Comscore Tracker

7 Tips Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah karena Sering Cuci Tangan  

Kulit tetap sehat meski pandemi virus corona melanda

Pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Mencuci tangan menjadi salah satu cara paling jitu untuk melindungi diri dan memutus penyebaran penyakit satu ini.

Namun, mencuci tangan juga punya masalahnya sendiri. Terlalu sering mencuci tangan berisiko membuat kulit menjadi kering, pecah-pecah, mengelupas, bahkan iritasi. Lapisan kulit terluar yang rusak membuat kulit rentan terkena infeksi. Untuk itu, berikut tujuh tips yang perlu kamu tahu dan terapkan!

1. Jangan mencuci tangan dengan air panas

7 Tips Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah karena Sering Cuci Tangan  Freepik/shayne_ch13

Kamu gak perlu air panas untuk mencuci tangan. Mengutip laman WebMD, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menyatakan bahwa temperatur tidak akan membuat kegiatan cuci tangan menjadi efektif. Air panas justru membuat kulitmu lebih gampang kering. Jadi, gunakan air biasa saja.

2. Pilihlah sabun yang lembut untuk kulit

7 Tips Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah karena Sering Cuci Tangan  Freepik/freepik

Bila memungkinkan, belilah sabun yang memiliki label mild, gentle, moisturizing, nourishing, hydrating, dan lain-lain. Produk dengan label ini biasanya bebas parfum dan bahan-bahan iritan lainnya, terutama bila kamu pemilik kulit kering dan sensitif. Pastikan kamu mencuci tangan dengan cara menggosoknya selama minimal 20 detik. 

3. Segera pakai losion atau krim tangan

7 Tips Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah karena Sering Cuci Tangan  Freepik/freepik

Setelah mencuci tangan dan mengeringkannya dengan cara ditepuk dengan handuk atau tisu, segera gunakan losion atau krim tangan. Sekalipun besar kemungkinan akan mencuci tangan lagi dalam waktu dekat, kamu tetap harus menggunakannya untuk menjaga kelembapan kulit.

Bila perlu, kamu bisa gunakan losion atau krim tangan sebelum tidur untuk menjaga kelembapannya semalaman. Sediakan losion atau krim tangan yang mudah dijangkau dari tempat cuci atau simpan di tasmu kalau kamu terpaksa harus bepergian.

Baca Juga: Waspada Corona, 6 Artis Dunia Ini Bikin Video Ajakan Cuci Tangan

4. Gunakan sarung tangan khusus untuk cuci piring, cuci baju, atau membersihkan rumah

7 Tips Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah karena Sering Cuci Tangan  Freepik/master1305

Untuk mengurangi terlalu sering kontak dengan detergen, coba pertimbangkan untuk menggunakan sarung tangan khusus saat mencuci piring, baju, atau membersihkan rumah. Ini bisa memberikan banyak perubahan pada kelembapan kulit dan kebersihan tanganmu juga.

5. Jangan garuk atau kelupas kulit

7 Tips Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah karena Sering Cuci Tangan  Freepik/freepik

Bila kulitmu terasa gatal atau tampak mengelupas, jangan menggaruk atau mengelupas kulitnya yang hampir lepas. Kamu hanya akan memperparah kondisi kulitmu bila menggaruk atau memaksa mengelupaskannya. Kalau sudah begini, kamu gak boleh melewatkan tahap melembapkan kulit dengan losion atau krim tangan.

6. Konsultasikan dengan dokter

7 Tips Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah karena Sering Cuci Tangan  Freepik/jcomp

Bila kondisi kulit keringmu makin mengkhawatirkan dengan munculnya kemerahan atau luka, segera konsultasikan dengan dokter. Kamu yang memiliki penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan lain-lain, juga perlu konsultasi dengan dokter untuk memilih jenis sabun dan krim tangan yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

7. Minum cukup air putih dan makan buah-buahan segar

7 Tips Kulit Gak Kering dan Pecah-pecah karena Sering Cuci Tangan  Freepik/freepik

Selain untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh, minum cukup air putih dan makan buah-buahan segar juga bisa bantu melembapkan kulitmu dari dalam. Vitamin dari buah-buahan segar juga bisa membuatmu lebih berstamina untuk aktivitas sehari-hari.

Nah, jangan sampai kamu jadi malas cuci tangan karena bikin kulitmu kering! Cuci tangan sangat penting dan gak boleh kamu lewatkan saat masa pandemi seperti ini. Mulai sekarang, biasakan untuk melembapkan kulit setelah cuci tangan, yuk!

Baca Juga: Bukan Cuma buat Cuci Tangan, Inilah 10 Kegunaan Unik Hand Sanitizer

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya