Comscore Tracker

5 Penyakit yang Bisa Mengintaimu Saat Sering Bermimpi Buruk

Memangnya mimpi bisa bikin sakit?

Saat mengalami mimpi buruk biasanya kita akan bangun dengan ketakutan bahkan tidak mau lagi kembali tidur meski tubuh sangat lelah. Ternyata mimpi buruk yang kita alami bisa saja merupakan salah satu indikasi bahwa kita sedang terkena suatu penyakit mental. Ini 5 penyakit yang bisa saja kita derita saat sering bermimpi buruk, sudah coba cari tahu?

1. Depresi

5 Penyakit yang Bisa Mengintaimu Saat Sering Bermimpi Burukoprah.com

Ternyata salah satu hal yang dapat menyebabkan kita terkena mimpi buruk adalah depresi. Saat depresi kita akan terus-menerus memikirkan masalah sampai berlarut-larut bahkan sampai akhirnya kita mengalami mimpi buruk. Hal ini jelas ada hubungannya dengan perasaan-perasaan takut, negatif hingga akhirnya mempengaruhi alam bawah sadar dan mimpi buruk pun tak terhindarkan.

2. Gangguan kecemasan

5 Penyakit yang Bisa Mengintaimu Saat Sering Bermimpi Buruktheladders.com

Gangguan kecemasan serius pasca traumatis berat seperti kecelakaan, kekerasan atau peperangan atau sering biasa disebut post traumatic stress disorder bisa juga menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk meskipun sudah terjadi bertahun-tahun yang lalu. Biasanya mimpi buruk itu terjadi karena ada hubungannya dengan ingatan traumatis di masa lalu. Saat tidur ingatan itu dapat mempengaruhi otak yang akhirnya menyebabkan mimpi buruk.

3. Sleep apnea

5 Penyakit yang Bisa Mengintaimu Saat Sering Bermimpi Buruknaturepedic.com/

Gangguan tidur ini merupakan suatu kondisi di mana saat tertidur pernapasan menjadi terhenti sehingga aliran oksigen menuju otak pun sangat minim. Akibatnya detak jantung pun menjadi lebih cepat dan diiringi napas yang tersengal-sengal. Gangguan pernapasan ini jelas akan membuatmu bangun secara refleks dan panik. Jika hal ini sering terjadi maka bisa saja kamu dapat mengalami mimpi buruk dan kualitas tidur pun menurun.

Baca Juga: Sering Bermimpi Buruk? Ini 5 Cara Mudah nan Ampuh Mengatasinya

4. Narkolepsi

5 Penyakit yang Bisa Mengintaimu Saat Sering Bermimpi Burukbesthealthmag.ca

Narkolepsi sendiri merupakan gangguan sel saraf di mana seseorang bisa tertidur di waktu dan tempat yang salah. Gangguan tidur kronis ini pun mampu membuat seseorang berhalusinasi saat tidur bahkan kelumpuhan. Seseorang yang memiliki penyakit narkolepsi biasanya memiliki mimpi buruk yang lebih nyata daripada orang-orang pada umumnya. Mereka berada di tengah-tengah antara keadaan bangun serta tidur sehingga mimpi buruk yang terjadi kerap terasa menakutkan dan nyata.

5. Dream anxiety disorder

5 Penyakit yang Bisa Mengintaimu Saat Sering Bermimpi Buruksleephub.com

Meskipun tidak selalu terjadi pada orang dewasa, biasanya saat kamu bermimpi buruk bisa jadi kamu sedang memiliki dream anxiety disorder atau syndrom mimpi buruk. Biasanya mimpi buruk ini terjadi begitu saja dan belum ada penjelasan masuk akal kenapa bisa terjadi. Bisa saja kamu sedang berpikiran sesuatu yang berlebihan hingga akhirnya alam bawah sadarmu merespon hal itu hingga kamu pun bermimpi buruk.

Yuk segera cek kesehatanmu jika sering bermimpi buruk karena bisa saja kesehatan mentalmu sedang kurang baik.

Baca Juga: 8 Penyebab Mimpi Buruk, Ternyata Masih Bisa Dicegah dan Dikontrol Lho!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You