Comscore Tracker

Zollinger-Ellison Syndrome, Penyakit Langka yang Harus Diwaspadai

Hingga kini belum diketahui penyebab pastinya

Kamu tentu masih sangat asing mendengar penyakit yang bernama zollinger-ellison syndrome. Hal ini dikarenkan, zollinger-ellison syndrome merupakan penyakit langka yang hingga kini masih belum diketahui penyebabnya. Meskipun tergolong penyakit langka, bukan berarti kamu tidak perlu mengetahui tentang penyakit ini. Karena jika tidak ditangani dengan baik penyakit ini bisa mengancam nyawa juga.

Berikut adalah penjelasan mengenai zollinger-ellison syndrome yang wajib kamu ketahui.

1. Apa itu zollinger-ellison syndrome?

Zollinger-Ellison Syndrome, Penyakit Langka yang Harus DiwaspadaiFreepik.com/freepik

Melansir Cleveland Clinic, zollinger-ellison syndrome adalah suatu kondisi dimana terdapat satu atau lebih tumor pada pankreas atau bagian atas usus kecil (duodenum). Tumor tersebut disebut dengan gastrinomas. Dimana, gastrimonas akan membentuk dan mengeluarkan terlalu banyak hormon gastrin. Kadar gastrin yang tinggi ini akan memproduksi terlalu banyak asam dan menyebabkan terjadinya tukak lambung, diare dan gejala lain dari zollinger-ellison syndrome.

Melansir Mayo Clinic, zollinger-ellison syndrome dapat terjadi pada semua orang dan kapan saja. Namun biasanya, orang yang terkena penyakit ini berusia antara 20 hingga 60 tahun.

2. Mengapa zollinger-ellison syndrome bisa terjadi?

Zollinger-Ellison Syndrome, Penyakit Langka yang Harus DiwaspadaiFreepik.com/8photo

Melansir Mayo Clinic, hingga kini belum diketaui secara pasti apa penyebab dari zollinger-ellison syndrome. Namun biasanya, sindrom ini diawali dengan terbentukya satu atau lebih gastrinoma di pankreas, dudoneum atau di tempat lain seperti kelenjar getah bening yang berdekatan dengan pankreas.

Selain menyebabkan produksi asam berlebih, tumor yang terbentuk seringkali bersifat kanker ganas. Meskipun tumor cenderung tumbuh dengan lambat, kanker dapat, menyebar ke tempat lain, seperti kelenjar gentah bening terdekat atau hati.

Meskipun belum diketahui secara pasti apa penyebab dari zollinger-ellison syndrome, namun sindrom ini dapat disebabkan oleh kondisi bawaan yang disebut neoplasia endokrin multipel tipe 1 (MEN 1). Orang dengan MEN 1 biasanya juga memiliki tumor di kelenjar paratiroid dan bisa saja memiliki tumor di kelenjar pituitari. Sekitar 25 persen orang yang menderita gastrinoma adalah orang-orang yang memiliki kondisi MEN 1.

3. Apa saja gejala zollinger-ellison syndrome?

Zollinger-Ellison Syndrome, Penyakit Langka yang Harus DiwaspadaiFreepik.com/jcomp

Baca Juga: Kenali Gejala Inflammatory Bowel Disease (IBD) Sebelum Terlambat

Melansir Mayo Clinic, berikut adalah gejala yang sering terjadi pada pasien zollinger-ellison syndrom:

  • Mengalami sakit perut
  • Diare
  • Merasakan rasa terbakar, sakit atau merasa tidak nyaman pada perut bagian atas
  • Refluks asam dan mulas
  • Bersendawa
  • Mual dan muntah
  • Pendarahan di saluran pencernaan
  • Mengalami penurunan berat badan secara berlebihan
  • Nafsu makan menurun

4. Apa saja komplikasi yang bisa disebabkan oleh zollinger-ellison syndrome?

Zollinger-Ellison Syndrome, Penyakit Langka yang Harus DiwaspadaiFreepik.com/rawpixel.com

Melansir Cleveland Clinic, biasanya komplikasi dari zollinger-ellison syndrome akan berhubungan dengan produksi asam lambung yang berlebihan dan tingkat keparahan tukak lambung. Berikut adala beberapa komplikasi yang bisa terjadi :

  • Menembus arteri dan menyebabkan pendarahan
  • Menyebabkan pembengkakan, mengakibatkan penyumbatan pada jalur makanan yang akan keluar dari perut
  • Menyebabkan perforasi usus atau lubang di dinding lambung dan duodeum

Bahakan jika tidak segera ditangani dengan baik, komplikasi dari zollinger-ellison syndrome bisa mengancam jiwa. Oleh karena itu, kamu wajib segera mencari pertolongan medis, jika melihat gejala berikut ini :

  • Mengeluarkan kotoran bewarna hitam atau berdarah
  • Nyeri pada dada
  • Mengalami anemia
  • Sakit perut yang sangat parah secara mendadak dan terus-menerus
  • Muntahan yang terlihat seperti bubuk kopi ataupun terdapat darah di muntahan tersebut

5. Bagaimana cara menangani zollinger-ellison syndrome?

Zollinger-Ellison Syndrome, Penyakit Langka yang Harus DiwaspadaiFreepik.com/jcomp

Melansir Cleveland Clinic, dalam mengobati zollinger-ellison syndrome sangat penting untuk menormalkan produksi asam lambung dan menyembuhkan tukak lambung. Proses pengobatan yang dijalani tergantung pada ukuran tumor, lokasi dan stadium tumor tersebut.

Karena hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti dari penyakit ini, kamu harus selalu berhati-hati. Segera periksakan dirimu ke dokter bila mengalami beberapa gejala di atas. Jangan menganggap remeh setiap gejala yang diberikan oleh tubuhmu. Karena bisa aja itu merupakan sinyal dari tubuh bahwa kamu harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Baca Juga: Kenali Gejala Inflammatory Bowel Disease (IBD) Sebelum Terlambat

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya