Comscore Tracker

Kesha Ratuliu Diduga Idap Tumor Payudara, Ini Sebab dan Pengobatannya!

Tumor payudara bisa menjadi ganas dan disisipi sel kanker

Artis Kesha Ratuliu baru saja menyatakan bahwa dirinya terdiagnosis tumor payudara melalui unggahan Instagram Story-nya. Di sana ia menyertakan foto hasil USG payudara yang terlihat memiliki lingkaran hitam di sekelilingnya. Dokter menyatakan bahwa kemungkinan itu adalah tumor atau kista. 

Tumor payudara adalah kondisi yang bisa menyerang semua wanita. Menurut laman Breastcancer.org, penyakit ini memiliki statistik yang sama dengan kanker payudara, yaitu terjadi pada satu dari delapan wanita. Yang membedakan, jenisnya beragam. Mulai dari yang jinak hingga yang ganas.

Lalu apa penyebab dari tumor payudara? Bagaimana cara mengobatinya jika kita mengidap penyakit tersebut? Berikut ini penjelasan selengkapnya!

1. Penyebab tumor payudara jinak

Kesha Ratuliu Diduga Idap Tumor Payudara, Ini Sebab dan Pengobatannya!healthline.com

Tumor payudara jinak ditandai dengan munculnya benjolan yang lembut dan terasa cair. Kondisi ini memiliki penyebab yang beragam berdasarkan jaringan yang diserang. Berikut ini di antaranya:

  • Tumor karena kista: disebabkan karena penyumbatan kelenjar minyak di payudara;
  • Abses: disebabkan oleh peradangan jaringan karena infeksi bakteri;
  • Adenoma: disebabkan oleh pertumbuhan jaringan glandular di payudara;
  • Intraductal papilloma: disebabkan oleh pertumbuhan kutil di saluran payudara;
  • Lipoma: disebabkan oleh rusaknya kelenjar lemak di payudara.

Pada umumnya, tumor yang jinak bisa disembuhkan dengan lebih mudah. Sebab kondisi tersebut memiliki kemungkinan yang kecil untuk menjadi kanker. 

Baca Juga: Ini 8 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Wanita

2. Penyebab tumor payudara ganas

Kesha Ratuliu Diduga Idap Tumor Payudara, Ini Sebab dan Pengobatannya!zdrowie.dziennik.pl

Lalu bagaimana dengan tumor yang ganas? Kondisi tersebut disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker di jaringan payudara. Pada umumnya, benjolan terasa lebih keras dan sulit untuk digerakkan. Terdapat sejumlah faktor risiko yang bisa menjadi pemicu. Berikut ini di antaranya:

  • Faktor genetik;
  • Pertumbuhan hormon yang tidak normal;
  • Konsumsi pil KB yang berlebihan;
  • Kebiasaan begadang;
  • Obesitas;
  • Menopause. 

3. Cara mengobati tumor payudara

Kesha Ratuliu Diduga Idap Tumor Payudara, Ini Sebab dan Pengobatannya!medicalnewstoday.com

Terdapat sejumlah pengobatan untuk tumor payudara. Untuk metode alami, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang terbuat dari kunyit, teh hijau, bawang putih, ginseng, dan bunga echinacea. Selain itu, terdapat pantangan yang perlu kamu perhatikan. Sebaiknya, hindari makanan yang tinggi akan lemak, makanan asin, daging olahan, dan makanan yang diasap.

Perlu diketahui bahwa pengobatan alami ini tidak cukup efektif untuk menghambat pertumbuhan tumor. Namun kamu bisa melakukannya sebagai cara untuk mempercepat penyembuhan

Sedangkan cara yang efektif untuk mengobati tumor payudara adalah melalui prosedur medis. Untuk tumor yang jinak, dokter akan menyarankan pengangkatan tumor melalui operasi. Sedangkan untuk tumor yang ganas, dokter akan menambahkan kemoterapi dan kemoradiasi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Tumor payudara adalah penyakit yang bisa dideteksi sejak dini. Jika kamu menemukan adanya benjolan di payudara, sebaiknya segera periksa ke dokter. Dengan begitu, penyakit bisa diidentifikasi sejak dini.

Baca Juga: Pekerja Shift Malam Lebih Rentan Kena Kanker Payudara, Ini Risetnya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya