Comscore Tracker

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Kalau ada yang murah, kenapa harus yang mahal?

Memiliki kulit yang sehat merupakan dambaan semua orang. Bahkan, kebanyakan orang rela mengeluarkan budget lebih, demi mendapatkan kulit yang bersih, sehat dan kencang.

Namun, bagi sebagian orang yang ingin menghemat pengeluaran, tetapi juga pengen kulit yang sehat, tak perlu khawatir kok! Kamu bisa mencari alternatif lain, seperti menggunakan bahan herbal dari alam yang lebih gampang dan murah untuk kulitmu.

Bahan herbal, ternyata tidak kalah hebatnya dengan produk perawatan dan kecantikan yang dijual dipasaran, lho. Kamu hanya membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Dilansir dari Dr Health Benefits, berikut rekomendasi bahan herbal yang harus kamu ketahui untuk menjaga kesehatan kulit. Disimak sampai habis ya!

1. Lidah buaya

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi tanaman lidah buaya (freepik.com/Racool_studio)

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang mudah kita jumpai. Selain dijadikan tanaman hias, lidah buaya juga sering dijadikan sebagai olahan makanan maupun obat tradisional.

Biasanya, gel dari lidah buaya dimanfaatkan orang untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga, serta juga mengobati luka bakar pada kulit. Selain itu, serat yang terkandung pada lidah buaya, memiliki peran untuk menghidrasi kulit dan menjaganya tetap elastis.

2. Bunga chamomile

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi bunga chamomile (pexels.com/Sebastian Sørensen)

Tahukah kamu, selain dapat dikonsumsi sebagai teh herbal, ternyata bunga chamomile juga bisa digunakan sebagai toner untuk kulit, lho. Bunga ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih serta melembabkan kulit yang kering.

Berikut ini cara pembuatan facial toner dari bunga chamomile, seperti yang dilansir dari marymakesgood.com.

  • Pertama sediakan beberapa bunga chamomile, air dan kapas.
  • Rebuslah bunga chamomile selama beberapa menit.
  • Pindahkan ke wadah yang lain, lalu dinginkan.
  • Selanjutnya bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air.
  • Oleskan toner bunga chamomile dengan menggunakan kapas secara merata pada wajah.

3. Daun kemangi

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi daun kemangi (pexels.com/pixabay)

Tidak beda jauh dengan khasiat yang dimiliki oleh bunga chamomile, daun kemangi juga mengandung senyawa aktif yang mampu mendetoksifikasi kulit dari mikroba jahat dan racun. Kamu bisa memanfaatkan daun kemangi sebagai teh herbal maupun sebagai facial toner pembersih wajah.

Caranya hanya dengan merebus daun kemangi, lalu air rebusannya dioleskan ke kulit wajah. Bagaimana, cukup mudah dan gampang, bukan?

Baca Juga: Bermanfaat, 5 Fakta Unik Tanaman Herbal di Sekitar Kita

4. Bunga lavender

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi bunga lavender (pexels.com/pixabay)

Bunga lavender memiliki banyak kegunaan. Misalnya dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman pengusir serangga, dan pengharum ruangan.

Selain itu, bunga lavender juga termasuk tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai macam gangguan. Adanya kandungan antiseptik yang dimiliki oleh bunga lavender, dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada kulit.

5. Kulit pisang

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi buah pisang (pixabay.com/Stevepb)

Pisang merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah dipercaya oleh orang zaman dulu sebagai ramuan tradisional. Pada kulit buahnya, memiliki kandungan antiseptik yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat gigitan serangga. Selain itu, kulit buah pisang juga dipercaya mampu merilekskan kulit dan terhindar dari peradangan.

Bila kamu mengalami kejadian buruk pada kulitmu seperti terkena gigitan serangga, segeralah ambil kulit pisang ini, lalu oleskan pada bekas gigitannya. Hal ini efektif mengurangi rasa gatal maupun nyeri pada kulit.

6. Bunga mawar

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi bunga mawar (pexels.com/Valeria Boltneva)

Bunga mawar adalah tanaman hias yang banyak dibudidayakan orang, karena memiliki warna yang indah dan beranekaragam. Selain memiliki kecantikan, bunga mawar juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Diantaranya dapat mengurangi munculnya masalah jerawat, melembabkan, meremajakan kulit serta membuat kulit lebih sehat dan elastis.

Cara penggunaan pun cukup mudah. Kamu bisa merendam beberapa lembar bunga mawar, lalu airnya bisa kamu gunakan sebagai toner untuk segala jenis kulit.

7. Biji kopi

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi biji kopi (pixabay.com/Danramirez)

Diantara kamu, pasti pernah menemukan produk perawatan dan kecantikan yang dijual di toko, berasal dari biji kopi, bukan? Ya, sudah menjadi rahasia umum bahwa biji kopi sering digunakan sebagai bahan perawatan untuk melindungi kulit.

Biji kopi yang sudah dihaluskan, memiliki tekstur yang sangat baik bila dijadikan sebagai scrub wajah. Scrub yang berasal dari biji kopi ini, memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati, menyegarkan wajah dan dapat melindungi dari masalah jerawat.

8. Tanaman ekor kuda

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi tanaman ekor kuda (unsplash.com/Alesah Villalon)

Tanaman ekor kuda sudah dipercaya oleh orang Romawi kuno sebagai obat herbal tradisional yang berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tanaman ini memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi kerutan wajah akibat paparan radikal bebas. Manfaat lainnya seperti dapat mengobati ruam, meredakan iritasi pada kulit, luka bakar dan lain-lain. Sekarang sudah banyak produk perawatan yang menggunakan tanaman ekor kuda ini. Wah, hebat sekali bukan?

9. Kunyit

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi kunyit (freepik.com/Wirestock)

Dilansir dari Healthline, kunyit mengandung senyawa antioksidan dan juga zat anti-inflamasi, lho. Keduanya memiliki peran penting untuk menjaga kulit agar tampak cerah dan lembut secara alami.

Selain itu, adanya senyawa kurkumin pada kunyit, dapat membantu menyembuhkan kulit dari luka dengan mencegah munculnya peradangan dan oksidasi, sehingga penyembuhannya lebih cepat dan efektif. 

10. Spirulina

10 Bahan Herbal yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulitilustrasi bubuk spirulina (pixabay.com/Nouchkac)

Dilansir dari Healthline, sebuah studi yang dilakukan di tahun 2019, menunjukkan bahwa spirulina mampu meningkatkan pertumbuhan sel fibroblas dermal. Sel ini bertanggung jawab dalam memproduksi kolagen untuk mengencangkan dan melembabkan kulit.

Selain dapat melembabkan kulit, spirulina juga mampu mencegah munculnya bibit-bibit jerawat, meredakan gangguan eksim dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Sebagai manusia, kita patut bersyukur karena alam sudah menyediakan segala kebutuhan yang kita inginkan. Tinggal bagaimana caranya kita dengan bijaksana memanfaatkan bahan-bahan yang ada tersebut. Bagaimana, bahan herbal apa yang akan kamu coba terlebih dahulu?

Baca Juga: Apakah Obat Herbal Bisa Tangani Batuk COVID-19 Varian Omicron?

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya