Comscore Tracker

Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Demi Terhindar dari Virus Corona

Tetap sehat ya!

Senin lalu (2/3/2020), Presiden Jokowi telah menetapkan dua warga Indonesia positif terjangkit virus corona. Hal ini sontak membuat masyarakat panik hingga melakukan berbagai usaha untuk antisipasi wabah virus corona. Bahkan usaha warga untuk menyetok masker hingga bahan pokok dilakukan. Padahal, selain melakukan hal itu, kamu bisa melakukan 5 langkah ini untuk mengatasi kekhawatiranmu pada wabah virus corona. Cek di bawah ini, dan segera lakukan!

1. Menjaga imun tubuh

Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Demi Terhindar dari Virus CoronaShutterstock/romul014

Kabarnya, jika dirimu memiliki imunitas yang baik, hal itu mampu menangkal virus corona. Dikutip dari alodokter.com, virus corona ini memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa. Nah, itu sebabnya kamu wajib banget menjaga imunitas tubuhmu dengan makan makanan bergizi, makan sayur dan buah, tak lupa vitamin tubuh. Pastinya, rajin berolahraga ya!

2. Sebagai antisipasi lakukan perlindungan ekstra

Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Demi Terhindar dari Virus CoronaShutterstock/encierro

Tak hanya imun tubuh yang harus kamu jaga, namun kamu memerlukan perlindungan ekstra. Perlindungan ekstra di sini adalah usahakan untuk menggunakan asuransi sebagai antisipasi. FWD Life, asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meluncurkan Manfaat Khusus tanpa biaya premi tambahan untuk nasabah polis asuransi individu FWD Life yang positif terdiagnosis dan terinfeksi oleh Novel Coronavirus (COVID-19). 

FWD Life berkomitmen untuk membantu semua nasabah dan keluarga mereka untuk merasa aman dan terjamin. “FWD Life mengambil langkah responsif untuk mengatasi kekhawatiran nasabah terkait situasi darurat yang mendunia. Manfaat khusus ini menunjukkan bagaimana pendekatan kami yang berfokus pada nasabah dan bagaimana asuransi sebagai sumber kekuatan untuk merayakan hidup bagi nasabah,” kata Direktur Utama FWD Life, Anantharaman Sridharan.

Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Demi Terhindar dari Virus CoronaIDN Times/FWD Life

Nasabah yang memiliki produk asuransi individu akan mendapatkan Manfaat Khusus Virus Corona COVID-19 selama periode 1 Maret-31 Maret 2020. Beberapa Manfaat Khusus ini antara lain, Manfaat Tunai Harian Rp1 juta/hari, Manfaat Karantina Rp5 juta jika dicurigai terkena Virus Corona COVID-19 dan Manfaat Meninggal Tambahan untuk tertanggung sebesar Rp50juta. Selain itu, kamu juga bisa klaim secara online dan waktu persetujuan klaim secepat-secepatnya tiga jam.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung klik di sini ya!

3. Rajin cuci tanganmu

Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Demi Terhindar dari Virus CoronaShutterstock/memorypast bkk

Percaya atau nggak, ternyata rajin mencuci tanganmu lebih efektif dalam mencegah virus corona dibandingkan menggunakan masker. Kok bisa? Menurut Profesor Bidang Pengobatan dan Epidemiologi dari University of Iowa's College of Medicine, Eli Perencevich, justru tidak menganjurkan penggunaan masker N95, masker respirator, maupun masker lainnya. Ia lebih menganjurkan untuk rajin mencuci tanganmu demi lindungi dirimu dari potensi terjangkit virus corona.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan penggunaan masker pada orang yang sehat akan melindungi dari virus atau penyakit. Virus corona menimbulkan penyakit pernapasan tetapi bukan berarti virus tersebut hanya masuk ke tubuh kita melalui udara yang kita hirup. Virus corona bisa masuk melalui tangan yang terkontaminasi kemudian menyentuh mulut atau wajah. Jadi, jangan lupa cuci tangan sebelum menyentuh mulut atau wajah,” kata Perencevich seperti dikutip Forbes.com. 

Tuh, rajin-rajin mencuci tanganmu sebelum menyentuh wajah, hidung, mata dan mulutmu ya guys!

4. Tak hanya tubuh, barang-barang di sekitarmu juga harus bersih

Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Demi Terhindar dari Virus CoronaShutterstock/icosha

Setelah kamu membersihkan dirimu, ada baiknya jika kamu juga membersihkan barang-barang di sekitarmu. Salah satu barang yang ‘dekat’ banget dengamu adalah gadget kesayanganmu. Kamu bisa bersihkan barang tersebut dengan tisu basah atau antiseptik yang mengandung alkohol 70% sebagai bentuk antisipasi.

5. Berikan masker kepada orang yang sakit

Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Ini Demi Terhindar dari Virus CoronaShutterstock/Nitiphonphat

Seperti yang dijelaskan di poin ketiga, penggunaan masker pada orang sehat ternyata nggak begitu berpengaruh. Justru yang wajib menggunakan masker adalah orang yang sakit. Hal itu dilakukan guna mencegah penularan kepada orang-orang sekitarnya. WHO pun menyarankan agar penggunaan masker hanya jika seseorang memiliki gejala mencurigakan. 

"Gunakan masker hanya jika memiliki gejala pernapasan seperti batuk, bersin atau mencurigai infeksi 2019-nCoV dengan gejala ringan atau merawat seseorang yang diduga terinfeksi 2019-nCoV," tulis WHO dalam laman resminya. 

So, nyetok masker yang harganya selangit ternyata gak begitu berpengaruh jika kamu nggak rajin cuci tangan. Jadi, yuk jaga kesehatanmu!

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya