Comscore Tracker

Merebak di Sejumlah Negara, Ini Cara Penularan Cacar Monyet

Dapat menular dari hewan dan manusia

Penyakit monkeypox atau cacar monyet belakangan ini menjadi pembicaraan banyak orang. Pasalnya, penyakit tersebut sudah menyebar di beberapa negara. Tentunya, adanya kasus tersebut mungkin membuat sebagian masyarakat menjadi resah.

Sesuai dengan namanya, penyakit ini pertama kali menginfeksi monyet. Berawal dari hewan tersebut, penyakit ini juga dapat menginfeksi manusia. Lantas, bagaimana cara penularan penyakit monkeypox? Berikut ini penjelasannya, dihimpun dari laman Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). 

1. Kasus cacar monyet

Merebak di Sejumlah Negara, Ini Cara Penularan Cacar Monyetilustrasi peta (unsplash.com/James Wiseman)

Sejak tanggal 13 Mei 2022, WHO menerima laporan tentang kasus monkeypox atau cacar monyet yang terjadi di wilayah non-endemik cacar monyet. Kasus cacar monyet yang dilaporkan sejauh ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah endemik, yaitu negara-negara di Afrika.

Data WHO hingga tanggal 21 Mei 2022 menyebutkan bahwa sudah ada 12 negara yang melaporkan kasus penyakit tersebut. Total kasus konfirmasi sebanyak 92 kasus dan 28 kasus suspek masih dilakukan investigasi. Negara-negara yang melaporkan kasus cacar monyet antara lain Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat.

2. Penyebab cacar monyet

Merebak di Sejumlah Negara, Ini Cara Penularan Cacar Monyetilustrasi virus monkeypox (pixnio.com/Cynthia S. Goldsmith, Inger K. Damon, Sherif R. Zaki, USCDCP)

Cacar monyet termasuk penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox. Virus monkeypox termasuk dalam genus Orthopoxvirus dan keluarga Poxviridae.

Penemuan penyakit ini bermula saat adanya penyakit yang menyerang koloni monyet di laboratorium pada tahun 1958. Lalu, kasus pertama cacar monyet yang menginfeksi manusia yaitu pada seorang anak laki-laki di Republik Demokratik Kongo tahun 1970.

Sejak saat itu, kasus cacar monyet yang menginfeksi manusia dilaporkan di negara-negara Afrika Tengah dan Afrika Barat lainnya. Negara-negara endemik cacar monyet yaitu Benin, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Ghana, Pantai Gading, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, Sierra Leone, dan Sudan Selatan.

Baca Juga: 7 Fakta Penyakit Cacar Monyet yang Mulai Menyebar, Kenali Gejalanya

3. Penularan cacar monyet dari hewan ke manusia

Merebak di Sejumlah Negara, Ini Cara Penularan Cacar Monyetilustrasi monyet (pexels.com/Klub Boks)

Virus cacar monyet termasuk virus zoonosis, artinya virus tersebut dapat menular dari hewan ke manusia. Hewan utama pembawa virus masih diteliti. Namun, hewan pengerat Afrika dan hewan primata seperti monyet dapat menginfeksi manusia. 

Cacar monyet dapat menginfeksi manusia saat kontak fisik dengan hewan yang terinfeksi. Risiko terinfeksi menurun jika mengurangi kontak tanpa pelindung dengan hewan liar terutama hewan yang sedang sakit atau hewan mati.

4. Penularan cacar monyet dari manusia ke manusia

Merebak di Sejumlah Negara, Ini Cara Penularan Cacar Monyetilustrasi penularan (pexels.com/Monstera)

Selain menular dari hewan ke manusia, virus ini juga dapat ditularkan antarmanusia. Virus monkeypox dapat menular ke orang lain melalui kontak erat dengan penderita.

Infeksi dapat menyebar ke orang lain melalui luka ruam, cairan tubuh seperti nanah atau darah dari kulit yang terluka, dan keropeng. Virus juga dapat ditularkan melalui benda yang terkontaminasi dari penderita misalnya alas tidur, handuk, dan pakaian. 

5. Pengobatan cacar monyet

Merebak di Sejumlah Negara, Ini Cara Penularan Cacar Monyetilustrasi sakit (unsplash.com/Olga Kononenko)

Gejala cacar monyet yang dialami dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan. Pengobatan spesifik untuk cacar monyet masih belum tersedia, sehingga obat yang digunakan hanya untuk mengurangi gejala yang muncul.

Meskipun pengobatan spesifik masih belum tersedia, namun cacar monyet dapat dicegah menggunakan vaksin. Vaksin yang digunakan untuk memberantas cacar smallpox dapat digunakan untuk mencegah cacar monyet, namun ketersediaannya masih terbatas. 

Virus penyebab cacar monyet termasuk virus zoonosis sehingga dapat menular dari hewan yang terinfeksi ke manusia. Selain menular dari hewan, virus ini juga dapat ditularkan dari manusia ke manusia. Virus monkeypox dapat menular ke orang lain melalui kontak erat dengan penderita melalui lesi kulit, cairan tubuh seperti nanah atau darah dari kulit yang terluka, keropeng, dan melalui benda yang terkontaminasi. 

Baca Juga: Cacar Monyet: Penularan, Gejala, Diagnosis, Pengobatan, Pencegahan

Dewi Purwati Photo Verified Writer Dewi Purwati

Health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya