Comscore Tracker

5 Cara Singkat Mengecek Kesehatan Payudara, Gak Perlu Waktu Lama 

Deteksi dini sebelum terlambat!

Hai, girls, selain melakukan perawatan wajah, kamu sebaiknya juga menjaga bagian tubuh lainnya, misalnya payudara. Sayangnya, masih banyak dari kamu yang belum mengerti bagaimana cara memastikan kesehatan anggota badan satu ini. Padahal, sebetulnya kamu dapat melakukannya sendiri dengan mudah.

Sebelum terlambat, kamu dapat mengecek kesehatan payudaramu sendiri di rumah, lho. Bagaimana caranya? Langsung saja simak uraian lengkapnya berikut ini, yuk!

1. Berdirilah di depan cermin 

5 Cara Singkat Mengecek Kesehatan Payudara, Gak Perlu Waktu Lama Pixabay.com/ivanovgood

Pertama-tama, carilah cermin agak besar lalu berdirilah di depannya.Tegakkanlah kedua bahumu, kemudian mulailah mengecek kedua payudara mulai dari bentuk, ukuran, dan warnanya. Pastikan dengan detail apakah buah dadamu terdapat benjolan atau tidak.

2. Condongkan bahumu ke depan cermin

5 Cara Singkat Mengecek Kesehatan Payudara, Gak Perlu Waktu Lama Pixabay.com/StockSnap

Kalau berdiri saja belum yakin, kamu dapat berganti posisi dengan mencondongkan kedua bahumu. Dorong kedua sikumu ke belakang sehingga kedua buah dadamu membusung ke depan. Kemudian, amati apakah ada perubahan bentuk di area payudaramu.

Baca Juga: Waspada! 5 Gejala Kanker Payudara Kenali Tanda-tandanya Sedini Mungkin

3. Tekan payudaramu secara perlahan 

5 Cara Singkat Mengecek Kesehatan Payudara, Gak Perlu Waktu Lama Pexels.com/Min An

Telitilah bagian-bagian buah dadamu dan area di sekitarnya, seperti tulang selangka ke atas hingga ketiak samping payudara. Setelah itu, tekanlah secara perlahan permukaan payudaramu agar kamu bisa merasakan semua jaringan di dalamnya. Rasakan pula apakah ada benjolan di bagian bawah permukaannya atau tidak.

4. Periksalah cairan yang keluar dari puting susumu 

5 Cara Singkat Mengecek Kesehatan Payudara, Gak Perlu Waktu Lama Pixabay.com/N-Y-C

Kamu juga dapat mengecek kesehatan payudara melalui cairan yang keluar dari puting susumu. Amatilah cairan itu apakah berwarna bening, kuning, putih susu, kehitaman, hijau atau bahkan darah. Segera konsultasi ke dokter kalau cairan yang keluar berwarna selain bening dan putih susu.

5. Berbaringlah dan cek payudaramu kembali 

5 Cara Singkat Mengecek Kesehatan Payudara, Gak Perlu Waktu Lama Unsplash.com/Jacob Townsend

Saat berbaring, rabalah payudaramu kembali dengan menggunakan telapak tangan secara bergantian dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Pijatlah secara perlahan dengan menggunakan jari-jari kemudian lakukan gerakan melingkar di sekitar puting susu. Kalau gak ada benjolan atau mengeluarkan cairan aneh, kemungkinan kondisi payudaramu sehat.

 

Well, Sudah tahu, kan, cara memastikan kesehatan payudara? Mudah bukan? Jika kamu menemukan ketidaknormalan saat mengeceknya, segeralah berkonsultasi ke dokter. Jangan ragu untuk mencoba!

Baca Juga: Peduli Kesehatan Payudara dengan Pakai Wireless Bra, Super Nyaman!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya