Comscore Tracker

Gak Sekadar Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Alat Musik Bagi Kesehatan

#IDNTimesHealth Ternyata dapat meningkatkan sistem imun, loh

Tahukah kamu jika musik ternyata berdampak baik bagi kesehatan? Faktanya, banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat musik bagi kesehatan. Segala aktivitas yang berhubungan dengan musik, mulai dari mendengarkan musik, membuat lagu sendiri bahkan bermain alat musik akan memberikan dampak positif bagi kesehatan, khususnya mental.

Nah, artikel kali ini khusus untuk membahas tentang manfaat bermain alat musik bagi kesehatan. Penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Memelihara fungsi kognitif

Gak Sekadar Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Alat Musik Bagi Kesehatanilustrasi bermain biola (pexels.com/Clem Onojeghuo)

Fungsi kognitif memiliki peran yang sangat penting di kehidupan manusia. Karena fungsi kognitif membuat seseorang dapat mengolah serta memproses informasi yang diterima dan mampu memecahkan masalah. Oleh sebab itu, menjaga fungsi kognitif sangatlah penting, terutama saat menginjak usia senja.

Bertambahnya usia membuat seseorang cenderung mengalami penurunan fungsi kognitif. Namun, ini berbeda pada orang yang sering bermain musik, loh. Bermain musik terbukti dapat memelihara fungsi kognitif sehingga mencegah penyakit alzheimer di usia senja. 

Mengutip di Live Science, sebuah penelitian di University of Kansas Medical Center merekrut 70 orang dewasa sehat berusia 60 hingga 83 tahun, yang dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkat pengalaman musik mereka.

Hasilnya, ternyata para musisi lebih terampil dalam beberapa tes kognitif dibandingkan orang-orang yang tidak pernah mempelajari instrumen musik atau belajar musik. 

Singkatnya, bermain alat musik bagaikan olahraga bagi otak sehingga akan meningkatkan fungsi otak dan mencegah alzheimer akibat penurunan fungsi kognitif di usia lanjut.

2. Memberikan efek positif bagi penderita alzheimer

Gak Sekadar Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Alat Musik Bagi Kesehatanilustrasi bermain piano (pexels.com/cottonbro)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bermain musik dapat mencegah alzheimer di usia lanjut. Tak hanya itu, bermain musik juga dapat memberikan efek positif bagi penderita alzheimer. Hal ini telah didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di National Institutes of Health tahun 2010.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bermain dan mendengarkan musik dapat memberikan stimulasi yang baik bagi otak sehingga mempromosikan memori yang lebih baik bagi penderita alzheimer. Meskipun begitu, para ahli tetap sepakat bahwa penyakit alzheimer tidak dapat disembuhkan.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Diatasi Sendiri, Gak Perlu ke Dokter

3. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Gak Sekadar Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Alat Musik Bagi Kesehatanilustrasi bermain gitar (pexels.com/Pixabay)

Sistem imun merupakan suatu sistem pertahanan diri untuk melawan berbagai kuman, seperti virus dan bakteri penyebab penyakit. Lalu, apa jadinya jika tubuh punya sistem imun yang lemah? Ya, benar! Kamu akan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, kamu wajib untuk menjaga dan meningkatkan sistem daya tahan alias imun. 

Nah, bermain musik ternyata bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Enggak percaya? Sebuah studi penelitian yang dipublikasikan di National Institutes of Health (NIH) tahun 2007 membuktikan bahwa musik dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang berhubungan dengan stres. 

Perlu kamu ketahui, kadar hormon kortisol yang terlalu tinggi akibat stres dapat menurunkan respon imun terhadap kuman penyakit. So, secara tidak langsung maka bermusik itu menyehatkan, bukan?

4. Mengurangi stres

Gak Sekadar Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Alat Musik Bagi Kesehatanilustrasi bermain gitar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bermain musik tidak hanya sekadar seru namun juga dapat melepas stres. Bagaimana bisa? Well, sebenarnya itu karena sifat alami musik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan seperti dikutip dalam Very Well Mind.

Musik bahkan menjadi salah satu terapi yang dapat mengurangi stres dan kecemasan. Baiknya lagi, kamu tidak harus memiliki latar belakang bermusik untuk dapat merasakan manfaatnya.

Kegiatan apapun yang berhubungan musik, seperti mendengarkan musik, membuat lagu sendiri bahkan bermain alat musik dapat menjadi kegiatan yang mengasyikan namun berdampak baik untuk kesehatan mental. Jadi, jangan ragu untuk petik senar gitar atau tekan tuts pianomu, ya.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Gak Sekadar Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Alat Musik Bagi Kesehatanilustrasi bermain drum (pexels.com/Caleb Oquendo)

Memiliki rasa percaya diri dapat berdampak baik bagi kesehatan mental. Bermain musik dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Hal tersebut karena ketika bermain musik membuatmu lebih nyaman dalam mengekspresikan diri sendiri. Apalagi, jika sudah mulai mahir memainkan alat musik, kamu pasti akan lebih percaya diri tampil di depan orang lain.

Itulah beberapa manfaat dari bermain alat musik. Bagaimana? Bermusik ternyata bermanfaat bagi kesehatan, ya. Ngomong-ngomong, apa alat musik favoritmu nih?

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kepribadian Narsistik bagi Kesehatan, Bahaya!

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya