Comscore Tracker

7 Penyebab Rambut Susah Panjang, Kamu Tidak Sendirian Mengalaminya

Terjawab sudah alasan rambutmu gak tumbuh-tumbuh

Normalnya, rambut manusia akan tumbuh sepanjang 1.5 cm setiap bulan.Tetapi banyak juga yang merasa bahwa rambutnya tidak mengalami pertumbuhan sama sekali.

Padahal, kamu ingin melakukan banyak hal seru dengan rambutmu. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ulasan di bawah ini akan memberikanmu jawaban mengapa rambutmu susah panjang.

1. Sering mengganti-ganti gaya rambut

7 Penyebab Rambut Susah Panjang, Kamu Tidak Sendirian Mengalaminyaprettyfolks.com

Mengganti-ganti atau mengikuti model atau gaya rambut terbaru memang mengasyikkan. Terlebih ketika kita merasa puas dengan hasil akhirnya. Namun sayangnya, jika hal ini dilakukan terlalu sering dan dalam jangka waktu yang relatif pendek akan menjadi faktor kerusakan rambut.

Membuat model rambut seperti di bleaching atau pewarnaan menggunakan bahan-bahan kimia dapat merusak komponen rambut. Rambut akan menjadi mudah patah pada bagian ujung dan membuat rambut tidak bertambah panjang.

2. Rambut rontok

7 Penyebab Rambut Susah Panjang, Kamu Tidak Sendirian Mengalaminyahealthtrivias.com

Mengalami kerontokan rambut adalah suatu hal yang wajar. Namun, jika jumlahnya di atas 100 helai, kamu harus mulai memberikan perhatian lebih.

Alasannya, jika ini terjadi menunjukkan kamu memiliki masalah dengan kerontokan rambut yang harus segera diatasi. Hal-hal yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan sampo khusus untuk rambut rontok, antara lain: menggunakan serum atau tonik selepas keramas, cukupkan kebutuhan nutrisi rambut dengan rutin melakukan trimming, terutama dibagian rambut kering dan bercabang.

3. Kondisi kulit kepala yang tidak sehat

7 Penyebab Rambut Susah Panjang, Kamu Tidak Sendirian Mengalaminyawebmd.com

Kulit kepala yang tidak sehat dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang tidak terlalu cocok atau terlalu berat. Hasil akhirnya, bukan rambut yang panjang yang tumbuh melainkan rambut kerdil. Pemicunya, pori-pori kulit kepala tersumbat sehingga pernapasan kulit kepala terganggu yang selanjutnya mengalami penyumbatan.

Baca Juga: Anemia Ternyata Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, Ini Fakta Medisnya

4. Stres

7 Penyebab Rambut Susah Panjang, Kamu Tidak Sendirian Mengalaminyahuffpost.com

Di zaman yang serba dituntut untuk bekerja cepat dan mengemban tugas dan tanggung jawab yang begitu berat sering membuat kita mengalami stres. Disadari atau tidak, kondisi ini bisa menjadi pemicu rambut sulit untuk panjang.

Supaya hal ini tidak terjadi terus menerus sebaiknya kamu harus memanjakan diri dengan memijat kepala dan masker rambut. Selain tampilan rambut terlihat lebih baik dari sebelumnya, penampilan fisikmu akan terlihat lebih muda, lho.

5. Gizi yang kurang seimbang

7 Penyebab Rambut Susah Panjang, Kamu Tidak Sendirian Mengalaminyarehabpost.com

Semua makanan yang kita konsumsi sangat memengaruhi kondisi kesehatan rambut. Misalnya, kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah serius pada rambut. Terlalu banyak mengonsumsi gula akan membuat gula darah naik dan menyempitkan rongga di akar rambut.

Begitu juga saat kekurangan protein, bisa memengaruhi kadar keratin pada rambut. Maka dari itu, penting untuk kamu untuk selalu menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh agar selalu seimbang. Tidak ada yang berlebihan dan tidak ada juga yang kekurangan.

6. Mengalami dehidrasi

7 Penyebab Rambut Susah Panjang, Kamu Tidak Sendirian Mengalaminyasonashomehalth.com

Kinerja fungsi-fungsi tubuh tidak akan berjalan lancar tanpa air yang cukup, termasuk rambut. Alasanya, pertama, seperempat dari rambut adalah air, sehingga kekurangan air akan menyebabkan rambut mengalami kekeringan. Kedua, air yang membawa vitamin ke akar rambut dan menghidrasi keseluruhan rambut jadi melambat dan dapat berhenti sama sekali.

Dehidrasi tidak hanya memperlambat tumbuhnya rambut tetapi juga bisa membuat rambut rontok. Jadi, sangat disarankan bagi kalian untuk minum air putih paling sedikit dua liter perhari.

7. Sering terpapar panas

7 Penyebab Rambut Susah Panjang, Kamu Tidak Sendirian Mengalaminyabusinesstalk.sg

Apakah kamu termasuk pengguna rutin catokan, blow dryer atau pengeriting rambut? Jika ya, sebaiknya mulai dari sekarang kamu harus menurunkan intensitas penggunakan alat-alat tersebut. Panas yang dihasilkan akan mengurangi kelembapan kutikula dan membuat rambut menjadi mudah rapuh dan patah.

Tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan produk pelindung panas yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk menggunakan serum dan tonik agar kutikula lebih sehat dan merangsang pertumbuhan rambut.

Jadi, intinya, selama alasannya masih bisa dihindari dan diperbaiki, rambut kamu masih bisa tumbuh cepat kok, guys! Semoga cepat tumbuh sesuai harapanmu, ya!

Baca Juga: 6 Risiko Kesehatan Mewarnai Rambut, Pertimbangkan Sebelum Melakukannya

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya