Comscore Tracker

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendiri

Kondisi keseharianmu bisa memberi tahumu soal itu

Kolesterol tinggi memang bisa membawamu pada banyak masalah kesehatan. Kadang kamu menerka-nerka bahwa rasa tidak enak di tubuh bisa jadi tanda kolesterol tinggi. Padahal belum tentu itu menjadi tanda kolesterol tinggi.

Untuk memastikan tingkat kolesterol, banyak orang memutuskan untuk cek laboratorium. Walaupun saat ini sudah terbuka fasilitas untuk medical check-up di mana-mana, mayoritas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sayang kan, kalau kamu sudah cek lab terkait kolesterol karena kamu menduga rasa aneh di tubuhmu itu tanda kolesterol tinggi, ternyata angkanya tidak berkata demikian?

Dilansir dari webmd.com dan selfcarer.com, berikut ini beberapa tanda di tubuhmu yang bisa kamu ketahui sendiri bahwa kolesterolmu tinggi, supaya ketika kamu cek lab bisa langsung mengetahui tingkat tingginya. Bukan benar atau tidak!

1. Rasa sakit di tangan dan kaki

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendirimedsalud.com

Kalau kamu punya kolesterol tinggi, tangan dan kakimu akan sering terasa sakit. Hal ini karena pembuluh darah di kaki dan tanganmu menjadi menyempit karena penumpukan kolesterol yang terjadi di tubuhmu.

2. Sering merasa kesemutan

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendiricadenaser.com

Seringnya kamu merasakan kesemutan di tangan atau kaki adalah tanda kamu mengalami sirkulasi darah yang lemah. Ini terjadi ketika aliran darah menjadi lebih lambat, karena tingginya tingkat kolesterol di dalam darahmu.

3. Terasa sakit di dada kiri

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendirielheraldo.co

Rasa sakit di dada kiri adalah tanda kolesterol tinggi lainnya. Bahkan terbentuknya plak sekecil mungkin di bagian tubuh mana pun bisa melemahkan aliran darahmu. Jantungmu bekerja lebih untuk memulihkan aliran darah yang normal dan ini bisa menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

4. Rasa sakit kepala atau pusing yang berulang kali

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendiricomo-funciona.com

Seringnya terjadi rasa sakit atau pusing terutama di bagian belakang kepala bisa merupakan akibat dari terhambatnya pembuluh darah di daerah kepalamu. Kalau kondisi ini tidak segera diperiksakan, pembuluh darah ini bisa pecah dan menyebabkan stroke.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Kolesterol yang Alami dan Ampuh, Mau Coba?

5. Adanya timbunan lemak di kelopak matamu

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendiridudleyeye.com

Timbunan kolesterol juga bisa terjadi di kelopak matamu lho. Ini disebut dengan xanthelasmas. Timbunan ini mengindikasikan bahwa kamu punya kolesterol tinggi.

6. Benjolan yang terbentuk pada bagian tubuh tertentu, secara tiba-tiba

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendirihealthline.com

Metabolisme lemak yang tidak normal bisa menyebabkan gumpalan atau timbunan lemak yang disebut lipomas. Lipomas terbentuk di antara otot dan kulit.

7. Mudah mengalami depresi dan sering lupa

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendiridallasnews.com

Berdasarkan penelitian, mudah mengalami depresi dan sering lupa bisa menandakan tingginya kolesterol LDL. Itu juga bisa menandakan rendahnya kolesterol HDL.

8. Mudah merasa kelelahan

8 Tanda Kolesterol Tinggi Tanpa Perlu Cek Lab, Bisa Diketahui Sendirientrepreneur.com

Kalau kamu mempunyai kolesterol tinggi, besar kemungkinan kamu akan sering lelah dan capek. Hal ini terjadi karena kamu kekurangan energi untuk bisa beraktivitas.

Itulah tadi beberapa tanda kolesterol tinggi yang bisa kamu cek sendiri melalui keseharianmu, tanpa perlu cek lab. Kalau memang kamu mulai mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan Makan

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya