Comscore Tracker

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumah

Gunakan bahan-bahan yang ada di rumah, yuk!

Ruam kulit memang sangat tidak nyaman dan membuat kita menderita. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari pengaruh panas, infeksi, alergen, gangguan sistem kekebalan tubuh, serta efek obat-obatan.

Jangan menyerah! Ada cara ampuh mengatasi ruam kulit yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Check this out!

1. Mulailah dengan kompres dingin

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumahverywellhealth.com

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan gatal? Yep, kamu bisa mencoba kompres dingin! Menurut Allister Benjamin Chase, praktisi perawat onkologi pada laman Cutaneous Lymphoma Foundation, kompres dingin bisa digunakan untuk menekan sensasi gatal dan meredakan nyeri tertentu, misalnya pergelangan kaki atau lutut yang terkilir.

Disarankan untuk menaruh kompres dingin pada area yang gatalnya paling mengganggu. Jangan biarkan kompres dingin lebih dari 20 menit pada satu waktu, sebab bisa menyebabkan radang dingin atau frostbite.

2. Coba gunakan soda kue

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumahpexels.com/Kaboompics .com

Ternyata, kamu juga bisa memakai soda kue (baking soda), lho! Dilansir dari laman Healthline, soda kue alias natrium bikarbonat bisa digunakan untuk meredakan gatal, ruam, gigitan serangga, dan poison ivy (tanaman yang bisa mengeluarkan minyak dari daunnya dan menyebabkan dermatitis).

Caranya, masukkan 1-2 cangkir soda kue ke dalam wadah berisi air hangat, lalu rendam bagian tubuh yang ruam selama beberapa saat. Kemudian, bilas, keringkan, dan pakai pelembap. Kamu juga bisa mencampurnya dengan air dan menjadikannya pasta (bertekstur kental), lalu oleskan ke area yang terkena.

Menurut Ranella Hirsch, MD, dermatolog dan presiden dari Skincare Doctors di Amerika Serikat, soda kue bersifat antijamur dan dapat membantu meringankan rasa gatal, ujarnya kepada The Healthy.

3. Solusi lain, coba pakai oatmeal

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumahunsplash.com/Melissa Di Rocco

Oatmeal atau bubur gandum adalah salah satu makanan sehat yang populer. Tak hanya untuk dikonsumsi, rupanya, oatmeal juga bisa digunakan untuk meredakan ruam kulit, lho! Dikatakan oleh Ranella, oatmeal bisa mengatasi gatal dan menenangkan kulit yang meradang.

Oatmeal mengandung antioksidan avenanthramides yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dan mengatasi berbagai penyakit kulit. Seperti dilansir di laman Fab How, oatmeal bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal, kering, eksem, poison ivy, ruam popok, sunburn, rosasea, gigitan nyamuk, psoriasis, dan lainnya.

Caranya, tambahkan 1-2 cangkir ke dalam bak mandi dan campur dengan air hangat. Berendamlah untuk meringankan eksem dan psoriasis. Namun, jika setelah mandi kulit jadi kemerahan dan gatal, hentikan cara ini.

4. Rutin pakai pelembap

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumahfreepik.com/freepik

Ingin meringankan rasa tidak nyaman akibat ruam kulit? Coba pakai pelembap secara rutin, misalnya dengan petroleum jelly. Bila ruam disebabkan oleh iritan, gunakan losion kalamin 3-4 kali sehari.

Sementara itu, mengutip dari laman Medicine Net, kamu disarankan untuk menggunakan krim anti gatal yang mengandung satu persen hidrokortison.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi antihistamin oral seperti diphenhydramine dan hydroxyzine untuk mengendalikan rasa gatal.

Di sisi lain, juga mengutip dari The Healthy, ada rekomendasi untuk menggunakan pelembap berbahan ceramide dan pelembap bebas paraben.

Baca Juga: Penyebab Kulit Kering, 7 Hal Ini Ternyata Bisa Pengaruhi Kelembapannya

5. Bisa juga menggunakan krim hidrokortison

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumahnetdoctor.co.uk

Masih ada cara lain yang bisa dicoba, salah satunya adalah memakai krim hidrokortison. Menurut National Eczema Association (NEA), krim ini berfungsi untuk mengurangi kemerahan, gatal, dan peradangan.

Krim ini bisa meredakan gatal dan ruam yang dipicu oleh sebagian jenis eksem. Namun, krim ini tidak boleh dipakai sembarangan, harus sesuai petunjuk dokter.

Menurut Jonathan Kantor, MD, direktur medis di Pusat Dermatologi Florida, Amerika Serikat, penggunaan steroid topikal bisa menyebabkan tachyphylaxis.

Artinya, semakin banyak memakai steroid, tubuh semakin terbiasa dan membutuhkan steroid lebih banyak dengan dosis lebih kuat. Ini hampir sama dengan kecanduan dan bahkan bisa menimbulkan jerawat dan infeksi jamur.

6. Atasi dengan cuka sari apel

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumahpixabay.com/wicherek

Cuka sari apel tidak hanya mengatasi jerawat, tetapi juga ruam di kulit. Bahan ini bisa mengatasi reaksi alergi, kulit kering, dan kulit gatal. Sifatnya yang antiseptik dan antijamur bisa mengatasi banyak infeksi kulit.

Selain itu, cuka sari apel bisa menyeimbangkan tingkat asam basa kulit dan meningkatkan kelembapan. Menurut NEA, cuka sari apel bisa mengembalikan tingkat pH alami kulit pada penderita eksem.

Lantas, bagaimana cara menggunakan cuka sari apel dengan benar? Tambahkan 2 cangkir cuka sari apel ke air hangat, lalu berendamlah selama 15 menit. Bilas dengan air dingin setelahnya. Akhiri dengan memakai pelembap bebas pewangi.

7. Nyalakan humidifier saat tidur

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumahpexels.com/ Roman Koval

Humidifier atau pelembap udara adalah investasi yang baik. Alat tersebut berfungsi untuk menambah kelembapan udara. Menurut Jonatan lagi, pelembap udara sangat membantu orang-orang dengan kondisi kulit kering kronis yang bisa menyebabkan ruam.

Kalau kamu berada di ruangan ber-AC sepanjang hari, kulit, hidung, tenggorokan, dan bibir akan kering. Sebab, AC bersifat dehumidifier dan menghilangkan kelembapan udara. Ranella menyarankan penggunaan humidifier di kamar tidur dan ruang kerja.

Selain itu, dikutip dari Healthline, humidifier bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala, tenggorokan kering, iritasi hidung, bibir pecah-pecah, batuk kering, hidung berdarah, dan iritasi pada pita suara. Wah, fungsinya banyak, ya?

8. Oleskan losion kalamin

8 Cara Mengatasi Ruam Kulit, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumahpixabay.com/AdoreBeautyNZ

Dan yang terakhir, kamu bisa memakai losion kalamin. Dilansir dari laman Healthline, ini adalah obat bebas yang digunakan untuk mengobati gatal ringan dan iritasi kulit. Pemakaian losion kalamin menciptakan sensasi dingin dan menyejukkan kulit.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyarankan losion kalamin untuk meredakan gatal akibat tanaman beracun. Namun, pemakaiannya sebaiknya di bawah pengawasan dokter. Sebab, losion ini bisa menimbulkan reaksi alergi, khususnya pada bayi, anak kecil, dan lanjut usia.

Nah, itulah berbagai cara untuk mengatasi ruam kulit di rumah. Menurutmu, mana yang paling efektif?

Baca Juga: Ketahui 7 Fakta Penting tentang Sunburn, Kulit yang Terbakar Matahari

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya