Comscore Tracker

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!

Walau belum menyebar luas, ada baiknya untuk bersiap

Setelah mewabah lebih dari dua bulan, virus corona atau COVID-19 resmi memasuki Indonesia. Per hari Senin (2/3), Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengumumkan kasus pertama yang ditemukan, yaitu pada seorang ibu (64) dan putrinya (31) yang berasal dari Depok, Jawa Barat. 

Penyakit ini memang belum dinyatakan menjadi pandemi. Namun ada baiknya segera bersiap untuk semua kemungkinan terburuk. Berikut ini sepuluh hal yang perlu kamu siapkan untuk menghadapi wabah virus corona!

1. Segeralah melakukan vaksin flu

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!singlecare.com

Hal ini memang tidak akan melindungimu dari virus corona. Namun, menurut laman New York Times, vaksin flu bisa mencegah komplikasi virus tersebut, yaitu pneumonia. Selain itu, langkah ini juga akan membantu memperkuat sistem imun dari serangan penyakit. 

2. Penuhi stok suplemen dan vitamin untuk dikonsumsi sehari-hari

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!abcnews.com

Untuk menghadapi serangan virus corona, langkah preventif yang paling tepat adalah dengan menjaga kesehatan. Maka dari itu, pastikan kamu telah menyediakan suplemen dan vitamin di rumah. Jangan lupa untuk mengonsumsinya setiap hari. Jika tubuhmu sehat, risiko untuk terserang virus pun semakin rendah.

3. Jangan lupa memenuhi stok makanan di rumah

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!indiatimes.com

Memang kasus virus corona di Indonesia masih sedikit. Namun gak ada salahnya untuk selangkah lebih maju dengan mempersiapkan diri ketika kita tidak bisa keluar rumah lagi.

Penuhi stok makananmu terutama beras, lauk pauk, buah, sayur, serta makanan lainnya. Tak lupa pula air mineral. Dengan begitu, ketika keadaan semakin genting, kamu sudah ada persiapan. 

4. Persiapkan alat-alat kebersihan tubuh

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!pngio.com

Salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan selalu menjaga kebersihan, terutama tangan. Maka dari itu, penting untuk segera membeli sabun cuci tangan, cairan desinfektan, hand sanitizer, tisu, dan lain-lain. Gak ada salahnya untuk membeli dalam jumlah banyak untuk berjaga-jaga. 

5. Persiapkan masker untuk dipakai ketika kamu sedang sakit

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!wsj.net

Virus corona sebenarnya lebih menular melalui cairan tubuh dan kontak langsung. Jadi, masker kesehatan tidak cukup efektif untuk mencegah penularan. Namun untuk berjaga-jaga, kamu harus tetap mempersiapkan masker kesehatan untuk digunakan ketika sedang sakit dan harus keluar rumah. 

Baca Juga: Belum Tentu Terjangkit, Ini Arti Istilah Suspek dalam Virus Corona

6. Selalu menjaga higienitas diri sendiri

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!fakt.pl

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menjaga higienitas atau kebersihan diri. Berikut ini di antaranya yang bisa mencegah pencegahan virus corona:

  • Selalu mencuci tangan dengan air dan sabun kapan pun kamu merasa perlu. Baik sebelum makan, setelah makan, setelah dari toilet, hingga setelah bersalaman dengan orang lain;
  • Tutupi hidung dan mulut ketika bersin menggunakan siku atau tisu. Jika kamu memakai tisu, kamu harus langsung membuangnya;
  • Hindari memegang mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak bersih;
  • Selalu menjaga kebersihan barang-barang yang kamu gunakan, termasuk gadget, meja, gagang pintu, dan lain-lain.

7. Praktikkan social distancing atau jauhi orang lain untuk alasan kesehatan

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!vox.com

Jika kamu adalah orang yang selalu melakukan kontak dengan banyak orang, gak ada salahnya untuk melakukan social distancing, yaitu menjauhkan diri dari orang lain. World Health Organization (WHO) menyarankan agar kita menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain. Itu adalah jarak yang dinilai aman terhindar dari virus yang menyebar melalui cairan tubuh. 

8. Bersiap-siap untuk menghadapi “virus hoaks”

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!stophoax.id

Hal yang lebih mengkhawatirkan daripada virus corona adalah “virus hoaks”. Maksudnya, informasi-informasi melenceng yang muncul mengenai wabah penyakit tersebut. Hingga saat ini, sudah banyak hoaks dan mispersepsi tentang virus corona. 

Untuk menghadapinya, kamu gak boleh mudah percaya dengan segala informasi yang beredar. Pastikan kamu memverifikasinya terlebih dahulu sebelum percaya dan menyebarkannya. 

9. Apa yang harus dilakukan ketika anggota keluarga memiliki gejala virus corona?

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!parent.com

Gejala virus corona meliputi hidung berair, pusing, batuk, demam, hingga sakit tenggorokan. Sangat mirip dengan flu biasa. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan jika kamu atau orang di sekitarmu mengalaminya:

  • Segeralah periksa ke dokter, jangan tunggu kondisi semakin memburuk. Terutama jika suhu tubuhmu di atas 38 derajat celsius;
  • Orang yang mengalami gejala harus selalu menggunakan masker yang dianjurkan;
  • Jika orang sekitarmu yang mengalaminya, kamu harus menjaga kesehatan dan kebersihan terutama setelah melakukan kontak;
  • Berikan peralatan yang terpisah untuk orang yang terinfeksi, termasuk alat makan, baju, sprei, dan lain sebagainya.

10. Persiapkan diri untuk bekerja di rumah

Indonesia Positif Virus Corona, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan!onlinecashjobs.com

Jika wabah semakin meluas dan gawat, kamu harus bersiap-siap untuk tidak keluar rumah sampai keadaan kondusif. Pastikan untuk mendiskusikannya dengan atasan di kantor mengenai pentingnya langkah ini. Jika kamu adalah siswa atau mahasiswa, sebaiknya bicarakan hal ini dengan guru dan dosen sehingga kegiatan belajar mengajar bisa ditunda atau dilakukan secara online

Kondisi virus corona di Indonesia memang masih tergolong kondusif jika dibandingkan dengan negara lain. Namun tidak ada yang menjamin seberapa luas dan jauh virus bisa menyebar.

Penting untuk siap-siap terhadap kondisi terburuk, tapi kita tidak perlu panik berlebihan karena virus corona ini. Ingat, hal yang paling penting adalah jaga kesehatan dan kebersihan dirimu. Semoga virus segera ditangani dan tidak berdampak luas. 

Baca Juga: Virus Corona: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegahnya

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya