Comscore Tracker

7 Cara Alami Mengatasi Sinusitis, Enyahkan Rasa Tidak Nyaman di Hidung

Cara ini bisa kamu terapkan sendiri di rumah!

Pernahkah kamu mengalami sinusitis? Infeksi sinus ini terjadi ketika lendir terperangkap di dalam rongga hidung. Akibatnya, virus, bakteri dan jamur lebih mudah tumbuh. Bukan hanya mengganggu, sinusitis juga menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Mengobati sinusitis bisa dilakukan dengan cara medis maupun pengobatan rumahan.

Ingin mencoba pengobatan alami untuk sinusitis, namun tidak tahu harus memulai dari mana? Jangan khawatir, inilah 7 cara mengobati sinusitis secara alami!

1. Menggunakan minyak esensial

7 Cara Alami Mengatasi Sinusitis, Enyahkan Rasa Tidak Nyaman di Hidungverywellhealth.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghirup minyak esensial. Minyak alami ini berasal dari tumbuhan dan bisa digunakan untuk mengurangi tekanan sinus. Salah satu minyak yang direkomendasikan adalah minyak mentol karena bisa membuat saluran hidung terbuka, ungkap laman Medical News Today.

Cara mengaplikasikannya pun cukup sederhana. Kamu bisa meneteskan beberapa tetes minyak ke air panas lalu hirup uapnya perlahan-lahan. Tutupi bagian atas kepala dengan handuk atau kain agar uapnya tidak ke mana-mana. Penelitian menunjukkan bahwa mentol menyebabkan saluran hidung terbuka sehingga kita bisa bernapas lebih lega.

2. Gunakan obat semprot hidung

7 Cara Alami Mengatasi Sinusitis, Enyahkan Rasa Tidak Nyaman di Hidungverywellhealth.com

Obat semprot hidung (saline nasal spray) tidak hanya dipakai untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan, hidung macet akibat suhu yang dingin atau alergi. Tetapi, obat semprot hidung juga berguna untuk mengatasi sinusitis. Obat semprot hidung ini tersedia dalam tabung bertekanan dan botol pompa berukuran kecil.

Menggunakan obat semprot hidung pun ada aturannya. Dosis yang wajar adalah 2 semprotan per lubang hidung. Batas pemakaiannya adalah 2-6 semprotan per hari. Obat ini bisa mengembalikan kelembapan hidung, mengeringkan saluran hidung dari sinus serta mengurangi radang selaput lendir, tutur laman Web MD.

3. Menggunakan metode akupresur

7 Cara Alami Mengatasi Sinusitis, Enyahkan Rasa Tidak Nyaman di Hidungclevelandclinic.org

Cara lain yang bisa diterapkan adalah memakai metode akupresur. Pengobatan tradisional Tiongkok ini akan menekan titik-titik tertentu di tubuh untuk menghilangkan beberapa jenis penyakit. Meski para peneliti tidak yakin akan efektivitas akupresur, namun pengobatan ini berhasil meredakan beberapa gejala, terang laman Medical News Today.

Akupresur sebaiknya dilakukan oleh ahli, namun kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Caranya adalah menandai titik-titik tertentu, seperti samping hidung, bagian tengah alis, pipi dan bagian belakang kepala. Lalu, berikan tekanan kuat tapi lembut pada masing-masing titik dengan jari. Setiap titik diberi tekanan minimal 3 menit. Lakukan berulang kali hingga kamu merasa gejala sinus berkurang, saran laman Healthline.

4. Menjaga diri agar tetap terhidrasi

7 Cara Alami Mengatasi Sinusitis, Enyahkan Rasa Tidak Nyaman di Hidungstylecaster.com

Meski tergolong sederhana, minum air bisa membantu mengurangi gejala sinusitis. Dengan minum banyak cairan, maka lendir akan menjadi encer dan mengurangi penyumbatan yang terjadi di hidung. Selain itu, air akan membuat selaput lendir di dalam sinus tetap lembap dan bekerja lebih baik, jelas laman Medical News Today.

Kamu juga bisa menambahkan variasi agar tidak bosan. Coba padukan air panas dengan lemon, madu atau jahe. Selain membuat tubuh menjadi lebih hangat, gejala sinusitis akan perlahan-lahan reda. Buatlah tubuhmu terhidrasi dengan baik dan hindari makanan dan minuman yang bersifat diuretik.

Baca Juga: 7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parah

5. Gunakan cuka sari apel

7 Cara Alami Mengatasi Sinusitis, Enyahkan Rasa Tidak Nyaman di Hidungrd.com

Ternyata, cuka sari apel bisa mengatasi sinusitis, lho! Cara kerjanya adalah dengan mengikat patogen dan membantu tubuh menyingkirkannya lebih efektif. Cuka sari apel mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan asam malat yang bisa mengatasi penyumbatan, jelas laman The Sun.

Selain itu, cuka sari apel bisa memecah lendir, membersihkan saluran udara serta mengurangi infeksi. Cara membuatnya simpel kok! Cukup rebus air dan tambahkan cuka sari apel lalu masak di atas api sedang. Tambahkan lemon atau madu untuk memperkaya rasa. Aduk dan minum selagi hangat. Minuman ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan dan mencegah infeksi sinus. Coba yuk!

6. Kombinasikan kunyit dan jahe

7 Cara Alami Mengatasi Sinusitis, Enyahkan Rasa Tidak Nyaman di Hidungmylifecookbook.com

Bahan-bahan tradisional lain yang bisa dipadukan adalah kunyit dan jahe. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan kaya akan antioksidan, sementara jahe juga memiliki sifat anti peradangan dan bisa menangkal radikal bebas. Khasiat akan muncul ketika kunyit dipadukan dengan jahe dan diseduh dalam air panas. Apa yang akan terjadi?

Seduhan kunyit dan jahe dalam air panas bisa melonggarkan lendir dari saluran hidung yang tersumbat, mengurangi tekanan sinus dan membuat kita merasa lebih baik, ungkap laman Food NDTV. Untuk memperkaya rasa, kamu juga bisa menambahkan satu sendok teh madu dan minum hingga 2-3 kali sehari.

7. Terakhir, jangan lupa beristirahat yang cukup

7 Cara Alami Mengatasi Sinusitis, Enyahkan Rasa Tidak Nyaman di Hidungdiscovermagazine.com

Setelah mencoba seluruh pengobatan, jangan lupa untuk beristirahat yang cukup, ya! Dengan beristirahat, tubuh akan pulih, bisa melawan infeksi lebih optimal dan memberi energi baru untuk mengurangi gejala sinus. Dengan beristirahat, kamu juga mencegah penularan infeksi ke orang lain, jelas laman Medical News Today.

Nah, itulah 7 cara mengobati sinusitis secara alami yang bisa kamu coba terapkan. Menurutmu, mana sih yang paling efektif?

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Berikut Jika Tidak Ingin Terkena Sinusitis

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya