Comscore Tracker

Diidap Artis Purwaniatun Sebelum Meninggal, Ini Gejala Kanker Rahim!

Merupakan salah satu kanker berbahaya pada wanita

Aktris yang selalu memerankan asisten rumah tangga, Purwaniatun meninggal pada Senin (23/3) setelah mengidap kanker rahim selama kurang tiga bulan. Dirinya telah menjalani operasi pada Januari lalu, sesaat setelah mendapatkan diagnosis. Akan tetapi kondisi aktris tersebut kian memburuk hingga harus menutup usia.

Kanker rahim adalah penyakit yang menyerang uterus, tempat pertumbuhan bayi pada tubuh wanita. Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit ini dimulai ketika sel-sel sehat membentuk lapisan di dinding rahim. Mereka kemudian tumbuh tak terkendali sehingga membentuk benjolan yang biasa disebut tumor. 

Untung saja, penyakit ini biasanya bisa dideteksi sejak awal karena menimbulkan gejala yang jelas. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Pendarahan tidak normal dari vagina

Diidap Artis Purwaniatun Sebelum Meninggal, Ini Gejala Kanker Rahim!cancer.gov

Gejala awal dari kanker rahim atau uterine cancer adalah pendarahan abnormal dari vagina. Misalnya terjadi di luar jadwal menstruasi, setelah berhubungan seksual, atau saat seseorang sudah menopause. Jenis pendarahan pun beragam. Mulai dari spotting, keluarnya darah yang cair, hingga yang sangat kental. 

Menurut laman Cancer.net, pada wanita yang masih muda, gejala ini juga bisa ditunjukkan melalui menstruasi yang terlalu banyak dan lama. Walaupun begitu, tidak semua jenis pendarahan menandakan kanker rahim. Untuk memastikannya, pasien harus memeriksakan diri ke dokter. 

Baca Juga: Ini 8 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Wanita

2. Timbulnya rasa sakit pada bagian panggul

Diidap Artis Purwaniatun Sebelum Meninggal, Ini Gejala Kanker Rahim!womenshealth.gov

Gejala berikutnya dari kanker rahim adalah munculnya rasa sakit atau nyeri di bagian panggul atau perut bawah. Gejala ini berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang merasakannya terus menerus dan ada pula yang merasakannya di saat-saat tertentu. 

Namun sering kali, kanker rahim menyebabkan wanita merasakan sakit saat berhubungan seksual dan buang air kecil. Ini karena sel kanker akan menekan bagian serviks dan saluran kemih.

3. Keputihan yang berbau

Diidap Artis Purwaniatun Sebelum Meninggal, Ini Gejala Kanker Rahim!health.com

Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada setiap wanita, bahkan yang telah menopause sekalipun. Namun kamu patut curiga jika cairan tersebut sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap. Terlebih lagi, jika warnanya merah muda, merah, atau kecokelatan. Ini artinya, ada masalah pada sistem reproduksi, termasuk adanya kemungkinan kanker rahim. 

Selain yang telah disebutkan, kanker rahim juga menimbulkan gejala lainnya, seperti berikut ini:

  • Tidak nafsu makan;
  • Timbulnya rasa lelah yang berlebihan;
  • Nyeri pada punggung, perut, dan kaki;
  • Berat badan turun drastis tanpa alasan;
  • Pembengkakan pada kaki. 

Penting bagi wanita untuk bisa mengidentifikasi dan tidak menyepelekan gejala-gejala di atas. Segeralah periksa ke dokter jika merasakannya. Jika memang benar kamu mengalami kanker rahim, setidaknya deteksi dini akan mempercepat proses penanganan. 

Baca Juga: 9 Pekerjaan Ini Berisiko Tinggi terhadap Kanker, Kenali Penyebabnya

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya