Comscore Tracker

Jangan Sakit, Jaga Kondisi Tubuh Saat Hujan dengan 5 Tips Berikut!

Badan paling rentan sakit saat musim pancaroba ini

Saat musim hujan datang biasanya berbagai penyakit pun datang. Hal ini menyebabkan fisikmu kurang fit hingga akhirnya jatuh sakit. Berbagai bakteri dan virus penyebab infeksi memang kian berkembang dengan baik saat hujan. Oleh sebab itu kamu harus menjaga kesehatan tubuhmu dengan 5 cara di bawah ini misalnya!

1. Konsumsi suplemen vitamin

Jangan Sakit, Jaga Kondisi Tubuh Saat Hujan dengan 5 Tips Berikut!Pexels.com/Pixabay.com

Agar tetap sehat tubuhmu memerlukan asupan vitamin seperti vitamin C dan vitamin D. Kedua vitamin ini amat baik untuk menjaga daya tahan tubuhmu sehingga tentunya kamu gak akan mudah sakit. Konsumsi saja vitamin ini secara rutin sesuai yang dianjurkan dalam kemasan agar kamu selalu fit meski musim hujan datang.

2. Rutin membersihkan tubuh

Jangan Sakit, Jaga Kondisi Tubuh Saat Hujan dengan 5 Tips Berikut!Pexels.com/Jonathan Andrew

Kotoran dan keringat yang menempel di kulit merupakan sumber penyakit dan racun yang harus dibersihkan. Oleh sebab itu pastikan kamu selalu rajin mandi minimal 2 kali sehari supaya tubuhmu bersih bebas dari penyakit. Jika memang diperlukan pakai juga sabun antiseptik agar kamu terhindar dari sakit.

Baca Juga: 8 Jenis Sakit Perut dan Gejala yang Harus Diwaspadai

3. Hindari kontak dengan genangan air

Jangan Sakit, Jaga Kondisi Tubuh Saat Hujan dengan 5 Tips Berikut!Pexels.com/Mike

Genangan air yang berada di jalan tentunya merupakan genangan air hujan yang kotor. Sebisa mungkin hindari air kotor tersebut karena bisa menyebabkan berbagai penyakit datang seperti flu, kolera, diare bahkan infeksi jamur. Saat musim hujan berbagai virus dan bakteri memang sedang berkembang oleh sebab itu baiknya hindari agar kesehatanmu tidak terganggu.

4. Gunakan lotion anti nyamuk

Jangan Sakit, Jaga Kondisi Tubuh Saat Hujan dengan 5 Tips Berikut!thehealthsite.com

Saat musim hujan tentunya genangan air ada di mana-mana. Hal ini jelas berpotensi terjadinya jentik-jentik nyamuk demam berdarah dengue. Untuk mencegahnya pastikan kamu selalu memakai lotion anti nyamuk apalagi bila sedang berada di luar ruangan. Selain itu sebisa mungkin jangan ada genangan air di sekitar rumahmu supaya nyamuk demam berdarah tidak mengintaimu.

5. Konsumsi makanan yang bersih dan sehat

Jangan Sakit, Jaga Kondisi Tubuh Saat Hujan dengan 5 Tips Berikut!Pexels.com/Flo Dahm

Salah satu penyebab kamu gampang sakit bisa jadi dikarenakan kamu sering mengonsumsi makanan yang kurang bersih. Salah satu contohnya adalah makanan di tempat kaki lima. Gak bisa dibayangkan kan berapa banyak virus dan bakteri yang melekat di dalamnya terlebih saat musim hujan. Oleh sebab itu jika boleh memilih lebih baik hindari street food dan masak sendiri saja agar kesehatanmu terjaga.

Yuk jaga kebersihan tubuhmu dan pilihlah makanan yang bersih agar terhindar dari sakit saat musim hujan tiba!

Baca Juga: Kenali 7 Penyebab Sakit di Bagian Pelipis, dari Migrain hingga Tumor 

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You