Comscore Tracker

Sampai Manakah Progres Pembuatan Vaksin Virus Corona? Ini Faktanya!

Kabarnya virus baru bisa tersedia 18 bulan ke depan

Virus corona atau yang sekarang dikenal sebagai Covid-19 telah mewabah selama lebih dari satu bulan. Per Selasa (18/2), virus corona ini telah menginfeksi lebih dari 73 ribu orang di berbagai negara. Korban meninggal yang disebabkannya pun telah mencapai 1.873 jiwa. 

Memang wabah ini telah berlangsung selama lebih dari sebulan. Namun hingga saat ini, belum terdengar kabar yang jelas mengenai vaksin yang bisa menangkalnya. Apakah vaksin tersebut benar-benar dibuat? Apa yang menyebabkan progresnya tidak jelas dan begitu lama? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Sudah ada beberapa perusahaan yang berusaha membuat vaksin

Sampai Manakah Progres Pembuatan Vaksin Virus Corona? Ini Faktanya!marketwatch.com

Industri vaksin dunia didominasi oleh perusahaan farmasi besar, seperti Pfizer, MSD, GlaxoSmithKline (GSK), Sanofi, dan Johnson & Johnson. Namun pada awal periode wabah, kelima perusahaan besar itu tidak tergerak untuk menciptakan vaksin. 

Ada dua alasan utama yang mendasarinya. Pertama, waktu yang didedikasikan untuk vaksin sangatlah lama. Kedua, biaya yang dibutuhkan pun tidak sedikit.

Melihat masalah ini, sebuah lembaga nonprofit bernama Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) turun tangan. Mereka mengumpulkan donasi untuk membiayai proses pembuatan vaksin. 

Sekarang, sudah ada beberapa perusahaan farmasi yang tergerak untuk melakukannya. Perusahaan yang bekerja sama dengan CEPI adalah GSK bersama dengan Melbourne’s Doherty Institute dari Australia. Sedangkan pihak lain yang juga turun tangan adalah Medigen Vaccine Biologics Corp dan National Institute of Health (NIH).

Baca Juga: Virus Corona: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegahnya

2. WHO mengekspektasikan proses pembuatan vaksin memakan waktu 18 bulan

Sampai Manakah Progres Pembuatan Vaksin Virus Corona? Ini Faktanya!dw.com

World Health Organization (WHO) pada Selasa lalu (11/2) mengatakan bahwa vaksin kira-kira akan tersedia 18 bulan lagi. Itu adalah waktu yang singkat karena biasanya pembuatan vaksin memakan waktu bertahun-tahun. 

Menurut pernyataan dari WHO, saat ini sudah ada lebih dari 400 peneliti dari seluruh dunia yang terlibat dalam proses tersebut. Terlebih lagi, dengan perkembangan teknologi baru saat ini, diharapkan vaksin bisa lebih cepat ditemukan. 

3. Pembuatan vaksin bukanlah hal yang mudah, ada banyak tantangan yang menghadang

Sampai Manakah Progres Pembuatan Vaksin Virus Corona? Ini Faktanya!inquirer.com

Menurut laman Science Alert, progres dari CEPI, GSK, dan Melbourne’s Doherty Institute telah mencapai tahap isolasi virus dan penentuan karakteristiknya. Proses tersebut masih berada di tahap awal. 

Masih ada tahap lainnya sebelum vaksin siap diberikan kepada manusia. Mulai dari pembuatan antivirus, pembuatan model hidup untuk menguji vaksin hingga pengujian klinis. 

Vaksin bukanlah hal yang bisa diciptakan hanya dalam semalam. Butuh tenaga, waktu, dan pikiran yang kompleks untuk menyelesaikannya. Walaupun begitu, jika hal-hal berjalan sesuai dengan rencana, vaksin bisa lebih cepat diciptakan.

Terlebih lagi, para peneliti sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengatasi virus-virus berbahaya seperti ini. Semoga vaksin segera selesai dan wabah bisa cepat dihentikan, ya!

Baca Juga: Korban Virus Corona Naik, tapi Ini Alasan Kita Gak Perlu Terlalu Panik

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya