Comscore Tracker

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Pria

Bisa karena obat-obatan yang dikonsumsi, lo!

Untuk mendapatkan keturunan, kesuburan pada perempuan maupun laki-laki sangat penting untuk diperhatikan. Pada laki-laki, kesuburan tergantung pada kuantitas dan kualitas sperma yang dihasilkan.

DilansirHealth Male Andrology Australia, sekitar 1 dari 20 laki-laki memiliki jumlah sperma yang rendah, sehingga menyebabkan kemandulan. Sementara itu, sekitar 20 persen pasangan yang tidak subur, masalahnya ada pada laki-laki.

Berikut ini 14 penyebab kemandulan pada pria yang membuat khawatir!

Ciri-ciri kemandulan pada pria

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi pria yang mengalami ketidaksuburan (pexels.com/Alex Green)

Secara umum, gejala kemandulan pada pria tidak bisa dilihat secara langsung. Akan tetapi, ini bisa dipastikan lewat pemeriksaan dokter.

Dilansir WebMD, gejala kemandulan pada pria memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Perubahan pertumbuhan rambut
  • Perubahan hasrat seksual
  • Nyeri, benjolan, atau bengkak di testis
  • Masalah ereksi dan ejakulasi
  • Testis kecil dan keras

Lantas, apa saja penyebab kemandulan pada pria? Bagaimana ciri-cirinya? Yuk, kita simak bersama ulasan di bawah ini!

1. Infeksi

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi pria yang sedang mengalami infeksi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dilansir Mayo Clinic, infeksi dapat menjadi penyebab kemandulan karena dapat memengaruhi produksi sperma. Infeksi ini juga termasuk peradangan pada epididimis (epididimitis) atau testis (orkitis), serta beberapa penyakit menular seksual seperti gonore dan HIV.

2. Varikokel

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada PriaIlustrasi Varikokel. flickr.com/Babak Nozari

Varikokel adalah penyebab kemandulan pada pria yang paling umum terjadi. Varikokel adalah pembengkakan pada pembuluh darah vena dalam kantong zakar (skrotum). Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan produksi dan kualitas sperma, mengecilkan testis, serta menyebabkan kemandulan pada laki-laki.

Dilansir Healthline, varikokel sering terjadi pada laki-laki usia 15-25 tahun, serta dapat ditemukan pada 15 persen populasi dewasa dan sekitar 20 persen remaja.

Baca Juga: 10 Gejala Mandul yang Bisa Kamu Amati, Konsultasikan jika Merasakannya

3. Antibodi yang menyerang sperma

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi sperma (pixabay.com/TBIT)

Secara tidak normal, antibodi dapat menyerang sperma dalam perjalanan menuju sel telur. Hal ini disebut sebagai antibodi anti-sperma, yang merupakan sel sistem kekebalan yang secara keliru mengidentifikasi sperma sebagai penyerang berbahaya lalu berusaha untuk menghilangkannya. Kondisi ini dapat menyebabkan kemandulan.

4. Masalah ejakulasi

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi laki-laki yang mengalami masalah ejakulasi (pexels.com/Pixabay)

Penyebab lain dari kemandulan pada pria adalah ejakulasi retrograde atau ejakulasi retrograd. Ini adalah kondisi saat air mani masuk ke kandung kemih dan tidak keluar lewat penis pada saat orgasme.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ejakulasi retrograde, di antaranya:

  • Diabetes
  • Cedera tulang belakang
  • Pengobatan tertentu
  • Operasi kandung kemih, prostat, atau uretra

5. Testis tidak turun (kriptorkismus)

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi pria yang stres karena mengalami kemandulan. (pexels.com/Andrew Neel)

Dilansir Harvard Health Publishing, testis yang tidak turun atau kriptorkismus adalah kondisi salah satu atau kedua testis tidak turun ke dalam skrotum. Ini merupakan kondisi kelainan kongenital pada bayi laki-laki.

Kriptokismus memiliki beberapa risiko, antara lain:

  • Meningkatkan risiko kemandulan
  • Kanker testis
  • Hernia
  • Torsio testis

6. Tumor

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi laki-laki yang mengalami sakit perut. freepik.com/8photo

Kanker maupun tumor jinak bisa memengaruhi organ reproduksi pria secara langsung yang dapat menyebabkan kemandulan.

Kanker dan tumor memiliki pengaruh pada organ reproduksi pria melalui kelenjar yang melepaskan hormon yang berhubungan dengan reproduksi, seperti kelenjar pituitari, atau melalui penyebab yang tidak diketahui.

Dalam beberapa kasus, prosedur pembedahan, radiasi, atau kemoterapi untuk mengobati tumor atau kanker juga dapat memengaruhi kesuburan.

7. Ketidakseimbangan hormon

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi hormon testosteron (dailyburn.com)

Ternyata, seorang laki-laki juga bisa mengalami infertilitas akibat ketidakseimbangan hormonal. Ini merupakan kondisi di mana terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon dalam darah.

Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh hormon testosteron yang rendah. Selain itu, kemungkinan adanya kelainan yang dapat memengaruhi sistem hormonal lain termasuk hipotalamus, hipofisis, tiroid, dan kelenjar adrenal bisa berdampak pada kesuburan pria.

Baca Juga: Sering Diremehkan, 8 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Membuat Mandul

8. Kelainan kromosom

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi kromosom (genome.gov/National Human Genome Research Institute)

Menurut keterangan dari The Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development, sperma membawa setengah dari DNA ke sel telur. Perubahan jumlah dan struktur kromosom dapat memengaruhi kesuburan. Misalnya, kromosom Y laki-laki mungkin hilang sebagian.

Gangguan bawaan seperti sindrom Klinefelter, di mana seorang laki-lahir lahir dengan kromosom X dan satu kromosom Y (bukan satu X dan satu Y), menyebabkan perkembangan abnormal pada organ reproduksi. Sindom genetik lain yang terkait dengan infertilitas termasuk fibrosis kistik dan sindom Kallmann.

9. Obat-obatan tertentu

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Terapi penggantian testosteron, penggunaan steroid anabolik jangka panjang, pengobatan kanker (kemoterapi), beberapa obat mag, beberapa obat artritis, dan obat tertentu lainnya dapat mengganggu produksi sperma dan menurunkan kesuburan laki-laki.

10. Riwayat operasi

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada PriaIlustrasi Operasi. unsplash.com/@darksidoo

Beberapa operasi bisa mencegah adanya sperma saat ejakulasi, termasuk vasektomi, operasi skrotum atau testis, operasi prostat, dan operasi perut besar yang dilakukan untuk kanker testis dan rektal.

11. Masalah saat berhubungan seksual

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi masalah dalam hubungan seks. (freepik.com/wavebreakmedia_micro)

Masalah ini berupa kesulitan menjaga atau mempertahankan ereksi yang diperlukan untuk seks (disfungsi ereksi), ejakulasi dini, hubungan seks yang menyakitkan, kelainan anatomi seperti memiliki lubang uretra di bawah penis (hipospadia), atau masalah psikologis atau konflik dalam hubungan yang berdampak pada kehidupan seksual.

12. Faktor lingkungan

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi pria ketergantungan alkohol (freepik.com/jcomp)

Maksudnya adalah paparan berlebihan terhadap faktor lingkungan tertentu, seperti pestisida dan bahan kimia lainnya, dan radiasi. Rokok, alkohol, mariyuana, steroid anabolik, minum obat untuk mengobati infeksi bakteri, serta tekanan darah tinggi dan depresi juga dapat memengaruhi kesuburan.

Terlalu sering terpapar panas, seperti di sauna atau bak air panas, dapat meningkatkan suhu tubuh dan dapat memengaruhi produksi sperma.

13. Penyakit celiac

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi penyakit celiac (diabetes.co.uk)

Penyakit celiac adalah gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh kepekaan terhadap protein yang ditemukan dalam gandum, yang disebut gluten. Kondisi ini bisa menyebabkan infertilitas pada laki-laki. Namun, kabar baiknya masalah ketidaksuburan ini bisa membaik setelah menjalankan diet bebas gluten.

14. Kecacatan tubulus yang mengangkut sperma

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada PriaIlustrasi pria yang sedang tertekan. (pexels.com/Inzmam Khan)

Ada banyak tabung yang membawa sperma. Mereka bisa tersumbat karena berbagai penyebab, seperti cedera akibat operasi, infeksi sebelumnya, trauma atau perkembangan abnormal, seperti fibrosis kistik atau kondisi turunan turunan serupa.

Penyumbatan dapat terjadi pada semua tingkat, termasuk di dalam testis, di saluran di dalam testis, epididimis, vas deferens, dan di dekat saluran ejakulasi atau di uretra.

Faktor risiko ketidaksuburan pada laki-laki

Bikin Khawatir, Ini 14 Penyebab Kemandulan pada Priailustrasi pemeriksaan dokter (freepik.com/jcomp)

Faktor risiko infertilitas pada laki-laki dan perempuan banyak yang serupa, termasuk:

  • Usia. Laki-laki usia di atas 40 tahun mungkin kurang subur dibandingkan usia yang lebih muda
  • Penggunaan tembakau. Merokok tembakau maupun mariyuana bisa menurunkan peluang terjadinya kehamilan. Rokok juga dapat menurunkan efektivitas perawatan kesuburan. Selain itu, rokok juga meningkatkan risiko disfungsi ereksi dan jumlah sperma
  • Konsumsi alkohol, yang mana konsumsinya yang terlalu berlebihan dapat menurunkan jumlah sperma dan motilitasnya
  • Kelebihan berat badan, yang mana ini bisa berdampak pada jumlah sperma
  • Kurang berolahraga, yang mana ini bisa menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko ketidaksuburan
  • Terpapar racun
  • Penggunaan obat-obatan terlarang
  • Suhu testis terlalu tinggi
  • Mengalami trauma pada testikel
  • Pernah menjalani vasektomi sebelumnya atau operasi perut atau panggul besar
  • Lahir dengan gangguan kesuburan
  • Konsumsi obat-obatan atau terapi tertentu, seperti operasi atau radiasi sebagai terapi kanker

Itulah berbagai penyebab kemandulan pada pria. Laki-laki sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksakan kesuburan bila sudah setahun menikah tetapi belum terjadi kehamilan, khususnya bila mengalami satu atau beberapa kondisi di atas.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Menjaga Supaya Sperma Tetap Subur, Kental dan Prima!

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya