Comscore Tracker

Penyebab Dada Terasa Sakit, Bisa Jadi Akibat 7 Penyakit Serius Ini

Bukan sekadar rasa kecewa saja ternyata

Pernah merasakan sakit di dada? Bukan karena perasaan tersakiti ya, melainkan kamu merasa dada kamu berat. Jika kamu pernah merasakan dada kamu seperti berat, ada sejumlah kemungkinan penyebabnya dan beberapa di antaranya cukup serius.

Ada pun penyakit yang menjadi penyebab di belakang rasa berat di dada tersebut. Penyakit ini harus kamu waspadai, karena kalau dada bisa langsung berhubungan dengan jantung atau paru-paru. Berikut 7 penyakit di antaranya yang bisa jadi penyebab.

1. Tegang Otot

Penyebab Dada Terasa Sakit, Bisa Jadi Akibat 7 Penyakit Serius Iniuol.com.br

Sakit di dada bisa disebabkan otot yang menegang. Biasanya otot interkostal.

Hal ini akan terjadi jika saat meregangkan tubuh, otot yang menahan iga tertarik. Alhasil, otot interkostal menekan tulang rusuk dan muncul rasa berat di dada.

Untuk mengatasi penyakit ini, kamu bisa memilih untuk istirahat. Bisa juga mengompres pada bagian yang sakit. Atau mengonsumsi obat yang menyembuhkan.

2. Paru-paru kolaps

Penyebab Dada Terasa Sakit, Bisa Jadi Akibat 7 Penyakit Serius Iniself.com

Penyakit ini memang memberikan gejala dada yang rasanya berat dan sakit. Paru-paru bisa seperti ini akibat adanya udara yang terkumpul antara paru-paru dan dinding dada. Penyakit ini bisa terjadi sendiri atau komplikasi adanya penyakit paru-paru. Selain sakit di dada, kamu bisa juga merasa sesak napas.

Jika kamu terserang penyakit ini, untuk menyembuhkan penyakit ini, caranya adalah dengan fokus mengatur napas. Dengan melakukan ini, kamu akan mengeluarkan udara yang terperangkap.

3. Perikarditis

Penyebab Dada Terasa Sakit, Bisa Jadi Akibat 7 Penyakit Serius Iniwww.halodoc.com

Pericarditis merupakan penyakit yang menyerang jantung. Akibatnya dada terasa nyeri. Bagian jantung yang diserang ada lapisan jaringan yang mengelilingi jantung, dan dipanggil Perikardium.

Penyakit ini terjadi karena pericarditis terinfeksi dan bengkak. Keadaan ini menimbulkan rasa nyeri karena bergesekan dengan jantung.

Memilih posisi duduk tegak akan mengurangi rasa sakit di dada. Jangan memilih untuk berbaring. Selain itu, kamu bisa pergi ke dokter untuk meminta resep obat yang mengurangi peradangan.

Baca Juga: Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!

4. Angina

Penyebab Dada Terasa Sakit, Bisa Jadi Akibat 7 Penyakit Serius Inimedia.bizj.us

Penyakit ini terjadi karena otot jantung tidak memiliki darah yang cukup. Sakit dada ini dapat menjadi gejala penyakit arteri koroner. Tidak hanya sakit pada dada, kamu akan merasakan sakit di leher, punggung, lengan, pundak, dan dagu.

Untuk mengatasi penyakit ini, kamu bisa mencoba meditasi dan mengubah gaya hidup kamu. Jika sudah parah, dilansir dari Medical News Today, kamu disarankan melakukan operasi.

5. Pneumonia (Radang Paru-paru)

Penyebab Dada Terasa Sakit, Bisa Jadi Akibat 7 Penyakit Serius IniPixabay/kalhh

Rasa sakit pada dada jika memiliki penyakit ini akan lebih sakit saat sedang batuk dan mengambil napas. Radang paru-paru ini merupakan komplikasi dari flu atau infeksi pernapasan lain. Untuk melihat apa penyakit yang kamu alami, gejala radang paru-paru lainnya ialah napas pendek, batuk, demam dan menggigil.

Untuk mengatasi penyakit ini, kamu perlu istirahat. Tapi jika sudah parah, harus melakukan perawatan di rumah sakit.

6. Batu Empedu

Penyebab Dada Terasa Sakit, Bisa Jadi Akibat 7 Penyakit Serius Inihomenaturalcures.com

Batu Empedu menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan rasa sakit di dada. Penyakit ini terjadi akibat adanya kolesterol atau bilirubin yang menyatu dan membatu. Batu tersebut akan memblokir saluran empedu, dan berdampak sakit di dada.

Hal itu pun menimbulkan penyakit baru yaitu kantong empedu. Tidak hanya dada, kamu juga merasakan sakit di perut kanan atas. Untuk menyembuhkannya hanya dengan perawatan di rumah sakit.

7. Emboli Paru

Penyebab Dada Terasa Sakit, Bisa Jadi Akibat 7 Penyakit Serius Inimedicalnewstoday.com

Penyakit ini bisa terjadi karena ada penyumbatan di arteri paru-paru atau di dalamnya. Hal yang menyumbat bisa berupa gumpalan darah, dan kadang hadirnya lemak juga bisa jadi penyebabnya.

Selain itu, gejala dari penyakit ini adalah sakit kepala, kesulitan bernapas, jantung berdegup dan pingsan. Penyakit yang satu ini, jika kambuh sangat riskan dan harus mendapatkan perawatan.

Penyakit di atas terlihat beberapa penyakit yang serius. Jadi, jika dada kamu terasa berat, akan lebih baik melihat dulu gejalanya. Karena belum tentu juga kamu mengalami penyakit yang serius.

Dada kamu terasa berat bisa saja karena memang kamu sedang merasa kecewa. Namun, tidak ada salahnya kan untuk mengetahui penyakit-penyakit ini, agar kamu lebih menyayangi diri sendiri.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!

Topic:

  • Rachel Rinesya
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya