Comscore Tracker

6 Manfaat dari Minyak Cabai yang Bikin Mandi Keringat Saat Makan

Tapi jangan dikonsumsi berlebihan, ya!

Minyak cabai sering digunakan sebagai bahan pembuatan suatu olahan makanan. Efeknya pada makanan sendiri bikin tekstur jadi kental terutama untuk makanan berkuah, dan memiliki rasa pedas pastinya.

Negara di kawasan Asia Timur seperti Tiongkok, Taiwan, dan Jepang, sering menggunakan minyak cabai sebagai racikan resep hidangan.

Bikin para penikmatnya mandi keringat selama menyantap makanan yang terdapat minyak cabai. Kira-kira minyak yang punya rasa pedas ini punya manfaat apa saja, ya? 

Yuk, baca enam manfaatnya yang dikutip melalui laman Organict Facts berikut ini.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

6 Manfaat dari Minyak Cabai yang Bikin Mandi Keringat Saat Makansouschef.co.uk

Jika dikonsumsi secara wajar, ternyata minyak cabai pada makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung lho!

Kandungan capsaicin yang terdapat pada minyak cabai memang memberikan sensasi terbakar pada tubuh, tapi senyawa kimia ini nyatanya dapat mencegah penggumpalan serta penyumbatan pembuluh darah.

Yang mana, jika tubuh kita mengalami dua permasalahan tersebut akan berakibat pada risiko penyakit jantung.

2. Merangsang sistem kekebalan tubuh

6 Manfaat dari Minyak Cabai yang Bikin Mandi Keringat Saat Makanseriouseats.com

Memasukki musim hujan seperti saat ini, mengonsumsi makanan yang terdapat campuran minyak cabai dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Sehingga mampu menangkal penyakit yang datang.

Capsaicin yang terdapat pada minyak cabai tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung, tapi juga mampu menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada minyak cabai dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih.

3. Meredakan sinus dan pilek

6 Manfaat dari Minyak Cabai yang Bikin Mandi Keringat Saat Makanthewoksoflife.com

Jika kalian terserang penyakit seputar pernapasan seperti pilek atau sinus, minyak cabai dapat membantu mengatasinya.

Ketika sedang menyantap hidangan terdapat campuran minyak cabai, mau tidak mau hidung pastinya akan menghirup aroma minyak cabai yang cukup menusuk sehingga membantu membuka blokir sinus atau pilek.

Bahkan senyawa aromatik dari minyak ini memiliki sifat ekspektoran dan dekongestan yang dapat mengatasi permasalahan hidung tersumbat.

Baca Juga: 5 Fakta Luar Biasa Cabai Rawit, Gak Cuma Pedas Saja

4. Mencegah penyakit kronis

6 Manfaat dari Minyak Cabai yang Bikin Mandi Keringat Saat Makanchowhound.com

Antioksidan yang terkandung pada minyak cabai memiliki komposisi yang luar biasa sehingga berdampak baik bagi tubuh yaitu mencegah munculnya penyakit kronis.

Antioksidan serta senyawa kimia yang terkait lainnya, dapat mencari dan menetralkan radikal bebas di mana saja yang terdapat pada anggota tubuh, serta menurunkan stres oksidatif, dan pastinya mencegah munculnya penyakit kronis.

5. Mencegah degenerasi makula

6 Manfaat dari Minyak Cabai yang Bikin Mandi Keringat Saat Makanukeating.net

Degenerasi makula adalah suatu penyakit yang berkaitan dengan indera penglihatan sehingga mata tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kandungan vitamin A pada minyak cabai jumlahnya memang tidak seberapa tapi dapat memberikan dorongan besar bagi kesehatan penglihatan sehingga membantu mencegah degenerasi makula, mata kering, serta memperlambat perkembangan katarak seiring bertambahnya usia.

6. Meredakan nyeri

6 Manfaat dari Minyak Cabai yang Bikin Mandi Keringat Saat Makanthechairmansbao.com

Capsaicin pada minyak cabai memiliki sifat antiinflamasi yang kuat sehingga dapat dengan cepat meredakan rasa nyeri, serta menghilangkan pembengkakan dan rasa sakit.

Jika kalian sedang sakit kepala, kaki tidak sengaja kepentok dengan kaki meja, atau nyeri datang bulan, menambahkan minyak cabai pada makanan bisa jadi solusi.

Nah, itu tadi enam manfaat dari minyak cabai bagi tubuh. Tidak hanya dapat digunakan sebagai campuran makanan saja. 

Ketika kalian mengalami iritasi kulit dan gatal-gatal, oleskan sedikit minyak cabai pada bagian kulit tersebut. Rasa tidak nyaman karena iritasi maupun gatal akan sirna kemudian.

Baca Juga: Perpaduan Cabai dan Durian, 5 Fakta Menarik Seputar Sambal Tempoyak 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya