lima penyebab yang dapat memicu kejang atau kram di otot kaki. Jaga terus ya kesehatanmu.

Baca Juga: 7 Penyebab Paling Umum Epilepsi, Jangan Sepelekan Kejang-kejang Ya!

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya