Comscore Tracker

7 Cara Mengobati Batu Empedu, Tidak Harus Operasi

Yang terbaik, tetap konsultasikan dengan dokter

Batu empedu ialah endapan keras yang terbentuk di kantung empedu. Terdapat dua jenis batu empedu, yaitu:

  • Batu empedu kolesterol, yang terdiri dari kelebihan kolesterol.
  • Batu empedu pigmen, yang terdiri dari kelebihan bilirubin.

Batu empedu ditandai dengan rasa sakit yang tajam dan intens di bagian kanan atas perut. Rasa sakit ini dapat menyebar ke punggung hingga tulang belikat. Gejala lainnya termasuk mual, muntah, tinja berwarna terang atau abu-abu, dan diare.

Pengobatan utama untuk batu empedu adalah pembedahan. Namun, terdapat pilihan lainnya untuk mengobati batu empedu. Baca terus untuk mengetahui apa saja pengobatan untuk batu empedu.

1. Dandelion

7 Cara Mengobati Batu Empedu, Tidak Harus Operasiilustrasi dandelion (pixabay.com/Michael Schwarzenberger)

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, dandelion telah lama digunakan secara tradisional untuk mengobati masalah kantung empedu, hati, dan saluran empedu. Diyakini bahwa akar dandelion yang pahit dapat merangsang produksi empedu di kantung empedu.

Kamu bisa mendapatkan teh dan suplemen dandelion di toko kesehatan dan online. Namun, penderita batu empedu, masalah kantung empedu, atau masalah ginjal harus berbicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

2. Milk thistle

Sebuah penelitian dalam Journal of Pharmaceutical and Biomedical Analysis menyebut bahwa milk thistle telah digunakan secara medis untuk detoksifikasi hati selama berabad-abad. Kendati mungkin mendukung hati dan kantung empedu, tetapi tidak ada penelitian yang mengevaluasi efeknya pada batu empedu.

Kamu bisa mengonsumsi milk thistle dalam bentuk kapsul, tablet, atau tonik. Orang dengan diabetes, alergi rumput-rumputan, atau riwayat kanker yang sensitif terhadap hormon harus mendiskusikan penggunaan milk thistle dengan dokter terlebih dahulu.

3. Akupunktur

7 Cara Mengobati Batu Empedu, Tidak Harus Operasiilustrasi akupuntur (pixabay.com/massagenerds)

Akupunktur mampu meredakan gejala batu empedu, meskipun penelitiannya sangat terbatas. Dalam satu penelitian yang dirilis dalam jurnal Zhen Ci Yan Jiu terhadap 60 orang dengan kolesistitis atau radang kantung empedu, akupunktur ditemukan mampu meringankan sakit punggung, sakit perut, dan mual, sambil mengatur volume kantung empedu.

Perlu dicatat bahwa penelitian ini hanya meredakan gejala. Masih belum jelas apakah akupunktur dapat membantu mengeluarkan batu empedu.

Baca Juga: Kanker Kantung Empedu: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

4. Obat-obatan

Dokter sering meresepkan dua asam empedu untuk melarutkan batu empedu yang lebih kecil, yaitu:

  • Asam ursodeoksikolat.
  • Asam chenodeoxycholic.

Sebuah penelitian lampau dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menyebutkan bahwa asam ursodeoksikolat membantu mencegah pembentukan batu empedu pada orang dengan kelebihan berat badan yang mengikuti pola makan sangat rendah kalori. Dengan obat-obatan ini, mungkin perlu waktu hingga dua tahun untuk mengobati batu empedu. Batu empedu mungkin terbentuk kembali jika pasien berhenti minum obat.

5. Pembedahan

7 Cara Mengobati Batu Empedu, Tidak Harus Operasiilustrasi pembedahan (unsplash.com/National Cancer Institute)

Operasi pengangkatan kantung empedu dapat mengobati batu empedu. Kantung empedu tidak diperlukan untuk kelangsungan hidup, dan pada kebanyakan orang, tubuh mampu mengompensasi hilangnya kantung empedu.

Diterangkan dalam laman Healthline, operasi pengangkatan batu empedu dikenal sebagai kolesistektomi dan memastikan bahwa batu empedu tidak akan terbentuk kembali. Pengangkatan kantung empedu memiliki efek samping minimal.

6. Memperbaiki pola makan

Sebuah studi yang dimuat dalam The American Journal of Medicine tahun 2006 melaporkan bahwa perempuan yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki risiko lebih rendah untuk operasi pengangkatan kantung empedu dibandingkan perempuan yang makan sedikit buah dan sayuran.

Pola makan seimbang yang mencakup berbagai buah dan sayuran dapat membantu meningkatkan kesehatan kantung empedu dan mengurangi risiko batu empedu. 

Sementara itu, beberapa makanan yang dapat memperburuk kantung empedu termasuk:

  • Telur.
  • Gula.
  • Makanan tinggi lemak jenuh.
  • Makanan pemicu alergi.

7. Jus apel

7 Cara Mengobati Batu Empedu, Tidak Harus Operasiilustrasi jus apel (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Beberapa orang percaya bahwa jus apel dapat mengobati batu empedu dengan melunakkan batu empedu dan membantu mengeluarkan batu tersebut. Klaim ini menyebar setelah sebuah laporan yang diterbitkan pada tahun 1999 di jurnal The Lancet, yang menjelaskan bahwa seorang perempuan berhasil mengeluarkan batu empedunya dengan minum jus apel. Sayangnya, tidak ada studi ilmiah yang mendukung klaim ini.

Selain itu, ingatlah bahwa minum banyak jus buah tidak sehat untuk orang dengan masalah diabetes, hipoglikemia, sakit maag, dan kondisi lainnya. Terlebih jika jus ini diberi gula tambahan.

Meskipun ada beberapa herbal yang diklaim dapat mengobati batu empedu secara alami, tetapi yang terbaik adalah membicarakan kondisimu dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan pilihan terbaik yang dapat kamu coba terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Cara untuk Cegah Cholelithiasis atau Batu Empedu

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya