Comscore Tracker

5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Disadari!

Bisa menghilangkan racun juga!

Banyak orang yang menahan tangis karena tidak ingin dianggap lemah dan tidak berdaya. Apalagi setelah lama menangis mata akan menjadi bengkak dan merah. Padahal, menangis merupakan salah satu reaksi normal ketika seseorang mengalami gangguan emosional seperti marah, bersedih, atau juga bahagia.

Menangis juga dapat membuat perasaan menjadi lebih nyaman dan lega lho. Berikut beberapa manfaat menangis bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui!

1. Membersihkan mata dan membunuh bakteri

5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Disadari!Freepic/Diller

Menangis dapat membantu membersihkan dan menjaga mata dari berbagai debu atau kotoran. Melakukan banyak aktivitas juga dapat menyebabkan masuknya bakteri dalam mata.

Oleh karena itu menangis dapat membawa keluar kotoran-kotoran tersebut dari mata, sehingga mata menjadi semakin jernih dan bersih. Kandungan lysozyme dari air mata juga dapat membunuh bakteri hingga 90-95 persen hanya dalam beberapa menit.

2. Menghilangkan racun 

5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Disadari!Freepic/javi_indy

Tidak banyak yang mengerti bahwa menangis dapat menghilangkan racun-racun dalam tubuh melalui keluarnya air mata. Racun yang mengendap dapat menyebabkan menurunnya produksi dan fungsi hormon dopamin dan akan menyebabkan suasana hati menjadi semakin buruk serta meningkatkan risiko terserang stres.

Namun, jika hormon pengendali emosi ini dilepas dalam jumlah yang tepat, maka suasana hati akan menjadi lebih baik hingga menimbulkan rasa senang dan bahagia. 

3. Mengurangi risiko depresi

5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Disadari!Freepic/Karlyukav

Salah satu penyebab terjadinya depresi adalah karena terlalu biasa memendam permasalahan sendiri tanpa mau berbagi kepada orang lain. Sehingga permasalahan itu menjadi beban yang dapat membuat stres.

Oleh karena itu, menangislah untuk mengekspresikan perasaan yang terbebani. Sebab efek katarsis dari air mata yang keluar dapat membantu secara psikologis, spiritual dan fisiologis. Sehingga hal tersebut akan sangat baik bagi kesehatan mental.

Baca Juga: Jalan Perjuangan Masih Panjang, Tenaga Kesehatan Wajib Jaga Kesehatan

4. Membuat perasaan lebih tenang

5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Disadari!Freepic/benzoix

Menangis akan membantu melepaskan endorfin ke dalam tubuh. Endorfin adalah senyawa kimia neuropeptida opioid lokal dan hormon peptide yang bisa menjadikanmu merasa bahagia, senang, sekaligus merespon kekebalan tubuh.

Hormon endorfin ini dapat bekerja sebagai penenang yang akan mengurangi efek buruk dari stres. Oleh karena itu setelah menangis, hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang dan tenteram. Selain itu nafsu makan juga akan meningkat.

5. Meningkatkan kualitas tidur

5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Disadari!Freepic/Dimonka

Ternyata air mata yang keluar ketika menangis dapat membantu melepaskan ketegangan pada otot, dapat meringankan beban, serta dapat melegakan perasaan. Dengan menangis, secara tidak langsung tubuh akan merasa lebih ringan dan rileks. Hal tersebut akan meningkatkan kualitas tidurmu menjadi lebih nyenyak dan tenang.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengingat beberapa manfaat ini jika sedang menahan tangis, ya! Sebab, menangis akan menjadikan tubuhmu lebih sehat.

Baca Juga: 10 Inspirasi Makeup Mata Kreatif dari Para Seleb dan Influencer

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya