Comscore Tracker

5 Gerakan Sederhana Ringankan Sakit Punggung dan Leher di Kantor

Terlalu lama duduk menjadi masalah pekerja kantor sejak lama

Tingginya tingkat kesibukan di kantor membuat karyawan harus menghabiskan waktu kerjanya dengan duduk sepanjang hari. Hal ini mungkin dianggap biasa saja bagi mereka yang telah lama melakukannya. Padahal jika dibiarkan, ada berbagai penyakit yang siap menyerang kamu, sepert nyeri di leher dan punggung.

Tidak ada yang salah dengan bekerja di kantor dan duduk berjam-jam selama mengerti cara cerdas menjaga kesehatan. Hanya melakukan lima gerakan sederhana yang bisa dilakukan di kantor ini, punggung dan leher tidak terasa sakit lagi.

1. Neck circles

5 Gerakan Sederhana Ringankan Sakit Punggung dan Leher di Kantornbcnews.com/Chad Springer/Getty Images

Untuk melakukan gerakan ini, kamu harus duduk dengan tegak. Putarlah leher dengan rotasi 360 derajat secara perlahan. Ketika dagu hampir menyentuh leher, tahanlah posisi ini selama beberapa detik dan lanjutkan gerakan ini ke posisi normal. Lakukanlah neck circles 10 kali lingkaran di satu arah dan lakukan juga pada arah yang berbeda sebanyak 10 kali.  

2. Overhead stretch

5 Gerakan Sederhana Ringankan Sakit Punggung dan Leher di Kantorkintec.ne

Gerakan ini bisa dilakukan duduk maupun berdiri, yang terpenting badan lurus dan rentangkan tangan di atas kepala.Terus tekan ke atas seperti ingin menempel di langit. Lakukan overhead stretch selama 10-20 detik, ulangi lagi sampai 10 kali.

3. Oblique stretch

5 Gerakan Sederhana Ringankan Sakit Punggung dan Leher di Kantorsnacknation.com

Biarkan tangan ditekuk di belakang kepala dan secara perlahan badan condong ke satu sisi. Biarkan badan bertahan dalam keadaan stabil. Kamu harus merasakan tegangan di otot perut dan punggung bagian bawah. Lakukan masing-masing sisi sebanyak 10 kali.

Baca Juga: 7 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

4. Arm circles

5 Gerakan Sederhana Ringankan Sakit Punggung dan Leher di Kantorintermountainhealthcare.org

Duduk tegak dengan postur yang baik, rentangkan tangan ke samping. Antara kedua tangan dan badan membentuk huruf T. gerakkan tangan dengan lingkaran ke depan 30 detak dan lakukan juga sebaliknya dengan waktu yang sama.

5. Ankle flexion

5 Gerakan Sederhana Ringankan Sakit Punggung dan Leher di Kantorverywellhealth.com/Verywell / Ben Goldstein

Sambil duduk, angkatlah satu lutut setinggi yang kamu bisa. Tahan napas selama satu atau dua detik, dan taruh lutut kembali ke tanah. Lakukan hal yang sama untuk lutut yang lain sebanyak 10 kali bergantian.

Bekerja dan duduk dengan waktu yang lama memang bisa menjadi masalah bagi tubuh dan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Tapi hal tersebut bisa diakali dengan beberapa gerakan di atas dan kebiasaan hidup sehat di kantor. Jangan malas untuk berjalan kaki menuju teman di ruang kantor yang lain ya

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Kesehatan Senam Aerobik  untuk Tubuhmu

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You