Comscore Tracker

5 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Kekurangan Zat Kalium dalam Tubuh

Siapa yang sering masuk angin? Bisa jadi kekurangan kalium

Penyakit kekurangan kalium memang banyak sekali menimpa banyak orang akhir-akhir ini, bukan hanya anak kecil bahkan sampai dewasapun bisa terkena penyakit ini! Banyak sekali penyebabnya, bahkan akibatnya juga!

Seperti yang dilansir dari healthline.com, kalian harus tau banyak sekali akibat yang disebabkan oleh kekurangan kalium, penyakit ini biasanya sudah sering sekali kita dengar! Berikut 5 penyakit yang disebabkan karena kekurangan kalium.

1. Sering masuk angin

5 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Kekurangan Zat Kalium dalam Tubuhunsplash.com/Abbiebernet

Penyakit satu ini merupakan hal yang biasa dijumpai sehari-kan? Bahkan kita anggap hal kecil, tapi ternyata keseringan masuk angin juga perlu dipertanyakan! Masuk angin satu atau dua kali termasuk yang wajar, tapi gimana kalau kamu sering sekali masuk angin, bukan hal yang wajar bukan? Itu merupakan tanda bahwa kamu kekurangan kalium.

2. Pencernaan yang kurang lancar

5 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Kekurangan Zat Kalium dalam Tubuhunsplash.com/Nicotitto

Kekurangan kalium mempengaruhi pencernaan kamu, ketika kamu merasa ada masalah sama pencernaan kamu harus juga mengetahui kadar kalium yang ada di tubuh kamu! Konsumsi saja pisang dan susu yang banyak, pasti pencernaan kamu akan kembali dengan normal. Karena terdapat kandungan kalium yang tinggi di dalam pisang dan susu.

3. Lemas seluruh tubuh

5 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Kekurangan Zat Kalium dalam Tubuhunsplash.com/Yurisalhumaydy

Kamu yang merasa makan sudah cukup dan olahraga pun cukup tapi kenapa masih lemas juga, lemas yang biasa saja bahkan sampai yang tidak bisa apa-apa kamu harus curiga! Itu merupakan salah satu akibat dari kekurangan kalium, penuhi kalium kamu dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium!

Baca Juga: Angin Duduk Tidak Sama dengan Masuk Angin, Ini Penjelasan Medisnya

4. Nyeri otot

5 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Kekurangan Zat Kalium dalam Tubuhunsplash.com/Brunonascimento

Untuk kamu yang kekurangan kalium kamu juga akan merasakan nyeri pada otot, kram dan pegal di seluruh tubuh. Ini karena kerja otot yang terhambat karena kadar kalium yang tidak terpenuhi di dalam tubuh! Penyakit yang terdengar biasa tapi jika terlalu sering nyeri otot, kamu juga harus curiga dan langsung bertindak untuk mengonsumsi makanan tinggi kalium.

5. Terus-menerus buang air kecil

5 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Kekurangan Zat Kalium dalam Tubuhunsplash.com/Timmossholder

Terus-menerus buang air kecil bukan merupakan penyakit, tapi inilah yang terjadi jika kalium kamu berada di titik rendah! Tidak ada cairan yang masuk, tetapi kamu terus menerus buang air kecil. Dengan ketidakseimbangnya asupan cairan dan keluarnya cairan merupakan hal yang berbahaya! Itulah 5 penyakit yang disebabkan karena kadar kalium yang rendah.

Baca Juga: 7 Penyebab Paling Umum Perut Kembung, Apa Masuk Angin Salah Satunya?

Tiya Ananta Photo Verified Writer Tiya Ananta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya