Comscore Tracker

Sering Dibenci Saat Kecil, Ternyata Tidur Siang Punya 5 Manfaat Ini 

Mulai dari fungsi otak sampai kesehatan jantung

Saat masih kecil, seringkali tidur siang menjadi rutinitas yang paling ingin dihindari. Bahkan gak jarang kita jadi kesal karena diharuskan untuk tidur siang setiap hari. Anehnya, setelah dewasa kita justru merindukan momen saat bisa tidur siang seperti di masa kecil. Kesibukan saat dewasa memang membuat kita jadi meniadakan rutinitas semacam ini.

Padahal sebenarnya tidur siang sangatlah bermanfaat, tak terkecuali untuk orang dewasa. Berikut ini beberapa manfaat tidur siang yang penting untuk diketahui.

1. Meningkatkan kualitas memori belajar

Sering Dibenci Saat Kecil, Ternyata Tidur Siang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Siora Photography

Kegiatan tidur siang ternyata memiliki hubungan yang erat dengan peningkatan kualitas memori atau daya ingat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert Stickgold PhD dari Harvard Medical School, menemukan adanya perbedaan peningkatan memori belajar baik dari sisi kecepatan maupun akurasi. Semakin memiliki waktu untuk tidur siang, semakin cepat dan akurat juga dalam pengerjaan tugas.

Hal ini terjadi karena tidur siang dapat mengembalikan fungsi otak dalam kondisi fresh seperti saat bangun pagi. Sebab selama beraktivitas, otak akan merasakan kelelahan hingga berdampak pada penurunan kinerja. Dengan tidur siang, otak jadi lebih segar dan mampu kembali bekerja dengan lebih efektif.

2. Meningkatkan fungsi kognitif 

Sering Dibenci Saat Kecil, Ternyata Tidur Siang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Lucrezia Carnelos

Bukan hanya daya ingat, tidur siang juga dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Peneliti di National Sleep Foundation, Mark Rosekind, mengatakan bahwa tidur siang selama 30 menit dapat meningkatkan kemampuan kognitif sekitar 40 persen. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil tes kecerdasan pada orang yang tidur siang dan tidak.

Mereka yang terus bekerja tanpa tidur siang ternyata memiliki hasil tes yang lebih rendah.
Bukan hanya itu, berdasarkan hasil penelitian pada pilot NASA ditemukan bahwa saat mereka rutin tidur siang selama 30-45 menit, kemampuan mereka meningkat 34 persen dan tingkat kewaspadaan 54 persen jadi lebih baik.

Baca Juga: Hari Tidur Sedunia: Ternyata Orang Tidur Juga Bisa Menyelamatkan Bumi

3. Mengurangi tingkat stres

Sering Dibenci Saat Kecil, Ternyata Tidur Siang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Kuo-Chiao Lin

Stres merupakan salah satu bentuk kelelahan mental yang sering tidak kita sadari. Salah satu pemicunya adalah terlalu lama melakukan aktivitas yang sama hingga menimbulkan rasa jenuh. Beberapa orang sering kali menangkal kejenuhan ini dengan merencanakan liburan. Namun ternyata, tidur siang juga dapat menjadi solusi tercepat dan ampuh untuk menurunkan level stres.

Bukan hanya mengurangi stres, dengan tidur siang kita juga dapat memperbaiki suasana hati. Perubahan mood akibat kelelahan fisik ataupun mental, akan lebih dapat direndam dengan tidur siang. Tanpa kita sadari, saat bangun tidur suasana hati jadi lebih baik sekaligus jadi lebih bersemangat.

4. Meningkatkan kesabaran

Sering Dibenci Saat Kecil, Ternyata Tidur Siang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Erico Marcelino

Mungkin orang akan terheran jika mendengar kesabaran memiliki keterkaitan dengan rutinitas tidur siang. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian di Universitas Michigan, Amerika Serikat. Para peneliti meminta beberapa orang untuk melakukan tugas yang menyebalkan seperti menggambar desain geometris pada layar komputer.

Mereka yang sudah tidur siang dapat lebih bersabar dan bertahan mengerjakan tugas tersebut selama 90 menit. Sedangkan yang tidak tidur siang hanya mampu bersabar selama 45 menit. Jadi, kalau mau lebih sabar, sediakan waktu untuk tidur siang secara rutin, ya.

5. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Sering Dibenci Saat Kecil, Ternyata Tidur Siang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Kate

Menurut sebuah penelitian di Boston, tidur siang merupakan cara yang ampuh untuk melindungi manfaat serta kemampuan jantung. Bahkan tidur siang pendek selama 20-45 menit sudah dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Hal ini sangatlah memungkinkan sebab dengan rutin tidur siang, detak jantung kita akan jadi lebih stabil. Selain itu, tidur siang juga mampu menurunkan tekanan darah yang dialami akibat tekanan psikologis.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang akan didapat jika kita rutin tidur siang. Yuk, mulai biasakan.

Baca Juga: 7 Posisi Tidur yang Pasti Sering Kamu Lakukan, Ini Baik dan Buruknya!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya