Comscore Tracker

5 Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Menari, Gak Hanya Menyenangkan

Sudah tahu belum?

Banyak yang tak menyangka bila menari memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik serta mental. Menari memang sering dikaitkan sebagai hobi dan kesukaan saja padahal hal ini merupakan salah satu jenis olahraga menyenangkan yang memiliki manfaat. Berikut 5 manfaat kesehatan yang tidak boleh kamu abaikan dalam menari, sudah tahu?

1. Bantu turunkan berat badan

5 Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Menari, Gak Hanya MenyenangkanPexels/Pixabay

Menari pun bisa menjadi salah satu cara dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena berbagai gerakan tarian terutama tarian dengan nada cepat akan membuat tubuh membakar kalori. Ya, saat menari kita butuh energi sehingga cadangan lemak di beberapa bagian tertentu akan digunakan sebagai energi dan akhirnya berat badanmu pun akan turun.

2. Fungsi otak meningkat

5 Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Menari, Gak Hanya MenyenangkanPexels/Keenan

Rajin menari pun akan membuat fungsi otakmu meningkat dan tentunya risiko penyakit pikun seperi dementia dan alzheimer bisa berkurang. Hal ini terjadi karena saat menari fungsi kognitif otak membaik dan kualitas sel saraf atau neuron pun menjadi meningkat. Maka jangan heran bila kamu mudah mengingat sesuatu ketika kebiasaan menari sering diterapkan.

3. Otot lebih kuat

5 Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Menari, Gak Hanya MenyenangkanPexels/Pixabay

Menari pun akan membuat otot lebih kuat terutama otot-otot di bagian paha, betis serta tangan tentunya karena bagian ini paling sering melakukan gerakan. Tentunya bentuk tubuhmu pun akan kian atletis dan kencang karena sering digerakkan. Awal-awal otot di beberapa bagian pastinya akan terasa sakit namun bila kebiasaan ini terus dilakukan lambat laun tentunya tubuhmu akan terbiasa dan tidak akan nyeri otot lagi.

Baca Juga: 13 Lagu Dansa yang Cocok Buat Resepsi Nikahmu, Makin Syahdu Deh!

4. Bebas depresi

5 Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Menari, Gak Hanya MenyenangkanPexels/Gratisography

Saat kamu tengah mengalami depresi dan stres maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan menari. Alunan suara musik disertai gerakan-gerakan menari akan membantumu mood-mu membaik dan ceria kembali. Ternyata hal ini ada hubungannya dengan kadar hormon endorfin yang kian naik ketika menari sehingga perasaan pun akan lebih rileks dan happy. So, saat stres coba saja kamu menari sambil mendengarkan alunan musik ceria.

5. Bantu tingkatkan keseimbangan tubuh

5 Manfaat Kesehatan Tak Terduga dari Menari, Gak Hanya MenyenangkanPexels/Shamra

Menari memang membuat otot-otot tubuh bergerak sehingga keseimbangan serta kelenturan tubuh pun menjadi meningkat. Hal ini tentunya baik karena postur tubuh akan membaik apalagi bila kamu sering menari dalam waktu yang cukup lama. Tidak hanya untuk anak muda tentunya menari pun sangat dianjurkan untuk orang tua agar tubuh kian seimbang serta bebas dari lordosis, skoliosis dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Trik Anti Malas Olahraga, Sehat Bonus Turunkan Berat Badan!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya