Comscore Tracker

Mudah Ditemukan, 5 Minuman Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Bikin sehat juga lho

Orang dengan diabetes perlu berhati-hati dalam menerapkan pola makan untuk mencegah fluktuasi kadar gula darah. Bukan hanya itu, bahkan minuman juga dapat memengaruhi kadar gula darah orang dengan diabetes.

Secara umum, penderita diabetes harus menghindari konsumsi minuman yang mengandung gula karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba yang berbahaya bagi penderita diabetes. Untuk itu, minuman yang aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes adalah yang memiliki kalori dan karbohidrat rendah.

Melansir dari healthline dan medical news today, di bawah ini adalah sejumlah minuman yang aman dikonsumsi bagi orang dengan diabetes karena tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

1. Air putih

Mudah Ditemukan, 5 Minuman Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetesthehealthy.com

Air adalah pilihan terbaik bagi penderita diabetes untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebab, air tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Sebaliknya, minum air yang cukup dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Institute of Medicine merekomendasikan laki-laki untuk minum air putih sebanyak 13 gelas sehari, sementara perempuan sebanyak 9 gelas per hari.

2. Teh hijau

Mudah Ditemukan, 5 Minuman Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabeteshealthline.com

Banyak penelitian telah menunjukkan berbagai manfaat teh hijau bagi kesehatan. Salah satunya adalah membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya bagi tubuh dan menurunkan risiko diabetes.

Tapi, untuk mendapatkan manfaat ini, jangan menambahkan pemanis pada teh. Sebagai gantinya, untuk meningkatkan cita rasa dan aroma, kamu bisa menambahkan irisan lemon pada seduhan teh.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman dengan Indeks Glikemik Tinggi, Jangan Berlebihan

3. Susu rendah lemak

Mudah Ditemukan, 5 Minuman Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita DiabetesUnsplash.com/Brian Suman

Susu mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh, sayangnya minuman ini mengandung tinggi karbohidrat yang tidak baik bagi penderita diabetes. Untuk itu, pilihlah susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim. Selain itu, batasi konsumsi susu sebanyak maksimal 2 gelas per hari. Penting diingat untuk menghindari susu kedelai lantaran minuman ini mengandung karbohidrat yang tinggi.

4. Kopi hitam

Mudah Ditemukan, 5 Minuman Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita DiabetesHealth.harvard.edu

Satu sajian kopi hitam mengandung tidak lebih dari 5 g karbohidrat atau 20 kalori, dan tidak akan meningkatkan gula darah, sehingga aman untuk orang dengan diabetes. Akan tetapi, penderita diabetes dilarang menikmati kopi dengan tambahan gula atau krimer, sebab bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat yang akan memengaruhi kadar gula dalam darah. Sebagai pengganti, tambahkan susu skim untuk menambah cita rasa.

5. Jus sayuran

Mudah Ditemukan, 5 Minuman Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetesnetdoctor.co.uk

Kebanyakan buah mengandung tinggi glukosa yang tidak baik bagi penderita diabetes. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat jus dari sayuran karena bahan makanan ini umumnya mengandung kalori yang sangat rendah. Sehingga, jus sayuran tidak akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.

Selain aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, minuman tersebut juga merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin terhindar dari diabetes.

Baca Juga: Cara Membuat Bir Kotjok, Minuman Halal yang Menyehatkan Badan

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You