Comscore Tracker

Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabetes

Berapa kadar gula darah yang dikategorikan normal?

Berbicara soal diabetes pasti akan berbicara juga soal kadar gula darah. Tahukah kamu kalau kadar gula darah bisa berubah-ubah tergantung aktivitas apa yang sedang kita lakukan?

Misalnya, sesaat setelah makan atau saat sedang berpuasa. Kadar gula darah juga menjadi patokan untuk menentukan seseorang terindikasi diabetes atau tidak.

Sebenarnya, kadar gula darah normal berada di angka berapa sih? Dan bagaimana cara kita untuk mengetahuinya? Let's find out!

1. Berapa kadar gula darah normal seharusnya?

Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabeteshealthiack.com

Kadar gula darah dibedakan berdasarkan aktivitas yang kita lakukan. Misalnya, saat sedang berpuasa, kadar gula darah normal berkisar antara 80-100 mg/dL.

Sementara, saat sedang makan, kadar gula darah kita naik jadi 170-200 mg/dL. 3 jam setelah makan, kadar gula darah kita akan kembali turun jadi 120-140 mg/dL.

FYI, gula darah atau glukosa ialah gula utama yang ada dalam darah. Glukosa berasal dari makanan yang kita makan dan menjadi sumber energi utama pada tubuh. Darah akan membawa glukosa ke seluruh sel tubuh untuk digunakan sebagai energi, tutur laman Medline Plus.

2. Inilah kadar gula darah pra-diabetes, waspadalah!

Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabeteswww.hindustantimes.com

Sebelum memasuki fase diabetes, ada fase bernama pra diabetes. Ini bisa dideteksi dari lonjakan kadar gula darah kita. Misalnya, saat sedang berpuasa, kadar gula darah kita jadi 101-125 mg/dL, sementara saat sedang makan menjadi 190-230 mg/dL. 3 jam setelah makan, kadar gula darah kita akan sedikit turun jadi 140-160 mg/dL.

Fase pra diabetes adalah fase di mana kadar gula darah berada di atas kadar gula darah normal, namun tidak cukup tinggi untuk disebut sebagai penyakit diabetes.

Ciri-ciri pra diabetes yang bisa dideteksi adalah kamu merasa cepat lapar, turun berat badan walau makan banyak, lebih mudah haus, sering buang air kecil dan cepat lelah, ungkap Endocrine Web.

3. Saat sudah terkena diabetes, inilah kadar gula darahmu

Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabetesmymed.com

Kadar gula darah akan semakin meningkat apabila kita sudah terdiagnosis diabetes. Umumnya, kadar gula darah penderita diabetes saat sedang makan adalah 220-300 mg/dL.

Sementara, 3 jam setelah makan, kadar gula darah akan menurun jadi 200 mg/dL. Berbeda jika sedang berpuasa, kadar gula darah berada di kisaran 100-125 mg/dL.

Diabetes adalah kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses glukosa. Untuk diabetes tipe 1, tubuh gagal memproduksi insulin.

Sementara, diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana tubuh bisa memproduksi insulin, namun sel-sel tubuh tidak merespons dengan efektif, jelas laman Medical News Today.

4. Kadar gula darah akan meningkat setelah berolahraga?

Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabetesrunning.ca

Otot memerlukan lebih banyak glukosa untuk memasok energi. Akibatnya, hati akan meningkatkan jumlah glukosa yang dilepaskan ke aliran darah. Ini karena glukosa membutuhkan oksigen untuk otot.

Jadi, jika kita tak memiliki cukup insulin, kadar glukosa akan meningkat setelah berolahraga, ungkap laman Joslin Diabetes Center.

Tentu saja penderita diabetes tetap bisa berolahraga! Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai olahraga, mengecek kadar gula darah sebelum dan setelah berolahraga dan jangan berolahraga jika kadar gula darah berada di atas 250 mg/dL.

5. Inilah makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah secara instan!

Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabetesrojakdaily.com

Bagi kamu yang berisiko diabetes, ada baiknya menghindari makanan yang bisa meningkatkan kadar glukosa dengan cepat.

Misalnya, makanan yang tinggi kalori dan tinggi karbohidrat seperti nasi, roti, mi, kentang atau makanan yang diberi pemanis buatan, jelas laman Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd.

Makanan lain yang bisa meningkatkan kadar glukosa adalah makanan tinggi protein, seperti daging, ikan, telur, kacang kedelai, kerang sampai produk susu dan turunannya.

Selain itu, tidak dianjurkan juga mengonsumsi soda, minuman manis, selai kacang, sereal, buah kering atau manisan buah hingga biskuit, saran laman Health Line.

Baca Juga: Ketahui 6 Tanda Nyata yang Terjadi Saat Gula Darah Tinggi

6. Kamu bisa mengukur kadar gula darahmu dengan alat ini!

Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabeteswellthy.care

Alat untuk mengukur kadar gula darah bernama glucose meter, disebut juga dengan glukometer. Ini adalah alat untuk menentukan perkiraan konsentrasi glukosa dalam darah.

Cara mengetesnya adalah dengan menusuk kulit dengan jarum untuk memperoleh setetes darah. Lalu, darah itu ditempatkan di strip untuk menghitung kadar glukosanya.

7. Jangan khawatir, sekarang ada alat tes kadar gula darah tanpa jarum!

Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabetesbelfasttelegraph.co.uk

Bagi kalian yang fobia dengan jarum, tak perlu khawatir! Kini ada glukometer yang bisa mengukur kadar gula darah tanpa menyuntikkan jarum ke kulit!

Cara kerjanya adalah dengan menempelkan alat ke kulit untuk mengukur kadar glukosa dalam cairan interstitial antara sel-sel yang berada di bawah kulit, ungkap laman Labiotech.

Nah, itulah fakta seputar kadar gula darah normal serta cara mengetahuinya. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca Juga: 8 Tips Mengontrol Gula Darah agar Tetap Normal, Gak Pakai Ribet!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You